Ini 5 Penyebab Jerawat Saat Di Rumah, Sering Diabaikan

Armoura
Armoura
Gambar: Hellosehat

Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa muda. Gejala mulai dari komedo kepala hitam hingga jerawat nanah atau benjolan besar, kemerahan, dan lembut. Penanganan berupa krim dan pembersih yang dijual bebas, serta resep antibiotik.

Kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati menjadi penyebab kulit berjerawat.  Selain itu, kebiasan-kebiasaan serta kegiatan tidak baik yang dilakukan saat di rumah menjadi penyebeb jerawat.

Ya. Tidak banyak yang tau bahwa kegiatan dan kebiasaan jelek saat dirumah seperti makan makanan sembarangan bisa menyebabkan  jerawat. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, Ini 5 penyebab jerawat saat di rumah yang sering diabaikan, Sabtu (23/5/2020).

1. Makanan yang asin

Sebagian besar orang mungkin membeli makanan manis dan makanan ringan asin untuk menghibur diri saat di rumah. Namun, terkadang kamu sering lupa diri untuk memilah makanan yang sehat bagi kesehatan kulit sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, jika kamu melakukan diet yang buruk, hal ini juga dapat mempengaruhi kulit secara negatif. Tubuh memecah makanan menjadi partikel kecil protein, lemak, dan karbohidrat. Kemudian menyebarkan ke organ-organ yang membutuhkannya.

Minum banyak air akan menggantikan kelembapan yang hilang melalui keringat. Hal itu bisa menjaga kulit tetap terhidrasi.  Makanan yang kaya minyak sehat dan asam lemak omega-3 juga bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit. Ini membuat kulit lebih halus, kenyal, dan akan mencegah penuaan dini. Minyak dan lemak bisa ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan banyak lagi makanan yang biasa ditemukan.

2. Stress

Kita juga mengetahui jika stres yang kronis dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang kuat, karena di saat stres adrenalin melepas kortisol dan menyebabkan imunitas tubuh juga menurun, Hal ini tentu menjadikan tubuh mudah terserang bakteri dan menimbulkan jerawat pada kulit. Untuk mencegah jerawat yang berasal dari tingkat stres yang tinggi, kamu harus menenangkan diri. Sangat direkomendasikan lakukan aktivitas yang memungkinkan kamu untuk beristirahat dan melepas lelah, seperti yoga.

 

  • 3. Jarang Olahraga

 

Jarang olahraga juga kerap menjadi penyebab jerawat yang kerap dialami oleh sebagian orang. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih suka malas-malasan berolahraga saat di rumah, jangan heran kalau tiba-tiba kamu memilki jerawat. Namun, jika kamu benci berolahraga, jangan khawatir, penangkal tingkat kortisol tinggi tidak harus bersifat fisik.

Tertawa, tidur nyenyak di malam hari, atau melatih hobi favorit adalah pilihan efektif. Berendam di bak mandi dan melakukan masker wajah dapat membantu kamu merasa lebih bisa mengendalikan kulit tetap bersih dan terawat dengan baik. Cara ini dapat menyebabkan penurunan produksi minyak dan jerawat.

4. Kurang Vitamin D

Kurang mendapatkan vitamin D juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan penyebab jerawat saat di rumah. Hal ini biasa dilakukan oleh mereka yang malas untuk bergerak di pagi hari. Salah satu sumber vitamin D yang biasa didapatkan oleh orang-orang ialah sinar matahari. Matahari merupakan sumber daya alam yang bagus untuk memperbaiki kulit. Tetapi pastikan juga melindungi diri dengan perlindungan sinar matahari sebelum pergi. Kamu juga  harus mengenakan SPF, setidaknya SPF 30, di wajah setiap kali akan meninggalkan rumah atau berada di depan jendela untuk waktu yang lama.

5. Menggunakan telepon seluler yang kotor

Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka kotoran beserta bakteri yang sudah berkembang biak dapat kembali ke wajah. Jangan malas membersihkan layar ponsel dan disarankan menggunakan ear phone saat menelepon untuk menghindari jerawat muncul.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top