Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah Secara Alami, Aman dan Ampuh

Sumber: Kompas.com

Cara mengangkat sel kulit mati ternyata tidak cukup hanya dengan membasuh wajah setiap hari, karena kulit wajah terdiri dari dua lapisan berbeda, yakni lapisan terluar disebut epidermis dan lapisan di dalamnya adalah dermis. Kulit bagian dalam yang sehat secara bertahap akan mencuat ke permukaan, kemudian akan kehilangan mekanisme selulernya.

Sel kulit dapat menghabiskan siklus hidupnya dan mencapai lapisan terluar kulit yang disebut stratum corneum, selama sekitar dua minggu hingga satu bulan. Jika sel kulit mati menumpuk, ini menyebabkan kulit kasar dan berisiko jerawat. Inilah waktunya untuk melakukan pengelupasan kulit mati.

Mengenal Penyebab Wajah Kering

Sumber: Honestdocs.id

Kulit menghasilkan minyak secara alami yang disebut sebum. Bila kulit memproduksi minyak terlalu banyak, akan menyebabkan jerawat. Tetapi, sebum berfungsi menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melindungi sel dari infeksi.

Kulit yang tidak cukup memproduksi sebum juga bisa menyebabkan kulit kering. Kondisi kulit yang kering bisa gatal, dan tampak bersisik, bergelombang atau tampak bercak merah.

Beberapa penyebab kulit kering atau dehidrasi pada wajah di antaranya:

  • – Cuaca dingin
  • – Udara kering
  • – Terpapar bahan kimia keras dalam sabun atau produk lainnya
  • – Mencuci kulit secara berlebihan
  • – pH Kulit tidak seimbang
  • – Kondisi kulit, seperti dermatitis atopik, dermatitis seboroik, dan psoriasis
  • – Diabetes
  • – Hipotiroidisme
  • – Merokok
  • – Terlalu lama di bawah sinar matahari

Anda dapat merawat kulit kering dan bersisik menggunakan beberapa cara mengangkat sel kulit mati yang berbeda. Perawatan wajah kering juga bervariasi di antara berbagai jenis kulit, seperti normal, kering, berminyak, atau kombinasi ketiganya.

Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Secara Alami yang Mudah

Sumber: Grid.id

Masker Oatmeal, Madu dan Plain Yoghurt

Tekstur oatmeal yang kasar dan kandungan saponinnya bisa membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada segala jenis kulit wajah. Selain itu, vitamin dan mineral dalam oatmeal juga baik untuk kulit Anda. Ditambah dengan kandungan protein pada oatmeal yang berguna untuk menjaga kulit lembap lebih lama.

Cara menghilangkan kulit mati di wajah menggunakan masker oatmeal bisa dimulai dengan mencampur 2 sendok makan oatmeal instan, 2 sendok makan plain yogurt, dan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk.

Oleskan masker tersebut ke wajah dan pijat dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukanlah dua kali dalam seminggu secara rutin.

Masker Kopi

Selain dapat membantu menghilangkan kulit mati, kandungan pada kopi juga dapat merangsang produksi sel kulit baru. Bukan hanya itu, flavonol yang terkandung dalam bubuk kopi dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kulit tetap bercahaya.

Cara mengangkat sel kulit mati dimulai dengan mencampurkan 3 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan gula halus, dan aduk hingga merata. Pijatkan masker pada wajah dengan gerakan melingkar yang lembut. Kemudian, diamkan selama 5 hingga 10 menit.

Setelah mengering, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut. Masker kopi ini juga bisa digunakan untuk daerah leher, siku dan tumit, atau daerah kulit lain yang rentan masalah.

Masker Zaitun dan Gula Pasir

Gabungan keduanya cocok untuk segala jenis kulit wajah. Minyak zaitun bagus untuk melembapkan kulit, sementara partikel yang ada dalam gula dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Cara ini bahkan juga bagus diaplikasikan pada bibir Anda.

Dalam penggunaan masker ini, tambahkan sedikit air perasan lemon. Usapkan dan pijat wajah secara merata. Bilas dan kemudian keringkan dengan lembut. Lakukan tips ini secara rutin dua kali dalam seminggu.

Cara Mencegah Kulit Kering dan Sel Kulit Mati

Armoura
Sumber: Pixabay

Ada banyak langkah yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kulit kering dan sel kulit mati. Berikut tips untuk mencegah kulit kering di wajah:

  1. – Mencuci muka setiap hari dengan pembersih yang lembut.
  2. – Memakai tabir surya, jika beraktivitas di bawah sinar matahari.
  3. – Oleskan pelembap setelah mandi atau mencuci muka.
  4. – Menggunakan air hangat, bukan panas, saat mencuci wajah dan mandi.
  5. – Tetap terhidrasi dengan minum banyak air.
  6. – Membatasi asupan kafein.
  7. – Membatasi waktu di bawah sinar matahari langsung.
  8. – Menghindari tanning bad (alat untuk membuat kulit tampak kecokelatan).
  9. – Berhenti merokok, jika perlu.

Itu tadi cara mengangkat sel kulit mati dengan bahan alami, yang bisa Anda praktikkan di rumah. Tetapi, akan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit tentang kondisi kulit, kesehatan, dan keamanan bahannya.

Sumber: Doktersehat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top