Cara Merawat Wajah Pria yang Berminyak, Ketahui Jenis Pembersihnya

Gambar: Detik

Banyak pria yang malas melakukan perawatan kulit karena dianggap merupakan kegiatan ‘perempuan’. Padahal cara merawat wajah juga tak kalah penting untuk dilakukan para pria. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.

Seperti yang sudah banyak diketahui, kulit berminyak bisa sangat mengganggu penampilan. Efek mengkilap pada wajah bisa membuat kulit tampak lebih kusam, mudah kotor, dan berjerawat. Tentu kamu tak ingin mengalaminya bukan?

Untuk itu, pria dengan kulit berminyak bisa melakukan perawatan kulit yang mudah. Mulai dari mencuci wajah dan memakai pelembap. Dua hal ini menjadi rutinitas perawatan yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa merawat wajah berminyak bagi pria. Berikut ulasannya.

Rutin Membersihkan Wajah

Sumber: naukrinama.com

Meski kulit pria dan perempuan cenderung berbeda, tetapi membersihkan wajah sama pentingnya untuk dilakukan oleh keduanya. Sebab membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari tidak hanya akan mengangkat kotoran tetapi juga bisa mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Oleh karena itu, selalu sempatkan diri setiap pagi dan malam mencuci wajah menggunakan gentle cleanser khusus untuk kulit berminyak. Selain itu, hindari menggosok wajah terlalu kasar atau terburu-buru saat mencuci wajah karena bisa menyebabkan iritasi. Usahakan juga untuk tidak mencuci wajah lebih dari 2 menit agar kulit tidak jadi kering setelahnya.

Menggnakan Pelembap yang Tepat untuk Kulit Berminyak

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak pada pria dengan memilih pelembap yang tepat. Selain memperhatikan label khusus untuk kulit berminyak, pastikan juga untuk mengecek tekstur dan detail produk. Jangan memilih pelembap dengan tekstur creamy dan thick karena bisa membuat wajah jadi lebih berminyak setelah pemakaian.

Usahakan untuk selalu membeli pelembap dengan tekstur ringan dan sedikit encer agar lebih cepat meresap dan tidak lengket. Lebih dari itu, gunakan pelembap ketika kulit masih terasa lembap setelah mencuci wajah atau mandi. Sebab kulit yang masih sedikit basah setelah cuci wajah membantu pelembap jadi lebih cepat meresap.

Mengeringkan Wajah dengan Lembut

armoura
Sumber: Media Pria

Kebanyakan pria cenderung tidak peduli dengan detail perawatan kulit. Sebab mereka kerap menginginkan sesuatu yang praktis dan cepat. Oleh karena itu banyak pria yang sembarangan dalam memperlakukan kulitnya sendiri.

Padahal ada beberapa kebiasaan yang justru bisa membuat kulit semakin berminyak dan mengalami masalah. Salah satunya adalah saat mengeringkan wajah. Menurut Joshua Zeichner, ahli dermatologi dari New York, kita harus tahu perbedaan menggosok dan menepukkan handuk ke wajah. Menggosok wajah dengan handuk setelah cuci muka juga tidak disarankan. Untuk melakukannya dengan tepat, Anda bisa perlahan-lahan menepuk wajah dengan handuk. Cara ini akan membuat wajah Anda masih dalam keadaan lembap ketika menggunakan skin care setelahnya.

Jangan Takut Mencoba Produk Skincare

Selain malu, pria biasanya malas pakai skin care karena tidak tahu pasti tentang manfaat atau dampaknya pada kulit. Hal ini juga yang membuat mereka jadi sering mengabaikan perawatan kulit. Padahal jika tidak dirawat, kulit berminyak bisa membuat wajah tampak kusam dan mudah berjerawat.

Untuk itu, pria juga harus rajin membaca seputar skin care. Paling tidak mereka harus tahu produk perawatan kulit yang paling mendasar. Misalnya membersihkan wajah dengan gentle cleanser dan memakai pelembap bertekstur ringan. Jika ragu dan tak mau ribet, kamu bisa meminta saudara perempuan, pasangan, sahabat atau bahkan ibu untuk membeli produk-produk skin care khusus pria dengan kulit berminyak.

Cara Memilih Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak

Foto: freepik.com

Membersihkan wajah dengan sabun pembersih merupakan hal yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan oleh para pria, baik pada pagi dan malam hari setelah beraktivitas. Nah, agar hasil membersihkan wajah dapat maksimal, pastikan kamu menggunakan produk pembersih wajah pria sesuai jenis kulit. Masih bingung menentukan mana produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit wajah kamu? Berikut cara memilih produk pembersih wajah pria sesuai jenis kulit seperti berminyak.

Kulit wajah berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum berlebih yang berasal dari kelenjar minyak. Kamu mungkin akan mengenali kulit wajah berminyak melalui produksi kelenjar minyak yang berlebih pada area T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Kamu bisa memilih produk pembersih wajah pria berjenis facial foam (yang dapat menimbulkan busa). Jenis sabun pembersih wajah pria ini cenderung ringan serta tidak dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top