Cara Menghindari Jerawat Muncul Kembali, Terapkan Kebiasaan Baik

obat jerawat Alami
Gambar:Pixabay

Hampir semua orang pernah merasakan munculnya jerawat. Pada kebanyakan kasus, jerawat sering muncul di wajah. Lantas kondisi ini membuat sebagian orang tidak percaya diri saat berjerawat.

Jika Anda tak ingin berjerawat, Anda perlu melakukan beberapa cara menghindari jerawat. Ada berbagai macam cara menghindari jerawat muncul. Selain pengobatan dan perawatan dokter, ada beberapa langkah sederhana untuk menghindari jerawat. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Berikut cara menghindari jerawat yang bisa Anda lakukan. Cara menghindari jerawat perlu Anda lakukan dengan sabar dan konsisten guna mendapatkan hasil yang diinginkan.

Membersihkan Wajah

Gambar: shutterstock

Cara menghindari jerawat pertama dengan rajin membersihkan wajah. Membersihkan wajah secara rutin mampu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang merupakan penyebab jerawat muncul. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Anda bisa membersihkan wajah dua kali sehari secara rutin, menggunakan sabun pembersih yang lembut bebas alkohol untuk mencegah iritasi. Setelah itu, basuh wajah menggunakan air dan keringkan dengan handuk bersih.

Menggunakan Pelembap

Gambar: Istimewa

Selain itu, Anda juga perlu menggunakan pelembap untuk menghindari jerawat. Menggunakan pelembap kulit berguna agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik. Pilihlah pelembap sesuai dengan jenis kulit dan pilih produk berlabel non-comedogenic untuk meminimalkan munculnya jerawat di wajah. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Menggunakan Tabir Surya

Gambar: Pixabay

Cara menghindari jerawat selanjutnya dengan menggunakan tabir surya. Penting untuk menggunakan tabir surya agar kulit tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga penting untuk menggunakan tabir surya.

Pada kulit yang tidak terhidrasi dengan baik, akan cenderung memproduksi minyak berlebih sehingga pori-pori wajah bisa tersumbat. Pori-pori wajah yang tersumbat inilah yang menyebabkan munculnya jerawat. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Kurangi Penggunaan Make up

Sumber: Pixabay

Untuk menghindari jerawat secara maksimal, Anda dianjurkan untuk menggunakan produk make up yang tidak mengandung pewangi, bebas minyak, dan berlabel non-comedogenic.

Jika ingin menggunakan make up, aplikasikan produk tersebut tipis-tipis. Penggunaan make up yang tebal dapat membuat pori-pori wajah tersumbat, sehingga jerawat bisa muncul.

Hindari Menyentuh Wajah

Armoura
Gambar: Istimewa

Tanpa disadari, kebiasaan menyentuh wajah juga dapat menyebabkan jerawat muncul. Hal ini dikarenakan kotoran dan bakteri yang terdapat di tangan dapat berpindah ke wajah, sehingga menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan menyentuh wajah dan pastikan tangan dalam keadaan bersih jika memang harus menyentuhnya.

Konsumsi Makanan Sehat

Gambar: wowkeren.com

Cara menghindari jerawat berikutnya dengan membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat. Batasi konsumsi makanan berminyak, junk food, produk susu, dan makanan tinggi gula saat buka puasa dan sahur.

Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut kemungkinan dapat memicu munculnya jerawat. Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian karena jenis makanan ini baik untuk kesehatan kulit.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Gambar: Hipwee.com

Cara menghindari jerawat lainnya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dapat mencegah jerawat muncul. Pastikan untuk mengonsumsi 8 gelas air putih setiap hari agar kulit dapat terhidrasi dengan baik. Anda bisa mencukupi kebutuhan air saat waktu berbuka dan sahur.

Menghindari Stres

Sumber: Pixabay

Beberapa studi mengaitkan stres sebagai penyebab dan dapat memperparah kondisi jerawat. Oleh karena itu, jika Anda mengalami stres, segeralah mencari solusi terbaik untuk mengatasi stres. Anda bisa melakukan olahraga yoga, bercerita dengan orang terdekat, atau melakukan meditasi.

Itu tadi cara menghindari jerawat agar tidak muncul lagi. Anda bisa menerapkannya dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Beberapa di antara cara menghindari jerawat tersebut tidaklah sulit, sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan wajah bersih tanpa jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top