8 Tips Pencegah Jerawat Muncul Selama Puasa, Mudah Banget Diterapkan

Armoura
Gambar: Istimewa

Puasa harusnya jadi momentum buat memberantas jerawat. Hal itu karena puasa adalah cara terbaik untuk detoksifikasi tubuh. Kalau kamu masih juga jerawatan atau justru makin banyak, berarti ada yang salah sama puasamu.

Hal ini bisa jadi menyebabkan berbagai masalah dengan kesehatan tubuh, terutama kulit. Kulit bisa menjadi kering, berkerut, bahkan muncul jerawat saat puasa. Sejumlah pakar bicara mengenai pentingnya memerhatikan kulit di tengah masalah kulit kering dan jerawat yang biasa terjadi di Bulan Ramadhan.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 8 tips pencegah jerawat muncul selama puasa, mudah banget diterapkan, Jumat (24/4/2020).

Menjaga Kebersihan Wajah

Gambar:royalty.id

Cara pencegah jerawat secara alami yang pertama ini dapat membuahkan hasil yang positif jika Anda rajin melakukannya. Menjaga kebersihan wajah seperti rajin cuci muka setiap kali merasa kotor bisa mengurangi peluang timbulnya jerawat. Namun, kata rajin tidak berarti sama dengan sering. Ketika beraktivitas seharian, wajah Anda akan bertemu dengan bakteri-bakteri jahat yang akan menempel di wajah. Maka dari itu, rajinlah mencuci muka agar terhindar dari jerawat.

Kurangi Konsumsi Kacang-kacangan

Makanan menjadi salah satu penyumbang timbulnya jerawat yang menganggu penampilan Anda. Berbagai jenis makanan akan meningkatkan kadar gula darah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Kacang-kacangan seperti kacang kulit ataupun kacang mete terkadang sangat ampuh mengundang jerawat mampir ke wajah anda. Untuk itu, kurangi konsumsi kacang-kacangan sebagai salah satu langkah pencegah jerawat dan jika ingin memiliki kulit wajah yang mulus.

Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

Gambar: Mister Aladin

Menjaga pola makan tak hanya bermanfaat bagi organ tubuh bagian dalam, tetapi juga luar. Selain pola makan, kandungan makanan yang dikonsumsi juga patut untuk menjadi perhatian. Makanan pedas seperti sambal dan semacamnya dapat memicu pertumbuhan jerawat di wajah anda. Maka, kurangi konsumsi makanan pedas sebagai cara pencegah jerawat.

Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Makanan asin juga bisa menyebabkan tubuh menahan air dan pembuluh darah membengkak, terutama di bawah mata dan di atas pipi. Untuk mencegah hal itu terjadi, tidurlah dalam posisi kepala lebih tinggi dengan tambahan bantal dengan konsumsi makanan asin sewajarnya. Pencegah jerawat dengan mengurangi makanan asin bisa kamu terapkan selama bulan puasa agar wajah semakin bersih bersinar.

Resep Beras Putih

Gambar: Istimewa

Beras memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Beras dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Beras juga bisa mengecilkan pori yang menjadi jalan timbulnya jerawat. Cara pencegah jerawat secara alami dapat dengan memanfaatkan resep beras putih.

Caranya, rendam segenggam beras di dalam mangkuk. Pisahkan air cucian yang pertama. Air cucian inilah yang akan digunakan untuk mencuci wajah. Jangan mengeringkan dengan handuk atau tisu, biarkan kering dengan sendirinya hingga air beras terserap kulit. Lakukan perawatan ini seminggu 3 kali.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara pencegah jerawat selanjutnya ialah dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Meminum air putih yang cukup dipercaya mampu merawat kecantikan kulit wajah dan menghindarkannya dari jerawat. Minum setidaknya 8 gelas air putih per hari agar kulit selalu lembab dan sehat. Pencegah jerawat. 

Jangan terlalu sering makan Mie Instan

Gambar: unsplash.com

Mie instan kadang jadi andalan santap sahur, terutama kalau kamu kesiangan atau gak punya waktu. Namun, ternyata, kebanyakan makan mi instan juga gak bagus buat mukamu lho. Bisa-bisa jadi jerawatan. Mie instan mengandung lemak jenuh tinggi dan bahan pengawet. Daripada kebanyakan mie instan, lebih baik menyiapkan makanan yang lebih sehat. Kalau kamu gak punya banyak waktu, bisa saja kamu hangatkan sisa makanan berbuka. Obat jerawat alami. 

Kurangi makan gorengan

Gorengan sering jadi andalan saat berbuka. Kamu bisa temukan gorengan di mana pun saat momen berbuka. Biar gak jerawatan, hindari terlalu banyak konsumsi gorengan. Itu karena gorengan mengandung banyak lemak yang nantinya bisa menyebabkan kulit berminyak dan menyumbat pori. Buat berbuka, kamu bisa ganti dengan makan makanan manis, seperti kurma atau buah segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top