Ini Alasan Stress Bisa Menyebabkan Jerawat, Kenali Ciri-cirinya

Armoura
Gambar: Pixabay

Ada berbagai macam faktor penyebab jerawat muncul. Di usia remaja, hormon kerap dikambing hitamkan sebagai penyebab munculnya jerawat. Namun, di usia dewasa, apakah hormon masih menjadi penyebab utama munculnya jerawat?

Pada beberapa kasus bisa saja iya, terutama ketika haid sedang datang. Tetapi enggak selamanya jerawat muncul hanya saat haid saja. Ada penyebab jerawat lainnya, seperti stress. Ya, stress lebih banyak menjadi pemicu kemunculan jerawat, terutama di usia 25-40 tahun. Produk penghilang jerawat terbaik disini. 

Berikut penjelasan mengenai munculnya jerawat yang diakibatkan oleh stress. Anda bisa mengenali ciri-ciri jerawat yang diakibatkan oleh stress. Selain itu, Anda bisa melakukan tindakan penyembuhan untuk meredakan jerawat akibat stress. Berikut ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Mengenal tentang Stress

Gambar: Pixabay

Istilah stress digunakan untuk menggambarkan reaksi cemas dan/atau panic terhadap suatu pengalaman. Stress bisa juga dikatakan sebagai tekanan psikologi dan emosi.Produk penghilang jerawat terbaik disini. 

Namun, pada kebanyakan kasus, penyebab stress berbeda pada masing-masing orang. Misalnya saja saat di perjalanan, seseorang dapat bersantai ketika menyetir. Namun orang lain dapat merasa stress akibat kemacetan yang dirasakannya.

Contoh lainnya, kehilangan orang tersayang, kehilangan pekerjaan, dan masalah finansial merupakan penyebab utama stress di banyak Negara. Kejadian yang dianggap menyenangkan juga dapat menyebabkan stress, seperti kelahiran atau pernikahan.

Penyebab Stress Dapat Memengaruhi Tubuh

Gambar: hellosehat

Ketika Anda sedang stress, detak jantung meningkat, otot mengencang, dan bernapas Anda lebih cepat. Hal ini dikarenakan tubuh Anda sedang melepas hormon stress seperti cortisol, epinephrine, dan adrenalin. Produk penghilang jerawat terbaik disini. 

Bagaimana Stress Bisa Menyebabkan Munculnya Jerawat?

Gambar:Pixabay

Selain disebabkan oleh berbagai faktor eksternal seperti malas membersihkan wajah atau make up yang membuat kulit menjadi alergi, jerawat juga bisa muncul akibat stress. Selain jerawat, ada masalah kecantikan lainnya yang kerap muncul akibat stress seperti rambut rontok, kuku rapuh, hingga jerawat.

Munculnya jerawat akibat stress pun dibuktikan oleh ilmuwan. Hal ini dikarenakan sel-sel kulit memiliki reseptor atas hormon stress. Reseptor tersebut akan bereaksi saat terbentuknya sebum. Produk penghilang jerawat terbaik disini. 

Sebum adalah substansi yang merupakan kumpulan bakteri yang menutup pori, sel kulit mati, serta komedo. Sebum dan minyak di kulit akan diproduksi lebih banyak ketika seseorang dalam masa stress. Inilah yang menjadi sebab jerawat semakin banyak muncul di kulit.

Untuk mencegah jerawat muncul, Anda disarankan untuk mengatur stress dan menjaga kebersihan kulit setiap hari agar jerawat tidak muncul.

Ciri-ciri Jerawat yang Disebabkan oleh Stress:

  • Muncul di saat Anda tidak sedang menstruasi
  • Lebih cepat memerah dan berkembang banyak jumlahnya
  • Ada rasa gatal di dalamnya dan sulit disembuhkan hanya dengan obat jerawat
  • Muncul dalam waktu yang sangat singkat, semisal setelah Anda begadang atau kurang tidur atau sedang memiliki masalah.

Cara Mengatasi Jerawat yang Diakibatkan oleh Stress

Melansir dari Fimela, saran Dr. Meera untuk mengatasi jerawat bandel akibat stress adalah:

  1. Menggunakan facial foam anti jerawat yang tidak memiliki kandungan sabun tinggi sehingga tidak membuat kulit semakin kering dan sensitif. Ketika kondisi kulit terlalu kering, jerawat akan lebih mudah menyebar dan berkembang.
  2. Gunakan kosmetik atau facial foam dengan bahan salicylic acid sehingga jerawat cepat kering dan bakeri penyebab jerawat tidak berkembang biak.
  3. Gunakan peeling yang mengandung alpa-hydroxy acid agar dapat membantu menyembuhkan bekas-bekas jerawat dengan efektif.
  4. Menghindari sabun jerawat yang mengandung scrub karena akan membuat jerawat semakin parah.
  5. Menghentikan pemakaian pil KB dan konsultasikan dengan dokter apabila muncul efek samping yang mengganggu.
  6. Mengganti produk kosmetik Anda dengan produk kosmetik anti jerawat.
  7. Tidur cukup dan hindari begadang atau tidur terlalu larut malam.
  8. Konsumsi buah-buahan, sayuran serta air mineral yang cukup untuk tubuh.
  9. Pastikan untuk workout setiap hari seperti jalan kaki, jogging, yoga, atau olahraga lainnya yang dapat membantu meredakan stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top