Acne Prone Adalah Masalah Kulit yang Disebabkan oleh Bakteri, Kenali Perawatannya

Armoura
Gambar: Mademoiselle Beauty

Bagi Anda penikmat produk skincare, pasti sudah enggak asing dengan label acne prone di produk kecantikan. Ya, istilah satu ini masih banyak disalah artikan. Beberapa dari Anda mungkin beranggapan bahwa acne prone adalah jenis kulit berjerawat yang disebebkan oleh produksi minyak.

Namun, siapa sangka kalau ternyata acne prone bukan jenis kulit, melainkan masalah kulit. Sebenarnya, acne prone adalah masalah kulit yang umumnya disebebkan oleh hormon dan bisa juga bakteri. Produk perawatan kulit terbaik disini. 

Jika dikatakan bahwa tipe kulit berminyak cenderung lebih mudah terkena jerawatm hal tersebut memang benar. Namun, enggak jarang juga jerawat kerap muncul pada wajah dengan tipe kulit yang kering.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah kulit ini, perlu memperhatikan produk perawatan yang perlu dimiliki. Berikut lebih jauh membahas tetang acne prone dan produk perawatan yang wajib dimiliki yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Apa Itu Acne Prone?

Gambar: hellosehat

Acne prone adalah masalah kulit yang umumnya disebabkan oleh bakteri (tidak hanya hormon) dan sering dialami oleh tipe kulit sensitif. Jadi, yang termasuk tipe kulit di sini adalah sensitif dan acne prone adalah masalah kulit yang dialami oleh kulit sensitif. Produk perawatan kulit terbaik disini. 

Kategori kulit sensitif ada dua. Pertama, kulit berminyak-sensitif. Kedua, kulit kering-sensitif. Itu sebabnya, acne prone tidak hanya bisa dialami oleh kulit berminyak. Kulit kering pun rentan dengan masalah jerawat yang mengganggu penampilan ini.

Cara Mengatasi Acne Prone

Ada beberapa jenis skincare yang menyediakan krim 2 in 1. Jika Anda memperhatikan dengan detail di setiap jenis skincare, pasti Anda akan menemukan skincare untuk masalah kulit acne prone dan oily skin dalam satu kemasannya.

Untuk tipe kulit berminyak, mungkin skincare 2 in 1 ini bisa bekerja dengan baik. Bagaimana dengan kulit kering? Produk perawatan kulit terbaik disini. 

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, peru menghindari skincare yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylid acid. Hal ini dikarenakan kedua kandungan tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, Anda dengan tipe kulit ini disarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung galactoarabinan.

Bahan pada skincare ini memiliki fungsi untuk memberi kelembapan pada kulit dan non-comedogenic. Anda bisa menemukan kandungan skincare ini di dalam produk kecantikan seperti toner, essence, serum, dan pelembap wajah pagi dan malam hari.

Perawatan Rutin yang Perlu Dilakukan

Gambar: nl.dreamstime.com

Selain menggunakan skincare, umumnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri lebih mudah hilang daripada jerawat yang disebabkan oleh pengaruh hormon. Jerawat yang dipicu oleh bakteri dapat segera hilang jika Anda teliti menjaga kebersihan wajah.

Mulai dari membersihkan wajah, menggunakan skincare, kebersihan tangan, dan yang sering terabaikan adalah kebersihan tempat tidur seperti sarung bantal, seprei, dan selimut. Produk perawatan kulit terbaik disini. 

Lainnya, jika sudah mengetahui tipe kulit Anda sensitif, dan rentan dengan munculnya jerawat di wajah, maka jagalah kebersihan kulit dengan disiplin membersihkan wajah. Aturan membersihkan wajah pun berlaku untuk masalah kulit berjerawat.

Anda perlu menghindari membersihkan wajah dengan menggosok kulit terlalu kuat. Pembersih wajah dengan kandungan scrub, sebaiknya dihindari karena butran scrub mudah menyebabkan iritasi pada kulit.

Ada baiknya Anda menggunakan pembersih wajah jenis foam atau gel. Hal ini dikarenakan tekstur lembut dari busa yang dihasilkan lebih aman untuk kulit wajah tipe sensitif.

Produk Skincare yang Perlu Dimiliki Pemilik Acne Prone

Gambar: nl.dreamstime.com

Acne Spot Treatment

Acne spot treatment merupakan produk perawatan untuk masalah jerawat yang hadir dalam berbagai rupa. Misalnya, obat totol salycilic acid, tea tree oil, benzoyl peroxide, tretinoin, dan lain sebagainya.

Karena mengandung konsentrasi bahan yang tinggi, penggunaan acne spot treatment hanya boleh diaplikasikan ke area wajah yang bermasalah. Penggunaan produk ini juga harus sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Jika tidak, dikhawatirkan kandungannya akan memicu iritasi pada kulit.

Masker Oat

Masker oat bisa menjadi penyelakat bagi Anda yang memiliki kulit acne prone. Berdasarkan penelitian, oat dikenal sebagai bahan alami yang ramah untuk semua jenis kulit.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan linoleic acid, anti-oksidan, serta saponin di dalamnya dapat membantu meredakan kulit yang rusak dan terkena iritasi. Sifat antibakteri alami pada oat juga diyakini efektif dapat membasmi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, oat juga memiliki kandungan zat khusus yang mampu menyerap kelebihan minyak. Butiran oat pun dinilai cukup lembut untuk mengeksfoliasi kulit acne-prone.

Hydrating Toner

Selain untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah, hydrating toner juga dapat digunakan untuk mengompres area wajah yang sedang berjerawat. Teknik mengatasi jerawat dengan cara seperti ini baik dilakukan karena relatif aman serta tidak menimbulkan risiko iritasi kulit.

Acne Patch

Bukan hanya sekedar menutupi dari debu dan kotoran, acne patch juga dapat mengurangi kemerahan serta mengempiskan tampilan jerawat. Produk yang satu ini juga dikenal bermanfaat untuk melindungi permukaan jerawat saat Anda harus menggunakan makeup tebal. Bagi Anda yang sering bepergian, membawa produk ini rasanya lebih praktis ketimbang harus membawa obat jerawat berbentuk cair.

Soothing Cream

Produk terakhir yang wajib dimiliki kulit acne-prone adalah soothing cream atau calming cream. Produk ini umumnya terbuat dari bahan-bahan alami yang bersifat menenangkan kulit iritasi maupun berjerawat.

Beberapa bahan alami yang biasa digunakan seperti lidah buaya, daun pegagan, candelula, dan masih banyak lagi. Selain memberikan efek sejuk, mengoleskan soothing cream juga dapat mengurangi iritasi pada bagian kulit yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top