Keindahan Buah Plum dan Khasiatnya yang Perlu Kamu Ketahui

Buah ini termasuk buah impor dari luar negeri yang jarang dikonsumsi dan tidak ditemukan di Indonesia. Dibalik keindahan buah plum dan khasiatnya yang berwarna merah gelap ini memiliki berbagai manfaat dengan kandungan vitamin A, zat besi, vitamin C, vitamin K, vitamin B, kalium, serat, mineral, fenol hingga beberapa kandungan lainnya. Berikut keindahan buah plum dan khasiat yang tersembunyi dari buah ini.

I. Manfaat dalam Kecantikan

Sumber Foto: unsplash.com

Kecantikan bagi wanita merupakan ikon yang menjadikan kondisi tubuhnya, mulai dari wajah, kulit, bentuk tubuh, hingga lainnya. Wanita mana yang tidak ingin cantik, jika kamu salah satunya yang masih bermasalah dengan kulit wajah coba untuk mengonsumsi buah plum yang ampuh terbukti membuat kamu menjadi cantik secara alami.

1. Menjaga Elastisitas Kulit

Vitamin E yang dimiliki oleh buah ini memang tidak diragukan lagi, karena vitamin E ini sangat berperan penting untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jumlah Vitamin E juga sangat banyak dalam buah ini dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Bila kamu konsumsi buah ini maka kulit akan menjadi lebih halus serta elastis.

2. Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas memang diakui sebagai musuh utama untuk kecantikan. Radikal bebas ditemukan dimana saja dari polusi udara, bahkan jenis makanan yang tidak sehat dan gaya hidup. Salah satu akibat dari radikal bebas tersebut berdampak pada kulit hingga terjadi penuaan dini. Kandungan vitamin C, fitonutrisi, asam neochlorogenic, senyawa cyrptoxanthin, zea-xanthin, dan klorogenat yang bekerja untuk melindungi kulit drai pengaruh buruk.

3. Mencegah Jerawat dan Mengatasi Bekas Jerawat

Buah yang kaya akan vitamin C ini dapat mengatasi kuman dan bakteri yang menyerang kulit maupun tubuh. Dengan mengonsumsi secara rutin ampuh dan terbukti untuk mencegah munculnya jerawat serta menjaga kulit wajah agar tetap cantik dan sehat.

Selain untuk mengatasi jerawat, buah plum juga dapat menghilangkan dan mengatasi bekas flek-flek hitam jerawat. Dari pada memakai atau mengonsumsi produk-produk kecantikan lebih baik menggunakan buah alami. Adanya vitamin C yang dipadu dengan vitamin E dan K bekerja untuk mengatasi jerawat hingga membantu regenerasi kulit dan melancarkan peredaran darah.

4. Mencegah Hiperpigmentasi

Kulit yang sering sekali terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan hiperpegmentasi pada kulit. Kulit yang terkena ultraviolet berlebih menjadikan kulit bertambah hitam, hingga timbulnya bintik-bintik hitam. Produksi melanin yang berlebih dapat dicegah dengan makan buah ini karena terdapat vitamin E.

II. Manfaat dalam Kesehatan

Sumber Foto: unsplash.com

Untuk mengonsumsi buah ini usahakan porsinya tidak berlebihan agar manfaatnya dapat dirasakan. Berikut khasiat buah plum untuk kesehatan.

1. Menyembuhkan Obesitas dan Mengontrol Diabetes

adanya senyawa bioaktif dalam  buah ini dapat melawan sindrom metabolisme. Ekstraksi, flavanoid  dan fenol menjadi rahasia sebagai pencegah obesitas hingga komplikasi yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Selain itu, khasiatnya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh penderita.

Buah yang kaya akan kabohidrat ini tidak dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan mengandung fiber yang bekerja memperlambat penyerapan karbohidrat serta gula darah meningkat secara perlahan tidak sekaligus setelah dimakan. Sehingga khasiat untuk diabetes semakin terasa.

2. Pencegahan Osteoporosis

Buah plum yang sudah dikeringkan juga sangat bagus untuk kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan anti-resorptive dan anabolik yang merawat tulang tetap sehat. Selain itu seperti caffein dan flavanoid mencegah terjadinya kemerosotan tulang hingga mencegah berbagai penyakit terutama osteoporosis pada wanita yang lanjut usia.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah ini memang dikenal dengan khasiatnya yang mampu melancarkan pencernaan. Tidak hanya mencegah kolesterol. Buah yang kaya serat ini, dapat melancarkan sistem pencernaan dengan sumber fiber yang dapat membersihkan usus sehingga sembelit dapat dihindari.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah ini begitu efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif hingga memberi perlindungan akan penuaan. Khasiat lain dapat mengurangi peradangan di bagian saraf, meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Konsumsi buah ini  secara rutin juga bisa mencegah dari penyakit Alzheimer dan Parkinson serta gangguan neurodegeneratif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top