Efek Samping Collagen Bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Asal Pilih Suplemen

Armoura

Pengertian Collagen atau kolagen

Merupakan jenis protein terbesar pada tubuh yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Kolagen membentuk sepertiga protein pada tubuh manusia. Banyak tersebar di tubuh, kolagen adalah salah satu zat pembangun utama tulang, kulit, tendon, dan ligamen. Kolagen juga terdapat di bagian tubuh lain, termasuk pembuluh darah, kornea, dan gigi.

Collagen merupakan protein alami dalam tubuh yang jumlahnya melimpah dan terdapat di dalam kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah Collagen dalam tubuh dapat berkurang. Fungsi Collagen bagi tubuh yaitu menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit, menggantikan sel-sel kulit mati, serta mencegah pengeroposan tulang. Produk diet terbaik, disini. 

Namun, pemakain Collagen juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini yang membuat kamu perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum kamu minum suplemen Collagen. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, bahaya Collagen bagi kesehatan tubuh, jangan asal pilih suplemen, Senin (4/5/2020).

  1. Reaksi hipersensitivitas

Reaksi hipersensitivitas dapat terjadi sebagai efek samping dari penggunaan suplemen Collagen. Dilansir dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases, reaksi hipersensitivitas terjadi sebagai respon tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen seperti makanan, obat-obatan, dan suplemen. Produk diet terbaik, disini. 

Suplemen Collagen yang berasal dari ikan kerang dan sumber laut lainnya dapat menyebabkan reaksi alergi. Suplemen Collagen lain yang berasal dari telur dan turunannya juga bisa menyebabkan sensitivitas makanan.

  1. Tingkat kalsium tinggi

Kadar kalsium tinggi atau hiperkalsemia kemungkinan dapat terjadi karena efek samping dari suplemen Collagen. Tablet Collagen yang berasal dari sumber laut, seperti tulang rawan ikan hiu, mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, yang secara signifikan dapat meningkatkan kadar kalsium orang yang mengonsumsi suplemen ini. Produk diet terbaik, disini. 

Kadar normal kalsium dalam tubuh berkisar antara 8,5 sampai 10,2 mg/dl, jika lebih tinggi dari 10.2mg/dl dianggap hiperkalsemia. Terlalu banyak kalsium dalam tubuh menyebabkan konstipasi, nyeri tulang, kelelahan, mual, muntah dan irama jantung yang tidak normal.

  1. Komplikasi

Sebenarnya reaksi komplikasi ini terbilang cukup jarang dijumpai. Akan tetapi jika kamu asal mengonsumsi suplemen Collagen, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami komplikasi seperti nyeri otot, tubuh terasa lemah, sembelit, nyeri sendi hingga detak jantung tidak normal. Produk diet terbaik, disini. 

  1. Alergi

Reaksi alergi bisa dialami oleh mereka yang memang memiliki alergi terhadap Collagen. Reaksi ini biasanya meliputi mual, muntah dan muncul ruam kulit. Menurunnya tekanan darah, kesulitan bernafas dan bisul juga menjadi pertanda lain kamu mengalami reaksi alergi terhadap Collagen.

  1. Mengganggu Kepekaan Lidah

Ini terjadi jika kamu mengonsumsi suplemen Collagen berbentuk tablet. Produk seperti ini bisa meninggalkan rasa tidak enak pada mulut. Dan jika dikonsumsi untuk waktu yang cukup panjang, hal ini akan memicu pembentukan lapisan yang mengganggu kepekaan lidah.Produk diet terbaik, disini. 

  1. Bau mulut

Suplemen Collagen yang terbuat dari sumber laut biasanya meninggalkan rasa dan bau tidak sedap pada mulut orang yang mengonsumsinya. Minum jus buah bersama dengan suplemen Collagen dapat mengurangi bau tidak sedap di mulut.

Kosultasi terlebih dahulu kepada dokter

Berbagai risiko tersebut bisa dialami oleh mereka yang mengonsumsi suplemen Collagen. Untuk menghindari dampak terburuk, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Kalaupun sudah mengonsumsinya, perhatikan juga dosisnya.

Pilih suplemen Collagen yang memang telah teruji. Dengan produk yang telah teruji, risiko tersebut akan semakin kecil. Di sinilah peran minuman kolagen dalam membantu menjaga kecantikan tanpa meninggalkan berbagai efek samping berbahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top