Cara Memilih Sabun Pencerah Wajah, Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Armoura
Armoura
Gambar:Istimewa

Memiliki wajah yang cerah bebas dari noda merupakan sesuatu yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Untuk mendapatkannya, berbagai cara pun dilakukan. Salah satunya yang mudah dilakukan adalah membersihkan wajah.

Rutin membersihkan wajah berdampak baik pada kesehatan kulit. Selain menyehatkan, aktivitas tersebut juga memudahkan kamu memiliki kulit wajah yang putih dan cerah. Namun, lebih baik lagi jika kamu menggunakan sabun pencerah wajah.

Cara Memilih Sabun Pencerah Wajah yang Benar

Armoura
Gambar: Istimewa

Beberapa orang kerap berpikir, “Apakah mencuci wajah efektif dalam memutihkannya?” Sebenarnya sabun wajah hanya bekerja sementara waktu dengan fokus utama membersihkan kulit wajah dari akumulasi kotoran, debu, dan minyak. Mencuci muka adalah tahapan awal dalam regimen perawatan kulit.

Kulit yang bersih akan siap menerima tahapan skincare selanjutnya. Dengan menggunakan pencuci wajah yang memiliki efek memutihkan, maka tahapan memutihkan wajah dapat dimulai sejak tahap awal perawatan kulit.

Jumlah melanin yang terakumulasi pada kulit karena sinar ultraviolet dan penuaan menjadi sumber pigmentasi yang akan membuat warna kulit lebih gelap. Terlebih jika metabolisme kulit buruk, sisa makeup dan kotoran akan menempel dan menumpuk pada kulit sehingga menyebabkan kulit kusam.

Maka dari itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu, aspek-aspek apa saja yang penting diperhatikan dalam memilih sabun muka. Terlebih bagi kamu yang memiliki tujuan mencerahkan wajah. Dengan begitu, kamu harus memahami sederet kandungan yang terbukti efektif dalam membantu mencerahkan warna kulit.

Selain itu, perhatikan juga kualitas kulit kamu agar produk yang dipilih semakin cocok dengan kulit wajah kamu. Berikut beberapa poin yang harus dipertimbangkan dalam memilih sabun pencerah wajah yang telah Armoura rangkum dari berbagai sumber.

 Pilih Berdasarkan Kandungan Bahan

Sumber: Cantik Tempo

Bagi sebagian orang kerap merasa kulit mereka lebih putih setelah mencuci wajah. Hal ini karena enzim yang terkandung pada pencuci muka menggunakan peeling dan lumpur yang dapat mengurangi kekusaman dan mengangkat sel kulit mati.

Pada orang yang memiliki kulit tipis tidak disarankan menggunakan pencuci wajah dengan bahan ini karena dapat menyebabkan pengelupasan dan iritasi. Tetapi jika peeling menggunakan asam buah yang disebut AHA, kamu yang memiliki kulit sensitif pun dapat menggunakannya karena tingkat iritasinya lebih rendah.

Penting untuk diingat bahwa pencuci muka digunakan setiap hari sehingga efek dari enzim, peeling dan lumpur bisa berbeda tergantung pada masing-masing orang. Kamu harus memperhatikan kondisi kulit selama masa penggunaan.

Alpha Arbutin: membantu wajah lebih cerah dengan memudarkan bintik hitam (freckles)

Niacinamide: menekan produksi melanin untuk membantu mencerahkan warna kulit

Glycolid Acid: mendukung efek mencerahkan tone dan corak kulit

Ekstrak Bengkuang (Jicama): kaya akan vitamin dan bahan aktif untuk memutihkan wajah

Pilih Sesuai dengan Jenis Kulit

Armoura
Gambar: Pixabay

Untuk memaksimalkan wajah menjadi cerah dengan menggunakan sabun pencerah wajah, kamu perlu memperhatikan jenis kulit sebelum menggunakannya. Tipe kulit kamu dengan teman, saudara, atau bahkan keluarga kamu belum tentu sama. Oleh karena itu, pertimbangkan juga pemilihan sabun pencerah wajah untuk memutihkan wajah berdasarkan jenis kulit.

Kulit normal: pilih sabun pencerah wajah yang tidak membuat kulit kamu kering setelah penggunaan.

Kulit kering: pilih sabun pencerah wajah yang dilengkapi dengan pelembap

Kulit berminyak: pilihlah produk sabun pencerah wajah yang efektif mengontrol minyak

Kulit sensitif: pastikan untuk menghindari produk dengan kandungan sabun dan deterjen

Kulit kombinasi: pastikan untuk menghindari sabun pencerah wajah dengan kandungan pewangi dan alkohol

Pilih Sabun Pencerah Wajah Berdasarkan Kemudahan Pemakaian

Sumber: Klub Wanita

Ada tersedia beragam pilihan merek sabun pencerah wajah, namun dilihat dari wujudnya hanya terdiri dari tiga macam, yakni bubuk, krim, dan gel. Sabun muka dalam bentuk krim atau gel paling banyak ditemui di pasaran. Kamu bisa memilih sabun muka berjenis cair atau krim karena menawarkan kepraktisan dan busa yang melimpah.

Beda halnya apabila kamu memikirkan segi biaya dan penggunaan, sabun muka berbentuk bubuk ideal dipilih. Alasannya, sabun muka jenis bubuk tidak mengandung air sehingga jangka waktu penyimpanannya lebih lama. Namun, produk berwujud bubuk sedikit merepotkan karena kamu harus membuat adonan menyerupai pasta terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top