9 Cara Menjaga Kesehatan Kuku Tanpa Perlu Manicure di Bulan Puasa

Armoura
Gambar: Istimewa

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain bulan Ramadan, puasa dapat dilakukan di bulan-bulan lainnya sesuai dengan aturan Alquran dan hadits. Namun, selain fokus beribadah alangkah baiknnya itu diiringi dengan menjaga kesehatan.

Salah satunya ialah menjaga kesehatan kuku. Biasanya kuku sering mengalami banyak masalah selama bulan Ramadan dengan beberapa alasan seperti kekurangan cairan atau dehidrasi yang kita rasakan selama berpuasa. Menjaga kesehatan kuku sering kali terlupakan oleh sebagian orang.

Tidak hanya terlihat kotor, dengan kamu membiarkan kuku tumbuh panjang, akan lebih cepat untuk dimasukki oleh kuman dan bakteri lainnya yang merugikan kesehatan. Apalagi jika kamu termasuk salah satu orang yang suka makan langsung menggunakan tangan, bukan hanya mengganggu, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan jika ada kuman yang ikut masuk ke dalam mulut saat dengan makan.

Untuk itu, selama puasa akan lebih baik untuk kita menjaga kebersihan kuku agar kamu juga lebih nyaman dan pastinya juga tetap sehat. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, 7 cara menjaga kesehatan kuku tanpa perlu manicure di bulan puasa, Selasa (21/4/2020).

1. Jaga kelembaban kuku

Untuk menjaga kesehatan kuku dan kelembabannya, oleskan jelly petroleum di kuku dan kulit sekitarnya setiap malam sebelum tidur atau kapanpun kuku terasa kering. Tidak suka petroleum jelly, kamu bisa menggantinya dengan minyak jarak. Minyak ini mengandung vitamin E yang baik untuk kuku yang indah. Anda juga bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

2. Lindungi kuku dari air dan air mata

Cara menjaga kesehatan kuku yang kedua ialah lindungi kuku dari air dan air mata. Kamu bisa menggunakan sarung tangan karet setiap mencuci piring. Kebanyakan pekerjaan rumah tangga seperti berkebun, menyikat kamar mandi, atau mencuci piring adalah kegiatan yang merusak kesehata kuku. Agar lebih lembut, pakaikan hand cream sebelum memasangkan sarung tangan karet.

3. Rawat kuku dengan baik

Saat memotong kuku juga menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kuku. Mariana Diaconescu, seorang manicurist di Pierre Michel Salon di New York City menyarankan jika ingin memotong kuku miringkan gunting kuku 45 derajat untuk mencegah kerusakan atau melemahkan kuku.

4. Cegah kuku tumbuh ke dalam kulit

Selanjutnya ialah cegah kuku tumbuh ke dalam kulit. Cara menjaga kesehatan kuku ini dengan memotong kuku jempol kaki dengan lurus melewati kulit agar saat kuku memanjang tidak menusuk kulit. Hal ini sangat penting terutama bagi penderita diabetes.Jika kamu sering memakai sepatu, miliki 2 pasang sepatu, sehingga ketika yang satu basah (terutama saat musim hujan), kamu bisa memakai yang kering. Pastikan juga udara masih bisa masuk ke dalam sepatu kamu.

5. Pakai kaus kaki yang 100% cotton

Tidak banyak yang tau bahwa memakai koas kaki juga termasuk cara menjaga kesehatan kuku. Dengan memakai kaus kaki tersebut kamu mampu menyerap kelembaban sekaligus mencegah infeksi jamur di kuku kaki.

6. Konsumsi vitamin B biotin

Peneliti Swiss menemukan bahwa orang yang menggunakan 2,5 miligram biotin sehari selama 5,5 bulan memiliki kuku yang lebih kencang dan keras. Dalam sebuah studi Amerika, 63 persen orang yang menggunakan biotin untuk kuku rapuh mengalami peningkatan. Oleh karena itu mengkosumsi vitamin B biotin sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku.

7. Minum susu

Langkah ini mungkin agak terlalu rumit,namun jika ingin mendapatkan hasil yang baik tidak asa salahnya untuk mencoba, Cara menjaga kesehatan kuku dengan minum susu ini maksudnya ialah dengan menambahkan segelas susu dan sebuah telur rebus ke dalam menu harian kamu akan baik untuk kuku. Mereka kaya zinc, terutama baik bagi yang memiliki titik berwarna putih di kuku itu artinya Anda kekurangan asupan zinc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top