Ini Tips Pintar Memilih Kosmetik yang Aman untuk Kulit, Jangan Mudah Tertipu

Gambar: Pixabay

Jika Anda sering menggunakan kosmetik, Anda mungkin ingin tahu bukan hanya tips pemakaiannya, tapi juga kandungan dan proses produksinya. Sebab, kandungan kosmetik tentu akan berpengaruh pada kesehatan wajah, bahkan tubuh.

Oleh karena itu, pastikan semua kandungan dari kosmetik yang Anda miliki merupakan bahan-bahan yang sudah terdaftar resmi dan aman. Berikut adalah beberapa kandungan yang perlu diperhatikan dalam memilih kosmetik.

Saking menjamurnya produk kosmetik di Indonesia, hal ini memicu peredaran kosmetik ilegal dan palsu yang dapat membahayakan kesehatan. Kian maraknya kasus kosmetik palsu di masyarakat mengharuskan Anda untuk lebih jeli saat memilih dan membeli kosmetik.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, ini tips pintar memilih kosmetik yang aman untuk kulit, jangan mudah tertipu.

Periksa kemasan

Armoura
Sumber : facetofeet.com

Sebelum membeli kosmetik, sebaiknya Anda terlebih dulu memeriksa kemasan kosmetik tersebut. Pastikan tidak ada kemasan yang rusak. Selain itu pastikan juga wadah dan penampilan fisik kosmetik masih baik, dengan isi kemasan yang baik juga. Hal tersebut untuk menghindari produk kosmetik palsu dan tidak layak pakai.

Periksa label

Setiap kosmetik juga sebaiknya memiliki label yang berisi informasi nama produk, kode produksi, nomor registrasi BPOM, nama produsen, berat bersih, komposisi, dan tanggal kadaluarsa. Dengan memeriksa labelnya, Anda dapat mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam kosmetik tersebut.

Bahan yang aman

Bacalah komposisi yang terdapat pada label kosmetik dengan seksama. Pastikan kosmetik yang hendak Anda pilih, mengandung bahan-bahan yang aman bagi kulit. Sebelum itu, ketahui dulu jenis kulit Anda dan produk apa yang cocok untuk Anda gunakan. Jangan sampai Anda salah memilih kosmetik yang justru dapat membahayakan kesehatan kulit Anda.

Ketahui kegunaan dan cara pakai

Armoura
Gambar: pixabay

Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari penggunaan kosmetik secara berlebihan dan hanya karena pengaruh tren atau iklan. Baca terlebih dahulu kegunaan dan cara pakai kosmetik, yang terdapat pada labelnya. Penggunaan yang tepat dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Patuhi tanggal kadaluarsa

Perhatikan dengan seksama tanggal kadaluarsa kosmetik. Jangan sekali-kali membeli kosmetik yang sudah kadaluarsa atau tidak ada tanggal kadaluarsa pada labelnya. Kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat membahayakan kulit Anda.

Beli di toko kosmetik yang terpercaya

Armoura
Gambar: pixabay

Agar mendapatkan produk kosmetik yang aman, pastikan Anda membelinya di toko yang terpercaya. Selain toko konvensional, kini sudah banyak toko online yang juga menjual kosmetik kesayangan Anda. Akan tetapi, pastikan bahwa toko tersebut benar-benar terpercaya dan menjual produk kosmetik yang asli.

Jika Anda membeli kosmetik secara langsung di toko, perhatikan lagi kemasan, tekstur, aroma, dan warna kemasan secara detil. Selanjutnya, bandingkan dengan kosmetik asli yang Anda punya. Bila Anda menemukan bentuk kemasan yang tidak meyakinkan, tekstur produk yang tidak biasa, aroma menyengat, atau warna kemasan yang cenderung pekat atau lebih pudar, maka Anda patut mewaspadainya. Sebab bisa jadi produk tersebut palsu.

Perhatikan reaksi setelah memakai kosmetik

Bagi Anda yang sudah sering membeli kosmetik tentu sudah handal dalam mencoba tester kosmetik. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian punggung tangan untuk melihat tekstur dan warna, apakah cocok dengan yang Anda cari atau tidak.

Jangan salah, cara ini tidak hanya sekadar mencocokkan produk kosmetik dengan keinginan Anda, lho. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara memilih produk kosmetik yang aman. Setelah mengoleskan segaris kosmetik di punggung tangan, coba lihat tekstur, warna, dan aromanya.

Mudahnya, kosmetik yang aman tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi. Sebaliknya, kosmetik palsu dapat menimbulkan gejala berupa ruam merah, kulit gatal dan bengkak, hingga sakit kepala, mirip dengan gejala alergi kosmetik. Meski demikian, hal ini biasanya lebih jelas terlihat setelah beberapa kali pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top