Cara Meratakan Warna Kulit Wajah, Mudah Dilakukan Saat di Rumah

Gambar: Istimewa

Anda mengalami problem kulit dengan warna yang tidak merata? Masalah ini memang bisa sangat mengganggu penampilan. Terkadang Anda harus memoles berlapis-lapis face primer, foundation, dan bedak untuk menyamarkannya.

Memiliki kulit wajah yang belang akibat sengatan sinar matahari tentu saja membuat repot. Buat Anda yang terbiasa memakai bedak, warna kulit yang tidak rata ini membingungkan dalam menentukan shade. Untungnya, ada cara meratakan warna kulit wajah yang bisa Anda coba sendiri.

Berbagai faktor dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, seperti paparan sinar matahari, usia, obat-obatan, atau pengaruh hormon. Agar Anda dapat tampil lebih percaya diri, coba terapkan cara meratakan warna kulit wajah tanpa harus pergi ke klinik kecantikan.

Krim-krim wajah dengan harga mahal yang diklaim mampu menyamakan warna kulit pun belum tentu cocok dengan tipe kulit Anda. Salah pilih produk, bisa-bisa kulit wajah malah jadi rusak karena bahan kimia. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, cara meratakan warna kulit wajah, mudah dilakukan saat di rumah.

Mengoleskan tabir surya

Armoura
Gambar: Istimwa

Sinar matahari berbahaya bagi kulit karena dapat merusak kulit dengan sangat cepat. Matahari juga jadi salah satu alasan utama kenapa warna kulit jadi belang. Jadi, untuk melindungi warna kulit wajah, Anda harus menggunakan tabir surya setiap hari, dan gunakan produk yang memiliki SPF minimal 15++.

Tabir surya dapat mencegah kemerahan dan kulit terkelupas karena sengatan matahari. Selain itu, tabir surya juga membantu mencegah terbentuknya bintik-bintik penuaan. Pastikan Anda juga mengoleskan tabir surya dengan label broad spectrum yang dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB.

Sebenarnya, Anda harus mengoleskan minimal SPF 30+ untuk melindungi kulit dengan efektif. Ini dapat mencegah kanker. Pastikan Anda menggunakan tabir surya meskipun pada cuaca berawan karena 80% radiasi sinar matahari masih menembus awan. Sementara itu, sinar matahari masih dapat merusak kulit Anda bahkan ketika sedang mendung dan hujan.

Produk tabir surya yang Anda gunakan harus mengandung perlindungan terhadap UVA dan UVB. UVA adalah sinar yang dapat menciptakan keriput dan bintik-bintik penuaan. Sinar UVB dapat membakar kulit Anda. Pelembap wajah dan produk foundation harus mengandung tabir surya dan Anda dapat memeriksa label sebelum memilih produk. Jika tidak, Anda harus mengoleskan tabir surya di bawah riasan Anda.

Menjaga hidrasi kulit

Armoura
Gambar: Pixabay

Menjaga hidrasi kulit dapat dilakukan dari dalam dan dari luar. Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi untuk melembapkan kulit dar dalam. Sementara untuk menjaga kelembapan kulit dari luar, Anda bisa mengoleskan pelembab yang membantu melembutkan kulit serta mengatasi kekeringan dan kemerahan.

Untuk mencegah iritasi kulit dan penyumbatan pori-pori, pilihlah pelembab non-comedogenic. Tak hanya wajah yang perlu untuk dilembapkan, melainkan juga keseluruhan bagian kulit tubuh. Menggunakan pelembab di tangan dapat membantu mencegah dan mengatasi bintik-bintik penuaan.

Gunakan pelembab setiap hari

Gambar: Istimewa

Pelembab sangatlah penting untuk meratakan corak kulit wajah. Ada banyak jenis pelembab yang sesuai untuk masing-masing jenis kulit—dari kulit kering sampai kulit berminyak dan kulit berkeriput. Anda harus menemukan pelembab yang mengandung SPF untuk mempercepat proses aplikasi krim.

Anda harus memastikan bahwa Anda menemukan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda. Pelembab bisa memberikan sedikit warna selain membuat kulit menjadi lembut. Jika Anda memilih produk yang salah atau warna yang salah, ini dapat membuat kulit wajah Anda tampak tidak sehat.

Minum cukup air

Armoura
Gambar: Pixabay

Air bertanggung jawab dalam membersihkan kulit dari dalam. Air juga mencegah keriput. Jika Anda tetap terhidrasi dengan baik, kulit wajah Anda akan terlihat kenyal dan tampak seperti kulit anak-anak. Beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Minum minimal 2 liter air setiap hari. Selain itu, Anda tidak boleh minum alkohol atau minuman ringan tinggi gula. Minuman jenis ini dapat memengaruhi kulit Anda secara negatif. Jika Anda meminum banyak jenis minuman tersebut, gula dan bahan kimia dalam soda dan minuman bergula dapat menyebabkan jerawat dan penumpukan minyak.

Minum alkohol terutama dapat mencuri kelembapan dari kulit dan bisa terjadi penuaan dini. Anda dapat menggunakan irisan buah-buahan seperti mentimun dan lemon dengan air. Mereka terbukti memberikan manfaat lebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top