Cara Menggunakan Pembersih Scrub pada Wajah Berjerawat, Jangan Sembaragan

Sumber: Kompas.com

Di antara segudang pilihan jenis sabun cuci muka, ada yang diklaim ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel karena mengandung butiran scrub mikroskopik. Sabun scrub memang lebih efektif mengangkat kotoran dan minyak, tapi apa benar boleh pakai scrub untuk jerawat?

Bolehkah Pakai Scrub untuk Jerawat?

Sumber: Kompas.com

Sabun cuci muka yang mengandung scrub bertujuan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati serta minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori di permukaan kulit. Sel kulit mati, minyak, dan kotoran berlebih adalah biang penyebab jerawat. Maka, tak heran jika cara ini dapat membantu mencegah jerawat muncul.

Sayangnya, cuci muka dengan sabun scrub malah bisa memperparah kondisi kulit yang sudah terlanjur berjerawat. Begitu pula dengan melakukan eksfoliasi kulit ketika sedang jerawatan, misalnya dengan scrub alami dari gula atau garam.

Partikel gerinjil scrub tidak bisa menembus hingga ke dalam pori-pori sebagai tempat jerawat berkembang. Butiran scrub hanya mengangkat lapisan sel kulit mati di permukaan teratas kulit. Tentunya hal ini tidak membuat scrub efektif untuk menghilangkan jerawat.

Karena hanya bekerja di permukaan kulit, butiran gerinjil dalam krim scrub tersebut malah dapat melukai kulit yang sedang berjerawat dan mengalami iritasi. Semakin Anda menggosoknya dengan kuat, semakin kulit menjadi kemerahan dan teriritasi.

Cara Aman Scrub saat Kulit Berjerawat

Sumber: Grid.id

Cuci muka dengan sabun scrub untuk jerawat tidak direkomendasikan. Sama halnya dengan menggunakan scrub alami yang biasanya terbuat dari gula atau garam. Meski begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh melakukan eksfoliasi ketika sedang jerawatan.

Pilihlah produk pembersih wajah atau eksfoliator yang tidak mengandung butiran gerinjil, namun mengandung asam salisilat. Dilansir dari Self, Michele Green, M.D., seorang dokter kulit, berujar bahwa produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat bisa membantu mengatasi jerawat membandel.

Jenis asam salisilat dalam produk perawatan kulit yang bertugas mengangkat sel kulit mati sekaligus melawan jerawat adalah BHA. Bentuknya seperti bubuk kristal yang larut dalam minyak. Zat ini bisa menyerap ke dalam kulit dengan sangat baik hingga menembus pori-pori. Itulah sebabnya asam salisilat sangat direkomendasikan sebagai perawatan kulit berjerawat atau kulit berminyak.

Ada banyak produk pembersih kulit yang mengandung BHA, tapi eksfoliasi dengan BHA lebih baik dan aman dilakukan di dokter kulit untuk menentukan dosis bahan kimia yang tepat bagi Anda.

Selain itu, penggunaan produk mengandung BHA pada kulit bisa membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, Anda wajib menggunakan tabir surya setelah melakukan perawatan. Hindari juga penggunaan asam salisilat bersamaan dengan retinol yang bisa membuat kulit sangat kering dan mudah iritasi.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat

Sejak dulu, banyak orang menggunakan lidah buaya untuk jerawat. Tidak hanya pada wajah, lidah buaya juga dapat mengobati jerawat yang ada di punggung, dada, kulit kepala, dan sebagainya. Berikut adalah cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat.

Cara 1: Lidah buaya segar

– Ambil daun lidah buaya baru dan tekan untuk mengeluarkan gelnya.

– Kemudian oleskan gel tersebut pada bagian kulit yang terinfeksi jerawat.

– Ulangi proses dua kali sehari setidaknya selama seminggu untuk menghilangkan jerawat.

Cara 2: Dicampur lemon

– Ambil daun lidah buaya dan tekan keluar gelnya (potong daun dan tekan hingga gel keluar).

– Letakkan gel dalam blender.

– Tambahkan satu buah perasan lemon atau jeruk nipis dan kemudian campurkan.

– Kemudian simpan losion lidah buaya ini dalam kulkas.

– Oleskan losion pada wajah Anda seperti masker wajah setiap malam sebelum tidur.

– Diamkan selama semalam dan bersihkan wajah Anda pada pagi harinya.

– Ulangi proses secara teratur, hingga Anda sembuh dari jerawat dan tidak meninggalkan luka

Cara 3: Dicampur madu dan kunyit

– Ambil gel lidah buaya segar dan tambahkan sedikit kunyit, madu, susu, dan beberapa tetes air mawar.

– Campurkan dan kemudian terapkan losion ini pada bagian kulit yang terinfeksi jerawat.

– Diamkan selama 15-20 menit dan bersihkan dengan air.

– Lanjutkan proses ini secara teratur untuk menghilangkan jerawat segera

Cara 4: Masker wajah lidah buaya untuk jerawat

– Ambil daun lidah buaya dan didihkan di dalam air selama beberapa menit.

– Tambahkan madu dan campurkan.

– Oleskan losion ini pada kulit sebagai masker (usapkan secara lembut saat menerapkannya).

– Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin.

– Ulangi penerapan masker ini secara teratur untuk menghilangkan masalah jerawat.

Cobalah semua metode di atas sesuai dengan ketersediaan bahan yang aman dan mudah dicari. Jangan lupa, selalu tes efeknya pada kulit di bagian tangan Anda sebelum memulainya di wajah, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali mencoba menggunakan lidah buaya untuk jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top