Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya, Penting Diketahui

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Jerawat merupakan sebuah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

Untuk bagian wajah yang kerap kali mengalami gangguan kulit jerawat ialah dagu. Jerawat di dagu seringkali muncul secara tiba-tiba. Hal ini berpotensi mengganggu penampilan karena letak jerawatnya yang dapat dengan jelas terlihat.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, ini penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya, penting diketahui, Jumat (15/5/2020).

Penyebab jerawat di dagu:

Armoura
Gambar: Istimewa

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon selama masa pubertas atau menstruasi dapat menyebabkan munculnya jerawat pada dagu kamu. Ketika hormon androgen meningkat, maka sebum (minyak alami kulit) juga akan mengalami peningkatan.

Hal ini bisa menyumbat pori-pori di dagu dan membuat timbulnya jerawat. Peningkatan produksi androgen juga dapat disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS). Jerawat di dagu pun dapat datang dan pergi kapan saja mengikuti terjadinya perubahan hormon. Namun, hal ini biasanya tidaklah berbahaya.

2. Kurang menjaga kebersihan wajah

Apakah Kamu tipe orang yang jarang membersihkan wajah? Jika iya, Kamu harus berhati-hati. Ketika kebersihan kulit wajah tidak terjaga dengan baik, maka pori-pori di dagu dapat tersumbat oleh minyak, kotoran, sel-sel kulit mati dan bakteri yang menempel. Pori-pori pun akan meradang dan menyebabkan terbentuknya jerawat di dagu.

3. Rambut tumbuh ke dalam

Pria yang memiliki kebiasaan sering mencukur jenggot lebih berisiko mengalami rambut di sekitar dagunya tumbuh ke dalam kulit. Namun, hal ini juga dapat terjadi pada wanita. Ketika ini terjadi, rambut yang tumbuh ke dalam tersebut bisa memicu peradangan hingga menimbulkan benjolan yang menyerupai jerawat.

Cara mengatasi jerawat di dagu:

Armoura
Gambar: Istimewa

1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya. Membuat tubuh terhidrasi dengan baik agar membuat kulit menjadi lebih sehat dan kamu bisa terhindar dari munculnya jerawat.

2. Rutin Berolahraga

Olahraga yang kamu lakukan secara rutin dapat membuat aliran darah pada tubuh dan wajah mengalir dengan baik. Kondisi ini membantu kamu untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan pada kulit khususnya pada wajah.

3. Hindari Stres

Ketika kamu mengalami tingkat stres yang cukup tinggi, nyatanya hormon glukokortikoid dalam tubuh juga meningkat. Peningkatan hormon glukokortikoid mengganggu kesehatan kulit yang meningkatkan munculnya jerawat pada wajah.

4. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin menghindarkan dari munculnya jerawat. Namun sebelum membersihkan wajah, sebaiknya cuci tangan agar kotoran atau bakteri tidak berpindah. Itulah kebiasaan yang bisa dilakukan agar terhindar dari jerawat di dagu. Selain itu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi agar tidak merangsang sebum berlebih pada wajah kamu.

5. Hindari menggunakan produk kecantikan yang keras

Jangan memakai pembersih, scrub, pelembap ataupun produk kecantikan wajah lain yang keras. Sebab, terlalu banyak menggunakan produk tersebut pada wajah, termasuk dagu, dapat menyebabkan jerawat semakin memburuk. Contoh produk yang terlalu keras seperti salicylic acid dan retinol dalam dosis besar, melakukan scrubbing dapat memperburuk jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top