Cara Memakai Facial Wash yang Benar, Bikin Wajah Cantik Merata

Gambar: ShutterStock.com

Facial wash adalah jenis sabun pembersih wajah yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit wajah. Oleh sebab itu, facial wash cocok ditujukan bagi pemilik tipe kulit wajah kering dan sensitif. Facial wash memiliki beberapa tekstur berbeda, seperti gel dan creamy. Pada umumnya, facial wash creamy mengandung moisturizer yang efektif membuat tampilan wajah lembut dan lembap.

Sedangkan gel facial wash memiliki tekstur gel yang ringan untuk membersihkan wajah dan membuatnya tampak segar. Gel facial wash cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dengan acne prone.

Sementara itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan facial wash yang tidak mengandung detergen. Apabila kulit Anda berjerawat, penggunaan gel facial wash akan membantu mengurangi jerawat. Gunakanlah gel facial wash yang mengandung bahan bahan anti jerawat.

Namun, tidak banyak yang paham memakai facial wash yang benar, berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, cara memakai facial wash yang benar, bikin wajah cantik merata.

Pilih Cleanser yang Tepat

Gambar: Istimewa

Bukan karena merknya merupakan produk luar negri yang sudah sangat terkenal, tetapi yang terpenting adalah apakah kandungan bahannya sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhan kulit Anda?

Inilah cara yang paling tepat untuk memilih sabun untuk wajah. Perhatikan apakah formulanya diciptakan untuk jenis kulit berminyak, sensitif, kering, atau normal. Disarankan pula agar Anda tidak menggunakan sabun batangan sebagai sabun muka. Sabun batangan dapat membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembabannya.

Pastikan Tangan Bersih

Cara pakai facial wash yang pertama, cuci tangan Anda hingga bersih terlebih dahulu. Sebelum membersihkan wajah, tentunya Anda harus memastikan apakah tangan sudah benar-benar dalam kondisi bersih atau belum. Bakteri yang menempel di tangan bisa saja melompat dan berpindah ke kulit wajah. Untuk mencegah hal itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

Basuh Wajah Dengan Air Hangat

Gambar: Istimewa

Demi memberikan efek yang terbaik, gunakan air hangat suam kuku untuk membasuh wajah Anda saat memakai facial wash. Jangan terlalu panas, tetapi juga jangan terlalu dingin. Kemudian setelah dikeringkan, gunakan pelembap atau krim perawatan Anda sehingga membantu penyerapan sempurna.

Urutkan Pemakaian Produk dengan Benar

Selanjutnya, pastikan urutan produk yang Anda gunakan sebagai skin care routine sudah benar. Urutan yang tepat untuk membersihkan wajah adalah diawali dengan cleanser terlebih dahulu.

Cleanser akan membersihkan dengan formula oil atau balm untuk mengangkat kotoran dan sisa make-up, yang kemudian residunya diangkat oleh micelar water, lalu terakhir dibersihkan kembali dengan facial wash. Dengan begitu, kondisi kulit Anda pun akan bersih sempurna.

Hindari Facial Wash yang Mengandung Scrub

Gambar: Freepik

Hindari terlalu sering menggunakan sabun muka yang mengandung scrub dan fungsinya sebagai exfoliation. Merawat kulit memang harus maksimal, tetapi juga tidak boleh berlebihan. Apabila Anda sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit Anda akan teriritasi dan berakhir dengan rusaknya jaringan sel kulit. Alhasil, bukan keindahan kulit yang Anda dapat, melainkan problem kulit yang semakin parah.

Lakukan Secara rutin 2 Kali Sehari

Cara pakai facial wash yang terakhir, cukup lakukan 2 kali sehari saja. Jangan lebih dari itu. Hal ini bertujuan agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Gunakan facial wash di pagi hari untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit, berikut juga dengan sisa sel-sel kulit mati, dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa makeup dan debu kotoran setelah seharian berada di luar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top