Cara Diet Keto yang Bisa Turunkan Berat Badan, Mudah Dilakukan Oleh Pemula

Armoura
Armoura
Gambar : Pixabay

Diet keto merupakan diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet keto kian populer karena disebut-sebut cepat menurunkan berat badan. Namun diet keto juga tergolong kontroversial, karena bila tidak dilakukan dengan tepat, mungkin saja membahayakan kesehatan.

Diet keto menjadi salah satu metode diet yang populer di Indonesia. Salah satu alasan yang membuat diet keto menarik untuk dicoba adalah karena metode diet menawarkan pola makan yang tidak menyiksa, melainkan kamu tetap boleh makan asalkan membatasi asupan karbohidrat.

Namun, agar bisa berhasil menurunkan badan melalui metode diet ini, kamu tentunya harus melakukan diet keto dengan cara yang benar. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, cara diet keto yang bisa turunkan berat badan, mudah dilakukan oleh pemula, Rabu (13/5/2020).

Cara melakukan diet kato:        

Armoura
Gambar : Pixabay

1. Jalani dengan Disiplin

Bila ingin mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu tentu saja perlu menjalani diet keto dengan disiplin. Segala bentuk karbohidrat dan gula harus dijauhi, termasuk karbohidrat dalam tepung, kentang, dan mie. Prinsip ini perlu kamu jalani selama diet keto untuk mencapai kondisi ketosis. Bila kamu “bandel” dan tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, maka kondisi ketosis tidak akan tercapai dan lemak dalam tubuh tidak akan dibakar untuk energi. Dengan kata lain, diet keto tidak akan berhasil.

2. Siap-Siap Mengalami Flu Keto

Pada 7–10 hari pertama masa diet keto, kamu mungkin akan merasa lemas, sakit kepala, dan tidak bersemangat. Kondisi ini disebut juga sebagai masa flu keto. Kondisi ini wajar terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hilangnya asupan karbohidrat dan mulai bertransisi untuk membakar lemak sebagai sumber energi. Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir. Begitu tubuh sudah terbiasa dengan pola makan ala diet keto ini, maka flu keto akan hilang dengan sendirinya.

3. Jaga Asupan Mineral dan Cairan Tubuh

Saat mengalami kondisi ketosis, ginjal akan mengeluarkan lebih banyak cairan dan elektrolit. Karena itu, selama menjalani diet keto, pastikan kamu mengonsumsi asupan sodium dan potasium yang cukup, serta perbanyak minum air putih.

4. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi, misalnya karena mengidap tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, atau memiliki masalah batu empedu, kandung empedu, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani diet keto.

5. Buat Daftar Makanan

Kamu juga bisa membuat daftar makanan apa saja yang boleh dan yang tidak boleh dikonsumsi untuk membantu kamu menjalani diet ini. Dalam fase induksi, usahakan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh hanya sebanyak 20 gram saja. Sedangkan untuk asupan lemak, sebaiknya didapati dari daging-dagingan murni, bukan olahan seperti sosis, nugget, dan bakso.

Makanan yang dikonsumsi saat diet keto:

Armoura
Gambar : Pixabay

Untuk sukses dalam melakukan diet keto, kamu boleh untuk mengonsumsi beberapa jenis bahan makanan berikut ini:

  • Daging. Daging sapi, kambing, ayam, dan berbagai jenis olahan daging seperti sosis boleh dikonsumsi selama diet keto
  • Telur
  • Ikan berlemak. Salmon, tuna, dan mackerel cocok untuk diet keto
  • Produk susu. Kamu masih diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan berbahan susu seperti mentega, keju, dan krim. Pastikan produk susu yang ‘dikonsumsi sama sekali tidak mengandung gula
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Nikmati varian kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kenari, dan chia seed
  • Minyak yang sehat.Olive oil dan Virgin Coconut Oil merupakan dua jenis minyak yang disarankan untuk dikonsumsi, terutama pada tahap awal diet keto karena kedua minyak ini mudah diubah menjadi energi dari bahan bakar keton pada liver
  • Alpukat. Baik alpukat segar maupun yang telah dihaluskan dan diolah menjadi sajian seperti guacamole
  • Sayuran rendah karbohidrat. Tomat, bawang, sayuran hijau, dan paprika

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat diet keto:

Armoura
Gambar : Pixabay
  • Makanan dan minuman yang mengandung gula seperti soda, jus, es krim, dan kue
  • Gandum dan makanan berkanji seperti nasi, pasta, sereal, dan kentang. walaupun makanan pokok Indonesia adalah nasi, diet keto Indonesia pun harus tetap menghindari nasi, guys. Makanan yang mengandung tepung pun tidak boleh. Jadi, gorengan juga jangan dimakan ya, guys
  • Buah. Hampir semua buah mengandung gula. Karenanya, orang yang menjalani diet keto tidak boleh mengonsumsi buah, kecuali alpukat atau buah beri, seperti strawberry dalam jumlah kecil
  • Polong, misalnya kacang polong dan kacang merah
  • Sayuran yang mengandung karbohidrat dan gula seperti kentang, ubi, dan wortel.
  • Produk siap saji yang mengandung karbohidrat dan gula
  • Lemak tidak sehat seperti mayonaise atau sajian yang diolah dengan minyak sayur atau minyak kelapa sawit yang tidak sehat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top