Atasi Jerawat Saat Puasa dengan 6 Langkah Ini, Bikin Wajah Bersih Bersinar

armoura herb
Gambar: Istimewa

Tidak banyak yang tau bahwa puasa ternyata bisa menjadi solusi bagi masalah kulit seperti jerawat hingga eksim. Hal ini terjadi karena puasa memicu tubuh mendetoksifikasi atau membuang dan menetralkan racun dari tubuh.

Jerawat bisa muncul karena kita konsumsi makanan yang berminyak, seperti gorengan. Gunanya puasa bertindak sebagai detoksifikasi. Kadar oksidan–radikal bebas–hilang. Ada baiknya, kalau kita menjalani puasa, jerawat ikut berkurang.

Guna mencegah timbulnya jerawat, disarankan untuk menghindari mengonsumsi gorengan. Makanan berminyak seperti gorengan menghasilkan lemak jenuh pada tubuh sehingga tidak baik untuk kesehatan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, atasi jerawat saat puasa dengan 6 langkah ini yang bikin wajah bersih bersinar, Sabtu (25/4/2020).

1. Jangan makan gorengan

Gambar: Istimewa

Gorengan sering jadi andalan saat berbuka. Kamu bisa temukan gorengan di mana pun saat momen berbuka. Biar gak jerawatan, hindari terlalu banyak konsumsi gorengan. Itu karena gorengan mengandung banyak lemak yang nantinya bisa menyebabkan kulit berminyak dan menyumbat pori. Buat berbuka, kamu bisa ganti dengan makan makanan manis, seperti kurma atau buah segar. Produk yang ampuh hilangkan jerawat, disini. 

2. Minum air putih yang cukup

Tubuh yang kekurangan cairan mengakibatkan masalah pada kulit wajah, salah satunya jerawat. Oleh karena itu, untuk mengganti cairan yang hilang, pastikan kamu meminum air putih yang cukup baik saat buka maupun saat sahur. Pada dasarnya puasa memang bikin waktu makanmu berkurang.

Meski begitu, kebutuhan nutrisi tubuhmu gak berkurang . Apalagi kebutuhanmu akan cairan tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, air putih juga berguna untuk detoksifikasi, menghidrasi, dan melembapkan kulitmu biar gak mudah jerawatan. Jangan sampai kurang ya. Kurang lebih delapan gelas per hari.

3. Kurangi makan coklat

Gambar:Istimewa

Istilah “Berbukalah dengan yang manis” pasti sudah sering kamu dengar. Namun, ternyata itu jadi mimpi buruk kalau kamu terlalu banyak berbuka dengan cokelat. Cokelat ternyata dapat menstimulasi bakteri penyebab jerawat. Karena itu, hati-hati ya kalau makan makanan manis, terutama cokelat. Jangan banyak-banyak ya. Produk yang ampuh hilangkan jerawat, disini. 

4. Konsumsi sayur dan buah

Jika ingin jerawat hilang, maka kamu juga harus memerhatikan asupan makanamu. Jika pencernaan lancar, maka wajah akan tampak bersih. Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin. Selain dapat menghilangkan jerawat, sayur dan buah juga bisa membuat wajah terlihat lebih segar dan awet muda.

5. Hindari kosumsi mie instan secara berlebihan

Gambar: Istimewa

Mie instan kadang jadi andalan santap sahur, terutama kalau kamu kesiangan atau gak punya waktu. Namun, ternyata, kebanyakan makan mi instan juga gak bagus buat mukamu lho. Bisa-bisa jadi jerawatan. Mie instan mengandung lemak jenuh tinggi dan bahan pengawet. Daripada kebanyakan mie instan, lebih baik menyiapkan makanan yang lebih sehat. Kalau kamu gak punya banyak waktu, bisa saja kamu hangatkan sisa makanan berbuka. Produk yang ampuh hilangkan jerawat, disini. 

6. Rajin membersihkan wajah dan Tidur yang cukup

Pastikan juga kamu selalu membersihkan wajah di pagi hari dan malam hari sebelum kamu tidur. Debu, kotoran, dan sisa makeup yang menempel menjadi salah satu penyebab jerawat. Jadi, jika nggak mau jerawatan, jangan malas cuci muka yah.

Walaupun pola tidur di bulan puasa biasanya jadi terganggu, pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup. Kamu bisa mencoba tidur lebih awal agar saat bangun untuk sahur, waktu istirahatmu telah tercukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top