Manfaat Buah Diet Apel yang Bisa Turunkan Berat Badan, Alami dan Ampuh

Armoura
armoura
Gambar: istockphoto

Apel merupakan salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia. Berbagai penelitian setuju bahwa buah apel memiliki banyak manfaat menakjubkan yang baik untuk tubuh. Bahkan, saking banyaknya manfaat buah ini bagi kesehatan, apel diklaim bisa menjauhkan kamu dari berbagai penyakit.

Tak selalu merah, buah apel juga ada yang berwarna hijau atau kekuningan. Rasa yang ditawarkan dari buah ini pun berbeda-beda. Ada yang manis seperti madu, ada juga yang sepat walau sudah matang. Apa pun warna dan rasanya, buah apel tetap mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk tubuh. Produk diet terbaik, disini. 

Selain itu apel juga dikenal menjadi salah satu yang bisa menurunkan berat badan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat buah diet apel yang bisa turunkan berat badan, alami dan ampuh, Jumat (5/8/2020).

1. Kaya kandungan air

armoura
Gambar: istockphoto

Apel faktanya tinggi serat, vitamin C, dan berbagai macam antioksidan. Satu buah apel diketahui mengandung 95 kalori, yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Meski tinggi kalori, apel merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Buah ini juga kaya air karena 86 persen kandungan apel adalah air.Produk diet terbaik, disini. 

2. Mencegah diabetes

Mengonsumsi buah apel kerap dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2. Alasannya, karena apel memiliki kandungan antioksidan polifenolnya. Makan apel sekali sehari secara rutin bisa menurunkan 28 persen risiko diabetes tipe 2, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.Produk diet terbaik, disini. 

3. Menurunkan berat badan

Apel kaya serat dan air yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu menurunkan berat badan kalau dikonsumsi secara rutin. Menyantap irisan apel dapat menurunkan rata-rata 200 kalori. Selain itu apel juga termasuk salah satu buah yang mengenyangkan karena padat energi, sehingga jadi makanan favorit mereka yang sedang diet. Produk diet terbaik, disini. 

Selain buat diet, buah apel juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti

1.  Cegah Kanker

Gambar: istockphoto

Warna merah yang mendominasi sebagian besar jenis apel ternyata bukan tanpa manfaat. Warna merah ini disebabkan adanya antosianin, sejenis fitonutrien (senyawa kimia unik yang hanya terdapat pada tumbuhan) yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Antosianin memiliki sifat antiradang dan antikanker. Beberapa studi yang sudah dilakukan dengan hewan menunjukkan bahwa fitonutrien dalam apel dapat membantu melindungi tubuh dari kanker paru dan kanker usus. Salah satu flavonol yang ditemukan di apel juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas.

2. Kendalikan gula darah

Satu apel matang ukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat, atau sekitar 17 persen dari asupan harian serat yang direkomendasikan. Serat yang terkandung dalam apel ada yang bersifat tidak larut dan larut.

Serat larut yang disebut pektin dalam buah apel dikaitan dengan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal ini karena pektin bekerja sama dengan komponen fitonutrien dalam apel untuk mengontrol kadar lemak serta kadar gula dalam darah.

3. Menangkal radikal bebas

Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama karena fungsinya untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Kita bisa mendapat radikal bebas dari sisa metabolisme dalam tubuh dan juga dari berbagai polutan yang terdapat dalam makanan, udara, bahkan sinar matahari.

Radikal bebas sendiri berbentuk dari molekul yang jumlah elektronnya tidak stabil sehingga bersifat sangat reaktif dan merusak sel sehat di sekitarnya. Sel-sel sehat yang dipengaruhi oleh radikal bebas akan menghancurkan dirinya sendiri sehingga memicu terjadinya penyakit-penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Nah, di sinilah peran antioksidan dibutuhkan. Antioksidan berfungsi sebagai pendonor elektron untuk menetralkan sifat reaktif dari radikal bebas sehingga mencegah rusaknya sel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top