8 Manfaat Stevia Pemanis Rendah Kalori , Sudah Ada Sejak Abad 16

Armoura
Gambar: Istimewa

Tanaman stevia dikategorikan sebagai pemanis baru atau bahan pengganti gula, yaitu yang termasuk kategori pemanis alami, alkohol gula, dan pemanis buatan. Stevia diekstraksi dari daun tanaman yang masuk ke dalam famili Ateraceae, sering dikaitkan dengan tumbuhan daisy atau ragweed.

Stevia adalah tumbuhan yang rasanya sangat manis dan telah digunakan sebagai pemanis minuman sejak abad ke-16. Daun stevia memiliki tingkat kemanisan 200-300 kali lebih kuat dibandingkan gula pasir. Di Paraguay dan Brasil, sudah ratusan tahun, orang-orang menggunakan daun dari tanaman Stevia rebaudiana (Bertoni) untuk memaniskan makanan.

Stevia dikenal sebagai pemanis alami pengganti gula yang dikenal baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Sebagai pemanis alami, stevia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya baik untuk penderita tekanan darah tinggi, masih banyak manfaat lainnya bila kamu mengonsumsi pemanis alami ini. Produk diet terbaik, disini.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 8 manfaat stevia pemanis rendah kalori, sudah ada sejak abad 16, Senin (4/5/2020).

1. Mengendalikan diabetes

Gambar: shutterstock

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa stevia dapat mengendalikan diabates, dengan tidak berefek pada peningkatan gula darah atau respons tubuh terhadap insulin. Apabila kamu memiliki diabetes, stevia berpotensi dalam mengatur kadar gula darah.

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Appetite, stevia secara signifikan menurunkan kadar insulin dan gula darah. Stevia juga memberikan rasa kenyang pada partisipan setelah makan, walau asupannya sedikit. Meski demikian, penelitian di atas tetap memiliki batasan, yakni pengujian dilakukan di laboratorium, bukan pengamatan alami. Produk diet terbaik, disini. 

2. Turunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang melakukan diet, mengonsumsi makanan dan minuman kaya nustrisi sangatlah penting. Stevia merupakan pemanis pengganti gula yang tidak memiliki kalori. Jadi, sangat cocok bagi kamu yang sedang program menurunkan berat badan. Kamu bisa mencampurkan stevia ke dalam minuman, seperti teh dan kopi. Produk diet terbaik, disini. 

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Gambar: Deherba.com

Glikosida pada ektrak stevia ditemukan bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan pengeluaran natrium, kedua hal tersebut dapat membantu dalam menjaga tekanan darah pada level yang sehat. Produk diet terbaik, disini. 

4. Cegas Osteoporosis

Stevia dapat membantu kamu mencegah osteoporosis. Kandungan di dalamnya yang dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga dapat mencegah osteoporosis. Menambah stevia dalam kopi atau teh dua atau tiga kali sehari dapat memperkuat kepadatan tulang dan struktur tulang. Produk diet terbaik, disini. 

5. Anti kanker

Gambar: Hellosehat

Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk memberikan informasi mencegah maupun menyembuhkan kanker. Asupan buah dan sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan secara teratur dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki senyawa antioksidan seperti kaempferol, quercetin, asam caffeic, isoquercitrin, isisteviol, dan asam klorogenat. Salah satunya, kaempferol, dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen.

6. Kecantikan Kulit

Bila kamu ingin memiliki kulit yang cantik, cobalah mengonsumsi stevia secara teratur. Sifat antioksidan yang terkandung membantu menghilangkan keriput, noda kulit, dermatitis, eksim, jerawat, dan ruam. Antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini dengan menghaluskan kerutan. Gunakan daun stevia dan minyak kelapa sebagai masker alami untuk kulit elastis dan cerah.

7. Jaga Kesehatan Rambut

Gambar: Istimewa

Menambahkan ekstrak stevia ke dalam sampo yang kamu gunakan dapat membantu menghilangkan ketombe, kulit kepala kering, rambut kusam, kering, dan tipis. Penggunaan stevia setiap hari pada rambut dapat membantu memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membuatnya berkilau.

8. Tidak mengubah kadar gizi

Penambahan stevia ke dalam makanan dan minuman tidak mengubah kadar gizi yang terdapat di dalam makanan dan minuman tersebut. Dengan demikian,  kandungan vitamin dan mineral pada makanan atau minuman yang dicampurkan stevia akan tetap aman terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top