Cara Merawat Wajah Pria dan Wanita Secara Alami, Perhatikan Jenis Kulit

Gambar: CNN Indonesia

Cara merawat wajah tentunya dibutuhkan bagi semua kalangan, baik pria maupun wanita. Hal ini dikarenakan perawatan wajah sangat diperlukan untuk mendapatkan kondisi kulit yang sehat. Ketika kulit wajah sehat, secara tidak langsung kamu semakin percaya diri dengan penampilan.

Apabila wajah kamu kusam, secara tidak langsung akan memberi kesan penampilan kurang menarik. Kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya akan membuat performa penampilan kamu menjadi berkurang. Tentu saja hal ini akan memengaruhi tingkat kepercayaan diri.

Tak heran, setiap orang rela melakukan berbagai cara merawat wajah agar sehat dan putih bersinar. Banyak yang berbondong-bondong pergi ke klinik kecantikan dan merogoh kocek dalam-dalam agar bisa mendapatkan perawatan maksimal demi wajah yang cerah bersinar.

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu perlu tahu terlebih dahulu cara merawat wajah yang mudah dilakukan sendiri di rumah. Dengan mengetahui cara merawat wajah sendiri di rumah, secara tidak langsung kamu lebih memperhatikan beberapa kebiasaan hingga jenis kulit.

Selain itu, cara merawat wajah secara alami dapat memperkecil risiko efek buruk yang terjadi. Cara merawat wajah secara alami cenderung lebih aman daripada penggunaan produk perawatan yang belum jelas bahan-bahan kimia yang digunakan. Berikut cara merawat wajah secara alami sendiri yang mudah dilakukan yang telah Armoura rangkum dari berbagai sumber.

Memperhatikan Waktu Istirahat

Armoura
Gambar: iStockphoto

Cara merawat wajah agar tidak kusam yang pertama dengan memperhatikan jam tidur. Pastikan kamu tidur selama 7-8 jam per hari.

Tidur cukup dapat membantu mengoptimalkan regenerasi kulit. Kurang tidur dapat menghambat proses regenerasi sel kulit dan produksi kolagen. Hal tersebut menyebabkan kulit terlihat kusam.

Beristirahat cukup dapat membantu mengembalikan kesehatan kulit. Oleh sebab itu, beristirahat lah dengan cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit kamu.

Rajin Mencuci Wajah

Setelah beraktivitas seharian, tentu debu dan kotoran menempel di wajah. Mencuci wajah merupakan salah satu cara mengangkat kotoran dan debu serta mencegah agar wajah tidak kusam.

Pastikan kamu mencuci wajah minimal dua kali sehari. Kamu juga dapat menggunakan cleanser dan toner untuk membantu mengangkat debu dan kotoran yang menempel di wajah.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Armoura
Gambar: Pixabay

Mengonsumsi air putih dapat membantu mencukupi cairan dalam tubuh. Kurangnya konsumsi air putih dapat membuat kulit terlihat kusam dan kering.

Jika kamu merasa kurang mengonsumsi air putih, mulai sekarang, konsumsilah air putih secara cukup minimal 8 gelas per hari. Lakukan setiap hari secara rutin untuk menjaga kulit tetap lembap, sehat dan tidak kusam.

Rajin Berolahraga

Berolahraga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya kesehatan kulit. Ketika seseorang berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kotoran yang mengendap dan terkunci dalam pori-pori melalui keringat.

Selain itu, dengan berolahraga, tubuh akan lebih sehat dan bugar. Kamu dapat berolahraga seperti jalan santai, bersepeda atau berlari.

Olahraga juga dapat membantu tubuh rileks dan terhindar dari stres. Stres merupakan salah satu faktor pemicu kulit kusam. Ini karena ketika seseorang sedang stres, aliran darah menuju wajah akan berkurang. Hal tersebut yang memicu kulit wajah menjadi kusam.

Konsumsi Makanan Sehat

Armoura
Sumber: Pixabay

Cara merawat wajah agar tidak kusam selanjutnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Apabila kamu kurang suka mengonsumsi buah dan sayur, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut.

Mulai lah untuk mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dan nutrisi penting lainnya dapat mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Menggunakan Masker Alami

Selain menerapkan pola hidup sehat, merawat kulit wajah dengan bahan alami juga harus kamu lakukan. Beberapa bahan alami seperti pepaya, hingga putih telur dapat kamu gunakan sebagai masker.

Cara membuat masker putih telur pun cukup mudah. Kamu hanya tinggal menggunakan mengambil bagian putih telur lalu kocok. Setelah itu, oleskan merata ke kulit wajah. Tunggu hingga kering, lalu bilas.

Selain itu, kamu dapat membuat masker dengan campuran buah pepaya dan nanas. Caranya, dengan mencampurkan 1 sendok jus nanas ke dalam 1/4 cangkir pepaya mentah yang sudah dihaluskan. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas dengan air.

Menggunakan Pelembap Sesuai Jenis Kulit

Armoura
Gambar: Istimewa

Selain rajin mencuci wajah, menggunakan pelembap untuk kulit wajah pun harus lah dilakukan. Tetapi jangan asal memilih pelembap. Pilihlah sesuai dengan jenis kulit kamu.

Kenali tipe kulit terlebih dahulu. Jika kulit kamu berminyak, gunakan pelembap wajah yang non komedogenik. Untuk kulit sensitif, gunakan pelembap yang hipoalergenik. Sedangkan jika kulit kamu kering, gunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat, gliserin, dimetikon dan lanolin.

Melakukan Eksfoliasi

Salah satu penyebab kulit kusam adalah menumpuknya sel kulit mati di wajah. Sel kulit mati di wajah dapat diangkat dengan melakukan eksfoliasi.

Kamu dapat melakukan eksfoliasi sendiri di rumah. Caranya dengan menggunakan bubuk kopi. Langkahnya pun cukup mudah.

Campurkan setengah cangkir kopi dengan secangkir gula merah, satu sendok madu dan dua sendok teh susu. Campurkan merata dan oleskan perlahan ke wajah. Gosok dengan perlahan, lalu bilas dengan air.

Lakukan eksfoliasi 2 hingga 3 kali seminggu. Eksfoliasi memiliki banyak manfaat, yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah pori-pori tersumbat hingga mencerahkan kulit.

Menggunakan Tabir Surya

Aktivitas sehari-hari tentu tak lepas paparan sinar matahari. Menggunakan tabir surya pun harus selalu dilakukan meski sedang di dalam ruangan sekali pun.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Oleskan kembali tabir surya 3 jam sekali agar kulit selalu terlindung.

Setelah mengetahui beberapa cara merawat wajah agar tidak kusam secara alami, berikut dilanjutkan dengan cara merawat wajah pria dan wanita yang perlu diketahui. Ya, jenis perawatan wajah pria dan wanita tentunya ada memiliki perbedaan.

Armoura
Gambar: BP Guide

Cara merawat wajah pria dengan wanita tentu berbeda. Lazimnya, kulit pria cenderung lebih berminyak dan tebal dibandingkan wanita. Kulit pria rata-rata memiliki pori-pori wajah yang lebih besar. Sayangnya, banyak pria merasa bahwa perawatan wajah itu hanya untuk wanita, sehingga kurang memperhatikan cara merawat wajah pria yang baik dan benar. Padahal, untuk tampil maksimal dengan cara merawat wajah pria sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Bahkan tak perlu melakukan perawatan kulit yang rumit seperti kaum Hawa.

Namun, hanya mencuci muka saja tak cukup untuk menjaga kulit pria tetap sehat dan bersih. Untuk menghindari kulit kering dan kusam, kamu juga harus tahu cara merawat wajah pria. Apalagi, pria tak bisa menggunakan bermacam kosmetik untuk menutupi kondisi kulitnya seperti halnya wanita.

Kini, pria yang melakukan perawatan wajah tak lagi dianggap kehilangan sisi maskulinitasnya. Bahkan banyak wanita lebih suka pria yang menjaga penampilannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat wajah pria yang benar agar bisa mendapatkan penampilan yang maksimal. Minimal kamu perlu mengetahui cara merawat wajah pria yang mendasar.

Membersihkan dan Melembapkan Wajah

Seperti wanita, pria juga perlu melakukan cara merawat wajah yang baik dan benar. Para pria juga perlu melakukan perawatan wajah dasar seperti membersihkan wajah dan melembapkan wajah. Setiap hari, kulit wajah sering terkena polusi, termasuk dari asap rokok. Selain itu, pria cenderung memiliki kulit lebih berminyak dan lebih tebal dari wanita.

Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan pembersih wajah yang baik dan efektif untuk semua jenis kulit. Hindari kebiasaan mencuci muka dengan sabun mandi karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi tambah kering. Aplikasikan pelembap setelah mencuci muka.

Menggunakan Tabir Surya

Hal lain yang pria cenderung abaikan adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Padahal penggunaan sunscreen sangat penting karena sinar matahari dapat merusak warna dan tekstur kulit. Sebagai cara merawat wajah pria yang benar, pastikan untuk selalu memakai sunscreen. Untuk menghindari rasa malas karena efek lengket dari tabir surya, pilih produk yang mudah meresap. Jangan lupa untuk memakai tabir surya dengan kadar SPF minimal 30.

Eksfoliasi Rutin

armoura
Sumber: Dokter Sehat

Cara merawat wajah pria selanjutnya dengan eksfoliasi rutin. Setelah melakukan rutinitas cuci muka, toning, dan moisturizing, sesekali luangkanlah waktu untuk melakukan eksfoliasi atau scrub wajah. Fungsi eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati serta membuang kotoran yang menyumbat kulit. Selain itu, dengan cara merawat wajah pria satu ini dengan rutin kamu bisa menghaluskan folikel kulit yang akan memudahkanmu saat bercukur.

Menambahkan Bahan Alami ke Dalam Perawatan Wajah

Cara merawat wajah pria selanjutnya dengan menambahkan bahan alami dalam perawatan rutin. Kamu bisa melengkapi cara merawat wajah pria dengan menggunakan bahan-bahan alami. Mulai dari jeruk yang kaya akan vitamin C hingga tomat yang mengandung vitamin E dan C yang baik untuk kulit, keduanya bisa kamu olah untuk dijadikan masker wajah agar kulit wajah jadi lebih sehat dan cerah.

Menjaga Area Mata dan Bibir

armoura
Sumber: Media Pria

Cara merawat wajah pria yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga area mata dan bibir. Kulit di sekitar mata, tidak memiliki keringat dan kelenjar minyak. Inillah yang membuatnya sangat rentan terhadap dehidrasi. Dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Untuk mencegah hal ini, oleskan krim mata sedikit saja untuk menghidrasi kulit di bawah mata setiap pagi dan sebelum tidur. Kebiasaan ini juga bisa mengurangi efek sembab pada mata.

Selain mata, perhatikan juga bibirmu. Pria juga perlu memperhatikan area bibirnya. Area bibir mudah sekali menghitam dan pecah-pecah sehingga membuatnya terlihat buruk. Untuk mengatasinya, gunakanlah lip balm agar kelembabannya terjaga.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain perawatan dari luar seperti yang telah dibahas sebelumnya, penting juga untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Kamu bisa kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan mulai banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Jangan lupa juga untuk perbanyak konsumsi air karena air dapat membantu memperlancar metabolisme yang berpengaruh pada kesehatan kulit juga.

Menjaga Kebersihan Jenggot

Tidak masalah jika pria ingin memelihara jenggot. Tapi, pastikan kebersihan jenggot terjaga sehingga tidak menimbulkan gatal. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan jenggot adalah membersihkannya dengan sabun pembersih wajah atau sampo. Tapi jangan berlebihan agar minyak alami pada jenggot tidak hilang.

Armoura
Gambar: shutterstock.com

Setelah mengetahui cara merawat wajah pria, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara merawat wajah wanita.

Makeup remover/ oil-based cleanser

Ketika kamu menggunakan makeup saat beraktivitas, kamu wajib menggunakan makeup remover sebelum tidur di malam hari. Makeup remover yang berbahan dasar oil atau minyak berfungsi membersihkan sisa makeup, juga menghilangkan sisa-sisa kotoran maupun debu yang menempel di wajah.

Water-based cleanser

Sabun cuci wajah dengan label water-based cleanser wajib digunakan oleh kamu yang ingin memiliki penampilan wajah yang bersih dan bersinar. Pastikan sabun cuci wajah yang kamu gunakan sesuai dengan kondisi kulit

Eksfoliasi

Sumber: Grid.id

Eksfoliasi berfungsi mengangkat sisa sel-sel kulit mati yang tertinggal. Sisa sel-sel kulit mati inilah yang membuat kulit tampak kusam serta menghambat penyerapan produk perawatan wajah yang akan kamu gunakan selanjutnya.

Kamu dapat menggunakan produk yang berbentuk scrub, juga yang mengandung AHA/BHA. Tindakan ini cukup dilakukan sebanyak 2–3 kali dalam seminggu.

Toner

Toner digunakan untuk menyegarkan juga memastikan bahwa kulit kamu benar-benar bersih dari debu. Dengan begitu, kulit kamu akan lebih siap untuk menyerap produk perawatan yang hendak digunakan selanjutnya.

Emulsion

Bahan dasar emulsion mirip seperti pelembap dan serum. Emulsion dapat digunakan sebelum mengaplikasikan serum atau sebelum mengaplikasikan pelembap di wajah kamu.

Serum

Armoura
Gambar: wilesmag.com

Serum yang biasa digunakan adalah serum vitamin C, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam dan mencegah keriput. Pastikan kamu menggunakannya secara rutin dan teratur, agar hasil yang didapat juga maksimal.

Masker wajah

Langkah selanjutnya adalah menggunakan masker wajah, maksimal 2–3 kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan masker yang mengandung ekstrak bengkuang atau lemon.

Krim mata

Tahapan ini tidak boleh dilewatkan. Pemberian krim mata berguna untuk mencerahkan dan mengencangkan area sekitar mata, menyamarkan kerutan halus, dan mengurangi kantung mata.

Pelembap

Armoura
Gambar: Istimwa

Pelembap atau moisturizer wajib digunakan secara rutin dan teratur, terutama jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif. Pelembap akan memberikan perlindungan terhadap kulit, sehingga menjadi lebih sehat.

Tabir surya

Selalu gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 ke mana pun kamu pergi. Hal ini bertujuan agar kulit memiliki perlindungan penuh terhadap dampak buruk yang bisa ditimbulkan sinar ultraviolet, seperti kekusaman, kering, dan kendur.

Setelah mengetahui rangkaian perawatan wajah untuk pria, wanita dan secara umum, Armoura akan melanjutkannya dengan cara merawat wajah sesuai jenis kulit. Ya, mengenal jenis kulit akan memudahkan kamu dalam merawat wajah. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat, jerawat semakin parah, kulit wajah menjadi sangat kering, dan munculnya berbagai masalah lain pada kulit wajah.

Perawatan Kulit Wajah Normal

Gambar: Istimewa

Perawatan jenis kulit wajah normal cenderung mudah. Kamu cukup menggunakan perawatan kulit wajah biasa atau diformulasikan secara khusus untuk kulit normal.

Gunakan sabun pembersih wajah dengan bahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah terlalu kasar. Kamu bisa membilas wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk berbahan lembut.

Perawatan Kulit Wajah Kering

Untuk merawat jenis kulit wajah kering, gunakan pembersih wajah dengan bahan yang mampu melembapkan kulit wajah, seperti emolien dan hindari produk yang mengandung alkohol atau pewangi.

Setelah wajah selesai dibersihkan, kamu bisa menggunakan pelembap agar kulit tidak mudah kering. Selain itu, hindari terlalu lama mandi dan mencuci muka dengan air hangat.

Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Ada beragam cara untuk merawat kulit wajah berminyak, salah satunya dengan mencuci muka secara rutin 2 kali sehari dengan sabun cuci muka yang mengandung gliserin.

Setelah selesai dibersihkan, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit lain, yaitu astringent atau toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan asam glikolat. Selain itu, pilihlah produk kosmetik dengan kandungan air dan berlabel noncomedogenic yang tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Kamu juga bisa menggunakan kertas minyak dan masker wajah khusus kulit berminyak untuk menghilangkan minyak berlebih yang menempel di wajah. Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker wajah, antara lain madu, lidah buaya, tomat, dan minyak jojoba.

Selain beberapa cara di atas, pemilik jenis kulit wajah berminyak juga sebaiknya menghindari makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan dengan kadar gula tinggi.

Perawatan Kulit Wajah Sensitif

Sumber: Tribunnews

Perawatan kulit wajah sensitif bisa dilakukan dengan mengetahui pemicu yang menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Gunakan sabun wajah berbahan lembut dan bilaslah dengan air hangat. Usahakan untuk tidak menggosok wajah terlalu kencang saat mencuci wajah.

Pemilik kulit wajah sensitif juga disarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam, dan pewangi karena bahan-bahan tersebut mudah menyebabkan iritasi wajah.

Kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol, dan gandum.

Perawatan Kulit Wajah Kombinasi

Cara terbaik untuk merawat kulit wajah kombinasi dengan menggunakan produk pembersih dan pelembap yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah kombinasi. Produk ini mampu mengurangi kadar minyak di daerah zona T sekaligus melembapkan area pipi.

Bersihkan wajah 2 kali sehari secara rutin. Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung alkohol, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Jika cara ini kurang efektif, kamu bisa mencoba menggunakan produk pembersih untuk kulit wajah kering di area pipi dan produk khusus kulit berminyak untuk zona T.

Apa pun jenis kulit wajah kamu, tetap gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Jangan lupa juga untuk membersihkan kulit wajah dari make up sebelum kamu tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top