Ini Penyebab Jerawat di Rahang dan Cara Mengobatinya, Jangan Disepelekan

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Jerawat yang timbul pada wajah dapat mengganggu emosi orang yang mengalaminya. Apalagi kalau jerawatnya membandel walau perawatan kulit sudah dilakukan secara teratur.  Letak kehadiran jerawat bisa di pipi, dahi, dada, punggung, atau di puncak hidung yang sakitnya bukan main.

Jerawat dapat muncul di mana saja, termasuk di rahang. Jerawat di rahang tentunya mengganggu penampilan, sama seperti jerawat yang muncul di berbagai area tubuh. Jerawat yang umumnya muncul di area dagu atau rahang adalah jerawat sedang hingga cystic, sehingga lebih sulit untuk diatasi.

Nah, meskipun jerawat dapat terjadi di mana saja, apabila jerawat muncul di area dagu atau rahang, hal yang menjadi kemungkinan penyebab utamanya adalah hormon. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, ini penyebab jerawat di rahang dan cara mengobatinya, jangan disepelekan, Sabtu (23/5/2020).

Penyebeb Jerawat di Rahang :

Armoura
Gambar: Istimewa

Produk kecantikan

Produk kecantikan seperti pelembap, make up, ataupun produk perawatan rambut yang mengandung minyak cenderung menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Perlengkapan olahraga

Mengenakan perlengkapan olahraga seperti helm yang memiliki ikatan di dagu atau bantalan bahu yang dekat dengan wajah, bisa menyebabkan jerawat di rahang. Sebab, perlengkapan olahraga ini bisa mengundang keringat berkumpul di area rahang.

Alat musik

Jangan salah, alat musik yang membutuhkan topangan dagu dan rahang (seperti biola), bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Hasilnya, jerawat di rahang pun datang.

Bercukur

Mencukur bulu halus di bagian rahang juga bisa menyebabkan kulit teriritasi. Apalagi kalau pisau cukurnya kotor dan tak terawat. Tentunya, hal ini akan mengundang jerawat.

Efek samping obat

Beberapa obat, termasuk obat steroid, obat depresi, ataupun obat gangguan bipolar, bisa menimbulkan efek samping seperti jerawat.

Peningkatan hormon

Selain itu, ada beberapa studi yang menyebutkan bahwa wanita lebih berisiko terhadap jerawat, karena mengalami peningkatan kadar hormon (biasanya sebelum menstruasi). Jadi, wanita mungkin harus lebih berhati-hati lagi dengan beberapa penyebab jerawat di rahang itu. Selain itu, jerawat di rahang pada wanita juga bisa disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik, (PCOS) yaitu suatu kondisi yang membuat wanita memproduksi hormon pria berlebih dan munculnya kista di ovarium (indung telur).

Cara mengobati jerawat di Rahang:

Armoura
Gambar: Istimewa

Mengurangi asupan produk olahan susu

Untuk mengetahui apakah konsumsi produk olahan susu menjadi penyebab timbulnya jerawat pada area dagu atau rahang, kamu bisa menyetop konsumsi produk olahan susu selama 2-3 minggu untuk melihat adanya perubahan atau tidak.

Hindari perpindahan bakteri ke area dagu atau rahang

Jangan menyentuh-nyentuh area dagu atau rahang dengan tangan, apalagi jika kamu tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelumnya. Berhati-hati juga saat mengenakan helm atau pakaian dengan kerah tinggi yang menyentuh area tersebut.

Lebih baik, gunakan masker saat berkendara dengan motor agar wajah kamu tidak bersentuhan secara langsung dengan helm, ya. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan ponsel atau headset yang kerap menempel pada wajah secara berkala.

Obati area yang bermasalah saja

Saat mengatasi jerawat di area dagu atau rahang, maupun area spesifik lainnya, pastikan agar Kamu hanya menggunakan obat jerawat pada area yang bermasalah. Meskipun sekilas cara mencegah dan mengatasi jerawat di area dagu atau rahang tampak sama sebagaimana dengan jerawat lainnya, ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan saat berurusan dengan jerawat yang disebabkan oleh hormon.

Krim antijerawat

Biasanya, krim antijerawat yang diresepkan dokter mengandung lebih banyak benzoil peroksida dan retinoid. Jika sudah mendapatkan resep dan izin dokter, Kamu bisa langsung membeli dan menggunakan obat ini dengan mengoleskannya ke titik-titik jerawat di rahang.

Antibiotik

Antibiotik juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Namun, biasanya Kamu harus mengonsumsi antibiotik dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, sambil terus mengoleskan krim antijerawat yang sudah diresepkan dokter.

Isotretinoin

Isotretinoin dipercaya sebagai obat jerawat pada kasus yang parah. Namun, efek sampingnya cukup mengerikan, yakni berupa kelainan pada bayi, hingga depresi. Minumlah isotretinoin atas pengawasan dan izin dokter.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top