Cara Hilangkan Jerawat Dengan Pepaya, Bikin Wajah Bersih Alami

Armoura
Armoura
Gambar : Istimewa

Jerawat merupakan sebuah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil atau yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

Jerawat memang menjadi masalah yang mengganggu, hingga kebanyakan orang merasa kurang percaya diri dengan masalah jerawat yang timbul di wajah. Namun, kamu tak perlu khawatir karena buah pepaya bisa menghilangkan jerawat, bahkan juga sudah dipercaya dari jaman dahulu.berbagai sumber,

Berikut telah kami rangkum dari cara hilangkan jerawat dengan papaya yang bikin wajah bersih alami, Jumat (15/5/2020).

1. Papaya obat jerawat

Armoura
Gambar : Istimewa

Buah pepaya digunakan sebagai cara alami untuk mengobati jerawat selama berabad-abad dan buah pepaya itu sendiri memiliki kemampuan mengelupas yang dapat mengangkat sel kulit mati untuk membersihkan pori-pori, selain itu kandungan enzimnya juga dapat mengurangi peradangan jerawat yang terbukti efektif.

Hingga Asia dan Eropa menjadikan buah pepaya obat jerawat semakin populer. Dengan cara alternatif dan juga alami yang dibandingakan dengan cara yang lain yang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Manfaat pepaya untuk jerawat yang bisa Kamu dapatkan dan gunakan sebagai masker.

2. Masker Pepaya

Armoura
Gambar : Istimewa

Cara membuat masker buah pepaya yaitu, pertama pepaya yang dihancurkan atau dihaluskan dicampur dengan madu, lalu oleskan ke daerah wajah atau kulit yang berjerawat. Mulai dari wajah hingga leher, setelah itu diamkan selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk.

Kandungan enzim papain yang terdapat pada buah pepaya terbukti efektif dapat memberantas bakteri yang ada dan meninggalkan sel yang sehat untuk berkembang dan memperbaiki kulit yang mati dan juga untuk menjaga kesegaran kulit.

Banyak sekali bukan manfaat pepaya untuk jerawat? Tunggu apa lagi daripada Kamu mengeluarkan uang untuk cara yang belum tentu terbukti efektif dan tidak aman, tidak ada salahnya mencoba pepaya yang dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat.

3. Pepaya dan madu

Armoura
Gambar : Istimewa

Selain dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, madu juga membantu menjaga kelembaban kulit. Kupas setengah bagian pepaya dan potong kecil kecil. Masukkan pepaya ke dalam blender dan tambahkan dua sendok makan madu, kemudian blender hingga halus seperti pasta. Oleskan pada seluruh wajah atau pada area tubuh yang berjerawat, diamkan atara 40-45 menit. Setelah itu angkat dan cuci wajah dengan air biasa. Lakukan ini setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

4. Pepaya dan Jeruk

Armoura
Gambar : Istimewa

Jeruk bermanfaat sebagai zat alami yang membantu mengendalikan kelebihan minyak yang diproduksi kulit. Masukkan dua sendok pepaya yang sudah dilumatkan ke dalam blender dan tambahkan satu sendok makan perasan air jeruk, blender hingga menyatu. Kemudian tambahkan lagi perasan air jeruk. Oleskan merata di wajah atau area yang berjerawat. Biarkan selama 20 menit. Bilas setelah 20 menit.

5. Pepaya dan Cuka Sari Apel

Armoura
Gambar : Istimewa

Cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit dan dengan demikian bisa membantu mengobati peradangan pada kulit. Hancurkan pepaya yang sudah matang. Tambahkan air dan cuka sari apel dengan jumlah yang sama dan campur semua bahan hingga menjadi pasta halus.

Ambil handuk lembut dan celupkan ke dalam air hangat. Peras air yang berlebih dan letakkan handuk di wajah selama beberapa menit. Oleskan pasta pepaya dan cuka sari apel di bagian atas handuk secara merata dan biarkan sampai mengering. Kemudian cuci wajah menggunakan air normal dan keringkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top