Jenis Makanan Sehat untuk Cegah Jerawat Muncul, Penuh Nutrisi

Armoura
Armoura
Gambar: Pixabay

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat secara keseluruhan. Mengonsumsi makanan sehat dapat mencegah munculnya masalah kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang sering muncul pada kulit adalah jerawat. Tak bisa dipungkiri, masalah kulit satu ini pernah dirasakan oleh hampir semua orang. Sebelum jerawat muncul, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Melansir dari Klikdokter, saran diet terbaik untuk mencegah maupun mengatasi jerawat dengan diet seimbang yang kaya akan buah-buahan dan sayuran segar, sumber protein yang sehat, dan gandum utuh. Berikut beberapa makanan sehat untuk mencegah jerawat muncul yang bisa Anda coba.

Makanan Rendah Gula

armoura
Gambar: Pixabay

Makanan sehat untuk cegah jerawat muncul adalah yang rendah gula. Mengonsumsi makanan rendah gula atau sumber makanan karbohidrat kompleks dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya jerawat. Ada beberapa contoh makanan sehat rendah gula seperti gandum utuh atau whole wheat, legume, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Makanan Mengandung Zink

Armoura
Gambar: Pixabay

Makanan sehat untuk cegah munculnya jerawat selanjutnya yang mengandung zink. Studi menyatakan bahwa konsumsi makanan kaya akan zink dapat berguna untuk mencegah dan menangani jerawat. Jenis mineral ini juga bermanfaat untuk mengurangi inflamasi atau peradangan.

Makanan sehat yang mengandung zink seperti biji labu, kacang mete, daging sapi, daging kalkun, quinoa, dan makanan laut seperti kepiting. Peneliti menemukan bahwa kadar zink yang rendah berkaitan dengan kasus jerawat yang lebih berat.

Mereka menyarankan untuk meningkatkan konsumsi zink sebanyak 40 mg per hari untuk mengatasi kasus jerawat yang berat. Studi ini juga menyarankan konsumsi jumlah zink yang sama, bahkan untuk orang tanpa jerawat.

Makanan Mengandung Vitamin A dan E

Armoura
Gambar: Pixabay

Pada sebuah studi yang diterbitkan oleh Jurnal Toksikologi Kutan dan Okular, penelitinya menemukan bahwa kadar vitamin A dan E yang rendah berkatan dengan kasus jerawat yang berat. Bagi Anda yang berjerawat, para ahli menyarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan E untuk mengurangi keparahannya.

Anda dapat mendapatkan makanan dengan vitamin E seperti almon, kuaci, bayam, hazelnut, alpukat, dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, jeruk, dan lain sebagainya.

Makanan Mengandung Antioksidan dan Asam Lemak Omega-3

Armoura
Gambar: Pixabay

Makanan sehat untuk cegah jerawat selanjutnya yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3. Omega-3 merupakan jenis lemak yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan tertentu seperti ikan dan telur.

Sedangkan antioksidan merupakan bahan kimia yang menetralkan toksin yang merusak tubuh. Secara bersamaan, omega-3 dan antioksidan diketahui mengurangi inflamasi. Banyak studi secara luas mendukung hubungan antara peningkatan konsumsi omega-3 dan antioksidan dan penurunan jerawat.

Studi yang diterbitkan oleh Lipid in Health and Disease menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen omega-3 dan antioksidan setiap hari, dapat mengurangi jerawat dan meningkatkan kesehatan mental.

Ada beberapa makanan yang ramah kulit meliputi;

  • buah-buahan dan sayur-sayuran kuning dan oranye seperti wortel, apricot, dan ubi
  • bayam dan sayur-sayuran hijau tua lainnya
  • tomat
  • blueberry
  • roti gandum utuh
  • beras merah
  • biji labu
  • kacang-kacangan
  • ikan salmon, makarel, dan jenis ikan berlemak lainnya

Selain mengonsumsi makanan sehat penuh nutrisi untuk memerangi dan mencegah jerawat, Anda juga perlu mengetahui bahwa kondisi tubuh seseorang bisa berbeda-beda. Untuk itu, penting untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Anda bisa mencatat jika setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, Anda cenderung berjerawat. Dengan begitu, Anda bisa menghentikan konsumsinya untuk melihat apakah jerawat tetap muncul atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top