8 Langkah Mudah Mengobati Jerawat Whitehead di Wajah, Bikin Wajah Bersih

Armoura
Armoura
Gambar: Shutterstock

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditkamu i dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa muda. Gejala mulai dari komedo kepala hitam hingga jerawat nanah atau benjolan besar, kemerahan, dan lembut. Jerawat juga dikategorikan ke dalam beberapa jenis.

Salah satu jenis jerawat yang kerap dialami oleh sebagian orang ialah Jerawat Whitehead. Whitehead atau komedo tertutup juga merupakan jenis jerawat yang disebabkan penyumbatan pori-pori oleh minyak dan sel kulit mati.

Tidak seperti komedo hitam yang hanya tersumbat sebagian, penyumbatan whitehead menutupi seluruh permukaan teratas pori. Ini menyebabkan jerawatnya akan seperti benjolan putih kecil. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 langkah mudah mencegah jerawat Whitehead di wajah, Senin (18/5/2020).

1. Chemical Exfoliators

Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung chemical exfoliators. Seperti salicylic acid atau glycolic acid. Keduanya, menurut Loretta termasuk dalam keratinocyte disadhesion yang merupakan bahasa yang digunakan para dermatologists untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang saling menempel. Selain itu, kedua bahan ini sangat cepat dan efektif masuk ke dalam pori-pori. Sehingga, whitehead akan lebih mudah lepas dan pori-porimu pun kembali bersih.

2. AHA ( alpha hydroxy acid)

Larutan asam ini dapat membantu pengelupasan kulit dengan melepaskan sel-sel kulit mati. Efeknya, sel-sel kulit mati akan terbuang dan kemungkinan tidak akan mempersempit bukaan pori-pori sehingga tidak akan menyebabkan penyumbatan. Produk dengan kadar AHA di bawah 10% umumnya cukup ampuh untuk mengobati masalah kulit ini. Kamu  bisa menggunakannya dua atau tiga kali per minggu. Perawatan ini tidak selalu memberikan hasil optimal pada orang yang memiliki kerusakan akibat sinar matahari, jerawat kronis, atau wajah berminyak.

3. Retinoid

Retinoid terbentuk dari vitamin A yang mengandung vitamin A yang dapat mengurangi peradangan. Ini dapat mempercepat penyembuhan kulit dari peradangan akibat penyumbatan. Krim ini tidak hanya dioleskan pada area kulit yang berkomedo saja. Kamu  juga perlu mengoleskan krim ini secara menyeluruh di wajah. Penggunaan krim ini membuat kulit Kamu  lebih sensitif terhadap sinar matahari.

4. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida memiliki sifat antibakteri yang kuat sehingga dapat mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri. Selain itu, zat ini juga dapat ini dapat mengurangi minyak yang berlebihan di kulit. Bahan ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti sabun pembersih wajah, toner, atu krim. Sayangnya, produk ini dapat mengeringkan kulit sehingga Kamu  perlu menggunakannya dengan bijak. Untuk penggunaan awal, sebaiknya Kamu menggunakan produk yang kandungannya rendah, sekitar dua persen.

5. Asam salisilat

Asam salisilat menjadi bahan untuk mengobati komedo putih. Cara kerja dari obat ini yaitu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit dan mendorong zat yang menyumbat ke pori-pori untuk dikeluarkan ke permukaan. Sama seperti benzoil peroksida, bahan ini juga dapat mengeringkan kulit sehingga dapat menyebabkan kulit kering bila digunakan secara berlebihan.

6. Melakukan facial steam

Perawatan ini menggunakan bantuan uap untuk mendorong pori-pori yang tertutup agar terbuka lebih lebar sehingga kotoran dapat dikeluarkan. Kamu bisa mencoba perawatan ini dengan menghadapkan wajah di depan baskom yang berisi air panas.

7. Menjaga kebersihan wajah

Komedo atau jerawat dapat Kamu  cegah pembentukannya dengan rajin membersihkan wajah. Apalagi jika wajah Kamu  mudah berminyak. Pilih pembersih wajah ringan dan kosmetik yang dilabeli ‘non-comedogenic’ atau ‘free oil’ untuk mencegah penyumbatan. Gunakan pembersih wajah dan tubuh sesuai kebutuhan, jangan berlebihan karena bisa membuat kulit kering dan memperburuk kondisi kulit.

8. Bersihkan kulit dengan hati-hati

Tidak hanya mencuci muka, seluruh tubuh Kamu harus dibersihkan dengan benar karena komedo tertutup juga dapat menyerang area tubuh lain. Pastikan Kamu mandi secara rutin dan tidak menggosok kulit terlalu keras. Gosokan yang terlalu keras akan menimbulkan tekanan dan memungkin terjadinya penyumbatan di kulit. Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top