Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Mudah dan Akurat

Armoura
armoura
Gambar: Pixabay

Memiliki berat badan ideal tentunya menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh sebagian orang. Berbagai cara dicoba untuk dilakukan agar bisa memiliki badan ideal yang baik, mulai dari olahraga rutin hingga melakukan program lainnya.

Pada dasarnya Setiap orang memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda dan menjadikannya unik. Sehingga berat badan ideal setiap orangnya tentu berbeda-beda juga. Namun terkadang banyak yang tidak mengetahui cara menghitung dan menilai berat badan ideal menurut masing-masing orang. Produk diet terbaik, disini. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, cara menghitung berat badan ideal yang udah dan akurat, Jumat (8/5/2020).

  • Rumus Broca
armoura
Gambar: Pixabay

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus Broca. Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara penghitungan antara pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda. Produk diet terbaik, disini. 

Meskipun pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menghitung berat badan ideal, tetapi rumus ini tidaklah rumit. Berikut adalah rumusnya:

  1. Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]

Misalnya untuk pria, jika kamu memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Jadi, berat badan ideal kamu adalah 63 kilogram.

  1. Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Sedangkan, jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.

  • Kalkulator BMI
armoura
Gambar: Pixabay

Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Berbeda dengan cara perhitungan sebelumnya yang membedakan cara perhitungan pria dan wanita, BMI dibedakan berdasarkan usia. Kalkulator BMI dapat digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 20 tahun atau lebih. Bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun, ada cara lain untuk menghitungnya. Produk diet terbaik, disini. 

Dengan menggunakan kalkulator BMI, akan diketahui apakah seseorang masuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. Meskipun begitu, BMI dapat menimbulkan kesalahpahaman bagi atlet atau olahragawan. Sebab, berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan kelebihan berat badan, padahal sebenarnya tidak.

Sebelum mencoba kalkulator BMI, ada baiknya mengetahui beberapa keterangan mengenai perhitungan ini. Di antaranya adalah:

Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.

Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih.

Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.

Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukkan tanda bahaya.

Cara menghitungnya: Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Sebagai contohnya, jika berat badan kamu 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI kamu adalah 47:(1,63)= 17.8. Berarti, berat badan kamu termasuk di bawah rata-rata.

Bagaimana cara menjaga agar berat badan tetap ideal? kamu perlu mengonsumsi makanan dan minuman sesuai dengan kebutuhan kalori harian, untuk mempertahankan berat badan ideal. Misalnya, jika kebutuhan kalori harian kamu adalah 1950 kkal, maka kamu harus mengonsumsi makanan dengan total kalori 1950 per harinya. Untuk mengetahui berapa kalori yang kamu butuhkan setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top