Cara Membuat Sabun Mandi Alami, Anti Rumit dan Sehat

Gambar: Pixabay

Membuat sabun sendiri mungkin terdengar merepotkan. Padahal dengan membuat sabun mandi sendiri, kita bisa mendapatkan banyak manfaat seperti bisa bebas mencoba berbagai varian sabun sesuai keinginan, lebih hemat, dan yang terpenting ramah lingkungan.

Membuat sabun mandi sendiri terlihat sangat memusingkan. Apalagi bagi kita yang tidak mengerti kimia sama sekali. Namun kamu tidak perlu mengerti kimia yang rumit untuk bisa membuat sabun sendiri. Ikuti langkah mudah cara membuat sabun mandi dari kami.

Kamu langsung bisa membuat sabun dalam sehari. Berikut telah kami rangkum dari berbagai cara membuat sabun mandi alami.

Langkah Dasar Membuat Sabun Mandi Alami

Gambar: Istimewa

Sebelum memulai cara membuat sabun sendiri, kamu harus memahami dasar-dasar pembuatan sabun alami terlebih dahulu. Pertama, pemilihan bahan sesuai dengan selera pribadi. Kamu bebas mengkreasikan berbagai bahan alami untuk membuat warna dan wangi yang sesuai dengan selera masing-masing.

Namun, untuk menemukan perbandingan bahan yang pas, juga harus memperhatikan ukuran bahan-bahan sabun. Sangat disarankan untuk mempermudah pengukuran bahan dengan menggunakan cangkir atau sendok. Komposisi yang pas menjadi dasar cara membuat sabun alami sendiri, apabila ukurannya kurang tepat, bisa saja sabun akan gagal.

Gunakan Peralatan Berbahan Stainless Steel, Kaca atau Enamel

Gambar: Istimewa

Sebelum mempraktikkan cara membuat sabun mandi alami yang aman, kamu harus memperhatikan peralatan yang akan digunakan. Sangat disarankan tidak menggunakan peralatan dapur, tapi menggunakan peralatan khusus.

Karena alasan keamanan, untuk membuat sabun alami sendiri kamu bisa memilih peralatan dengan bahan stainless steel, kaca atau enamel. Jangan menggunakan tembaga, plastik atau alumunium, karena bahan tersebut bisa bereaksi dengan alkali.

Peralatan yang harus dipersiapkan untuk membuat sabun mandi alami ialah mangkuk dan sendok pengaduk. Ingat selalu untuk menggunakan peralatan berbahan stainless steel atau kaca. Sedangkan untuk pencetaknya, kamu bisa menggunakan cetakan silikon. Jangan lupa juga untuk menyiapkan thermometer stainless steel, handuk bekas, koran, dan pengukur stainless steel.

Jenis jenis sabun alami

Gambar: Pixabay

Ada banyak jenis sabun mandi alami yang bisa dibuat, mulai dari warna dan wanginya. Sebagian besar sabun mandi alami ini terbut dari bahan-bahan aditif. Seperti:

  1. Cara Membuat Sabun Mandi Alami dari Herbal

Untuk membuat sabun mandi dari bahan herbal, semua herbal yang akan digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu. Beberapa bahan herbal yang kerap digunakan untuk membuat sabun alami, ialah lavender, chamomile, serai, hingga oakmoss.

  1. Cara Membuat Sabun Alami dari Minyak Alami

Beberapa jenis minyak alami yang kerap digunakan untuk membuat sabun alami ialah minyak atsiri yang berasal dari akar, batang, bunga atau biji dari tanaman tertentu. Cara membuat sabun alami ini cukup dengan mencampurkan beberapa tetes minyak dalam adonan sabun.

  1. Cara Membuat Sabun Alami dengan Pemilihan Warna

Ada banyak pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk membuat sabun mandi alami kita sendiri. Untuk mendapatkan warna sesuai selera, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti kunyit, bubuk cokelat, buat bit, atau bahan alami lainnya.

Cara Membuat Sabun Mandi Alami

Gambar: Istimewa

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan, kamu bisa langsung membuat sabun mandi alami. Pertama, siapkan peralatan yang sudah disebutkan sebelumnya. Jangan lupa siapkan juga bahan yang diinginkan, seperti rekomendasi di atas.

Untuk membuat adonan sabun, siapkan bahan-bahan berikut ini:

– Minyak Kelapa,

– Minyak Zaitun,

– Minyak Alami lainnya (sesuai selera),

– Alkali sebanyak ¼ gelas

– Air dingin ¾ gelas.

Cara membuat sabun alami sendiri:

  1. – Tutupi lantai atau meja yang akan digunakan untuk membuat sabun dengan koran bekas. Kemudian siapkan semua peralatan dan bahan di atasnya.
  2. – Kenakan sarung tangan, kacamata dan masker.
  3. – Siapkan mangkuk khusus yang sudah diisi air dingin, kemudian masukkan alkali perlahan-lahan.
  4. – Tunggu beberapa detik, kemudian aduk alkali hingga berasap dan air berubah menjadi lebih jernih.
  5. – Kemudian, tambahkan beberapa tetes minyak dengan menggunakan pipet.
  6. – Setelah itu, diamkan sejenak, dan hangatkan larutan ke dalam oven selama beberapa menit dengan suhu 95 hingga 120 derajat Celsius.
  7. – Setelah itu, tambahkan lagi beberapa tetes minyak alami dan aduk perlahan selama kurang lebih 5 menit.
  8. – Aduk hingga larutan berubah mengental seperti pudding.
  9. – Tambahkan beberapa bahan alami yang diinginkan, kemudian aduk lagi.
  10. – Setelah itu, masukkan adonan sabun dalam cetakan dan diamkan selama 12-24 jam. Sabun mandi alami pun siap digunakan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top