8 Makanan Diet Rendah Lemak yang Cocok Dikosumsi Saat Puasa, Bikin Langsing

Armoura
Gambar: bravaradio.com

Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh mereka yang berpuasa. Salah satunya ialah sebagai program untuk menyehatkan badan atau diet.

Puasa juga bisa dijadikan sebagian orang untuk diet. Namun, mereka yang juga menjalankan program diet selama puasa terkadang lupa untuk mengkosumsi makanan yang baik. Salah satu makanan yang baik dikosumsi ialah makanan rendah lemak.

Salah satu kunci keberhasilan diet ialah memilih bahan makanan dengan tepat, yakni yang mampu membantu membakar lemak. Makanan yang kita konsumsi setiap harinya mengandung berbagai zat di dalamnya. Setiap zat ini memiliki khasiat yang berbeda meski hanya satu jenis makanan saja yang masuk ke dalam tubuh. Produk diet terbaik disini. 

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6  makanan diet rendah lemak yang cocok dikosumsi saat puasa dan bikin Langsing, Senin (27/4/2020).

1. Asparagus

Gambar: simplyrecipes.com

Di Indonesia, asparagus dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat sup, terutama sup jagung yang menggunakan campuran telur dan daging kepiting. Namun, di beberapa negara barat asparagus dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dikukus sebagai bahan campuran salad. Asparagus mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti Vitamin A, C, E, K, dan B6, serta folat, besi, dan tembaga yang baik untuk program diet rendah lemak. Produk diet terbaik disini. 

2. Brokoli

Superfood yang satu ini merupakan sayuran berwarna hijau tua yang kaya nutrisi. Brokoli mengandung serat, vitamin, dan mineral. Bahkan, sayur ini juga mengandung antioksidan yang cukup kuat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif sehingga jadi makanan diet rendah lemak yang wajib dikosumsi. Produk diet terbaik disini. 

3. Kobis

Gambar:deltakepri.co.id

Makanan diet rendah lemak yang ketiga ialah kobis. Renyah, manis, dan sangat terjangkau. Itulah yang membuat kubis menjadi sayuran favorit bagi semua orang. Bahkan, sayuran yang bisa ditemukan dalam warna hijau muda dan ungu ini juga dibuat menjadi campuran bahan untuk membuat salad.

Kandungan vitamin, mineral, serat, dan beberapa fitonutrien di dalam kubis cukup tinggi. Fitonutrien bermanfaat karena dapat bertindak sebagai senyawa antioksidan. Salah satunya, kubis ungu mengandung anthocyanin yang bermanfaat melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Produk diet terbaik disini. 

4. Selada

Alternatif sayuran lain untuk diet rendah lemak ialah selada. Di mana dalam satu cangkir selada hanya megandung 5 kalori saja. Jenis selada Romaine merupakan sumber asupan Vitamin B, asam folat, dan mangan yang bermanfaat. Apa pun jenis selada yang kamu pilih, sayuran ini dapat melengkapi menu makanan diet kamu selama puasa. Produk diet terbaik disini. 

5. Kembang Kol

Gambar: Istimewa

Sama seperti kubis, kembang kol juga mengandung fitonutrien untuk memerangi pertumbuhan sel kanker. Bahkan, kembang kol merupakan sumber asupan Vitamin C dan folat yang baik untuk diet rendah lemak. Jika kamu tidak terbiasa mengonsumsi kembang kol dalam keadaan mentah, maka kamu dapat memasak sayuran ini terlebih dahulu dengan cara merebus atau mengukusnya.

6. Jamur

Ingin mencari makanan lezat yang rendah kalori dan kaya nutrisi? kamu bisa mengonsumsi berbagai varian jamur, seperti jamur kancing, kuping, shiitake, dan maitake sebagai makanan diet rendah lemak. Hampir semua jenis jamur mengandung antioksidan, protein, kalium, vitamin B, dan serat.

7. Jeruk Bali

Gambar: mommyasia.id

Jeruk Bali merupakan buah yang sangat cocok untuk mengisi perut disaat kamu sedang merasa lapar. Pasalnya, buah ini hanya mengandung 39 kalori saja dalam setengah potongnya. Ada kandungan Vitamin C, asam folat, dan potasium di dalam buah ini yang cocok untuk program diet rendah lemak. Selain itu, ada pula pektin yang merupakan serat larut yang baik unuk kesehatan pencernaan.

8. Apel dan Jagung

Buah apel, apel mengandung kalori yang sedikit dan tidak mengandung lemak sama sekali bahkan kaya serat dan antioksidan untuk penurunan berat badan dengan cepat. Selain baah apel kamu juga bisa mengkosumsi jagung.  Jagung, termasuk biji-bijian yang mengandung protein nabati tinggi dan baik untuk diet rendah lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top