8 Penyebab Jerawat Semakin Banyak, Hindari Kebiasaan Ini Selama Puasa

armoura herb
Gambar: Pixabay

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Kebanyakan orang, jerawat muncul di wajah. Kondisi ini sangat mengganggu penampilan. Tak heran, banyak orang yang ingin menghilangkan jerawat dengan segera agar kondisi kulit wajah kembali normal. Berbagai langkah menghilangkan jerawat pun dilakukan, dengan cara menghilangkan jerawat secara alami atau dengan bahan kimia.

Untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan aman, sebenarnya Anda perlu mengetahui penyebab jerawat sebelum kondisinya tidak semakin banyak atau parah. Ada beberapa penyebab jerawat semakin banyak, seperti proses menghilangkan jerawat atau kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar dapat membuatnya semakin banyak. Produk penghilang jerawat, disini.

Tak ingin kondisi jerawat semakin banyak, maka Anda perlu mengetahui penyebab jerawat semakin banyak. Berikut kebiasaan buruk penyebab jerawat semakin banyak yang perlu Anda hindari selama puasa.

1. Tidak Mencuci Wajah hingga Bersih

Gambar: Pixabay

Penyebab jerawat semakin banyak pertama adalah tidak mencuci wajah hingga bersih. Setelah Anda melakukan aktivitas seharian, baik di dalam atau di luar rumah, Anda perlu membersihkan wajah dari kotoran setelahnya. Produk penghilang jerawat, disini. 

Pastikan Anda selalu membersihkan wajah secara maksimal. Anda bisa menghilangkan riasan wajah terlebih dahulu untuk menghilangkan make up, kemudian mencuci wajah dengan sabun yang biasa Anda gunakan. Hal ini berguna agar kotoran-kotoran terangkat secara maksimal.

2. Memegang Area Wajah yang Berjerawat

Gambar:Pixabay

Jerawat di wajah memang tidak nyaman atau mengganggu bagi penderitanya. Tak heran, Anda yang sedang berjerawat kerap memegang jerawat yang ada di wajah. Kebiasaan buruk ini perlu dihindari. Produk penghilang jerawat, disini. 

Pasalnya, tanpa disadari sepanjang hari tangan bersentuhan dengan ribuan bakteri dan tidak semua orang bisa mencuci tangan selalu. Ketika tangan kotor, dan menyentuh area wajah yang berjerawat maka akan mentransfer bakteri, minyak, dan partikel kotoran ke wajah sehingga jerawat akan muncul lebih banyak.

3. Mencuci Wajah Terlalu Sering dan Kasar

Gambar:Pixabay

Penyebab jerawat semakin banyak selanjutnya adalah mencuci wajah terlalu sering dan terlalu kasar. Mencuci wajah dengan sabun terlalu sering justru dapat memperburuk jerawat yang sudah ada. Produk penghilang jerawat, disini. 

Sebaiknya Anda mencuci wajah tidak lebih dari tiga kali dalam sehari. Selain itu, perhatikan waktu yang baik untuk mencuci wajah yaitu pagi hari saat bangun tisur dan malam hari sebelum tidur.

Penyebab jerawat semakin banyak lainnya adalah terlalu kasar saat mencuci wajah. Sebagian orang beranggapan bahwa mencuci wajah dengan sabun secara keras atau kasar dapat memaksimalkan pembersihan kotoran. Padahal, menggosok kulit wajah dengan keras bisa menyebabkan iritasi yang signifikan dan dapat memperburuk wajah yang berjerawat.

4. Jarang Keramas

Gambar: Pixabay

Jarang keramas merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat membuat jerawat makin banyak. Jangan sampai melewatkan keramas, terutama bagi Anda yang memiliki rambut berminyak. Produk penghilang jerawat, disini. 

Sebab minyak pada kulit rambut dapat meresap ke wajah, sehingga membuat jerawat semakin banyak. Usahakan Anda mencuci rambut setiap hari untuk mencegah kelebihan minyak pada wajah, terumata pada bagian dahi.

5. Tidak Membersihkan Wajah yang Berkeringat

Gambar: livehealthy.chron.com

Ada beragam aktivitas yang membuat Anda memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Bukan hanya tubuh, wajah sering kali juga berkeringat. Ketika wajah berkeringat, pastikan Anda tidak membiarkan keringat begitu saja. Terlebih bagi Anda yang sedang berjerawat. Keringat yang mengering di wajah akan membuat jerawat semakin banyak.

6. Tidak Mengeringkan Wajah dengan Handuk Berbeda

Gambar: shutterstock

Setelah mandi dan mencuci wajah, sebagian orang biasanya tidak mengeringkan wajah dengan handuk yang berbeda. Kondisi ini ternyata dapat menjadi salah satu penyebab jerawat semakin banyak. Untuk itu, Anda perlu membedakan handuk badan dengan handuk wajah. Hal ini berguna agar wajah Anda tetap bersih dan tidak membuat jerawat semakin banyak.

7. Menggunakan Make Up yang Tidak Sesuai

Sumber : facetofeet.com

Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda, mulai kering, berminyak, lembap, sensitif, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis make up yang sesuai dengan jenis kulit akan memperkecil risiko jerawat semakin parah. Kebalikannya, penggunaan produk make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah justru akan memperparah kondisi jerawat. Untuk itu, penting mengenali jenis kulit agar tak salah memilih produk make up.

8. Memencet Jerawat

Gambar:Pixabay

Apabila wajah muncul jerawat, hindari kebiasaan memencet untuk menghilangkannya. Kebiasaan ini merupakan penyebab jerawat semakin banyak yang jarang disadari. Jauhkan kebiasaan buruk ini. Pastikan jauhkan tangan kotor Anda dari wajah berjerawat. Itu tadi beberapa kebiasaan salah yang merupakan penyebab jerawat semakin banyak. Anda perlu menghindarinya selama melakukan aktivitas saat puasa maupun di hari-hari biasanya. Terlihat sepele, namun dapat berdampak buruk bagi kondisi jerawat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top