Cara Memilih Pembersih Wajah Pria yang Berjerawat, Perhatikan Bahan Sabun

Gambar: The Body Shop

Selain untuk orang-orang di sekitar, penampilan terbaik juga seharusnya ditampilkan ke orang-orang terdekat, termasuk pasangan kamu. Penampilan terbaik untuk mereka dapat ditunjukkan antara lain dengan memakai pakaian yang rapi, rambut tertata, badan wangi hingga muka yang bersih bebas jerawat.

Tapi bagaimana kalau wajah kamu telanjur berjerawat? Tenang, sudah ada banyak produk pembersih wajah pria yang tersebar di pasaran. Beberapa cara memilih pembersih wajah pria yang tepat untuk kulit berjerawat.

Produk pembersih wajah pria yang hadir di pasaran memang tidak sebanyak produk pembersih wajah wanita. Namun, bukan berarti merawat wajah hanya menjadi urusan para wanita saja. Pria juga perlu membersihkan wajahnya dengan tepat menggunakan produk pembersih wajah pria yang sesuai jenis kulit wajah.

Membersihkan wajah dengan sabun pembersih merupakan hal yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan oleh para pria, baik pada pagi dan malam hari setelah beraktivitas. Agar hasil membersihkan wajah dapat maksimal, pastikan kamu menggunakan produk pembersih wajah pria sesuai jenis kulit.

Jika kamu memiliki kulit wajah berjerawat, gunakan sabun pembersih wajah pria yang berlabel noncomedogenic, yakni tidak dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Kamu juga perlu mencari kandungan asam salisilat atau tea tree oil di dalamnya yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Berikut ulasan lebih lanjutnya yang telah Armoura lansir dari berbagai sumber.

Perhatikan Bahan Sabun

armoura
Sumber: Media Pria

Cara memilih pembersih wajah pria yang berjerawat adalah memperhatikan bahan sabun pembersih wajah tersebut. Sebaiknya kamu memilih sabun muka pria yang memiliki bahan dasar alami, terutama karena kulit wajah lebih sensitif dari jenis kulit lain di tubuh. Selain itu, kulit wajah memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis kulit tubuh lainnya.

Kamu bisa menghindari produk perawatan wajah yang mengandung zat kimia paraben. Lebih lanjut, kamu yang memiliki wajah sensitif sebaiknya menghindari produk perawatan wajah yang mengandung parfum sintetis, sulfat, atau pewarna buatan yang mungkin akan mengiritasi kulit kamu.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Cara memilih pembersih wajah terbaik adalah yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Memilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit tentu akan memberikan hasil yang lebih optimal. Bagi kamu yang memiliki wajah berminyak bisa memilih pembersih wajah yang mengandung essential oils karena dapat mengangkat minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat.

Bagaimana dengan yang memiliki kulit kering dan sensitif? Sebaiknya pilih produk pembersih wajah yang memiliki kandungan pelembap seperti aloe vera untuk melembapkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Sedangkan kamu yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi, gunakan produk pembersih wajah yang mengandung charcoal untuk mengangkat minyak berlebih pada area sekitar hidung.

Harus Punya Manfaat Lebih

Selain 2 hal di atas, kamu juga bisa memilih pembersih wajah pria terbaik yang formulanya memiliki beberapa manfaat lebih. Sebagai contoh, kamu bisa memilih sabun muka pria yang mengandung scrub yang bisa berperan sebagai eksfoliator. Tentunya jadi lebih praktis, bukan?

Itulah 3 cara memilih pembersih wajah pria yang tepat untuk kondisi kulit berjerawat. Selain cara-cara ini, sebaiknya kamu juga memilih produk perawatan wajah pria yang memiliki bahan dasar alami.

Sedangkan bagi kamu yang memiliki kondisi kulit tidak berjerawat alias berminyak dan sensitif, bentuk perawatannya akan berbeda.

Pembersih wajah untuk kulit berminyak

Sumber: naukrinama.com

Kulit wajah berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum berlebih yang berasal dari kelenjar minyak. Kamu mungkin akan mengenali kulit wajah berminyak melalui produksi kelenjar minyak yang berlebih pada area T-zone (dahi, hidung, dan dagu).

Kamu bisa memilih produk pembersih wajah pria berjenis facial foam (yang dapat menimbulkan busa). Jenis sabun pembersih wajah pria ini cenderung ringan serta tidak dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan pada kulit.

Pembersih wajah untuk kulit sensitif

Kulit wajah sensitif adalah jenis kulit yang ditandai dengan kemerahan, terasa gatal, kering, dan sensasi seperti terbakar. Solusinya, pilihlah produk pembersih wajah pria yang kandungannya ringan di kulit, tidak mengandung wewangian, serta tidak mengandung alkohol.

Dengan ini, kulit kamu tidak iritasi dan tidak semakin kering. Meski demikian, pemilik kulit sensitif juga perlu berhati-hati dengan sabun pembersih wajah pria yang tidak mengandung wewangian sekalipun. Pasalnya, bisa saja produk tersebut masih berisiko menyebabkan iritasi di kulit. Penting pula untuk menggunakan sabun pembersih wajah pria yang berlabel hypoallergenic dan bebas kandungan paraben.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top