Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Hilangkan Jerawat

Armoura
Armoura
Gambar: Unsplash.com

Daun jambu biji ternyata memiliki ragam khasiat yang baik untuk kesehatan. Gak heran kalau daun ini menjadi salah satu dari obat tradisional di Indonesia untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satu khasiat daun jambu biji adalah dapat menghilangkan jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang ditimbul di wajah, kini kamu bisa menggunakan daun jambu biji yang memiliki zat antibakteri yang bagus untuk perawatan kulit, salah satunya kulit berjerawat. Hal ini disebabkan karena daun jambu biji mengandung zat anti bakteri yang baik untuk perawatan kulit.

Untuk memanfaatkan daun jambu biji sebagai obat jerawat, kamu hanya perlu menumbuk daun dan menempelkannya ke wajah setelah dibersihkan terlebih dahulu. Berikut telah kami rangkum dari rangkum dari berbagai sumber, manfaat daun jambu biji untuk kesehatan kulit wajah, bisa hilangkan jerawat, Jumat (22/5/2020).

1. Menghapus komedo

Armoura
Gambar: Unsplash.com

Daun jambu biji bekerja paling baik dalam menghilangkan komedo. Ambil beberapa helai daun dan rebus dengan air. Campurkan air rebusan daun dengan sedikit bubuk kunyit. Oleskan campuran ini ke wajah dan gosok perlahan dengan ujung jari. Lalu cuci bersih dengan air. Lakukan ini dua kali dalam seminggu.

2. Mengurangi jerawat dan bintik hitam

Daun jambu mengandung antibakteri yang dapat membantu menghilangkan sel penyebab jerawat dan mengurangi bintik hitam dan noda lainnya pada kulit. Ambil beberapa helai daun jambu biji lalu haluskan. Terapkan pada area yang terkena atau di seluruh wajah Kamu . Cuci dengan air setelah beberapa saat. Penggunaan jambu biji secara teratur dapat membantu menghilangkan jerawat dan bercak hitam dari wajah Kamu .

3. Menghapus keriput

Armoura
Gambar: Unsplash.com

Daun jambu biji memiliki khasiat yang membantu menghilangkan keriput dan garis-garis halus dari wajah Kamu . Radikal bebas pada daun jambu biji akan mencegah kulit menua. Rebus beberapa daun jambu biji untuk mengekstrak esensinya. Oleskan air tersebut di wajah. Penggunaan teratur juga akan membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki warna kulit.

4. Mencegah gatal

Kandungan zat pada daun jambu biji akan membantu kulit dari peradangan, yang menyebabkan gatal. Ini juga solusi untuk kamu  yang mengalami alergi kulit lainnya dengan membunuh bakteri penyebab alergi. Menerapkannya di daerah yang terkena alergi adalah solusi terbaik.

5. Mencegah Rambut Rontok

Armoura
Gambar: Unsplash.com

Kaya akan antioksidan daun jambu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Ambil beberapa helai daun dan rebus, biarkan air dingin. Lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala dengan pijatan. Setelah 10 menit, bilas dengan air. Pastikan bahwa Kamu merebus daun jambu selama 20 menit, sehingga esensi daunnya dapat diekstraksi sepenuhnya.

6. Mencerahkan Kulit

Daun jambu biji mengandung antioksidan dan zat lain yang membantu mengeluarkan sel kulit mati. Ini akan membantu dalam membunuh bakteri, membiarkan kulit lebih sehat dan halus dengan mencerahkan warna kulit Anda. Campurkan beberapa daun jambu biji dengan sejumput kunyit dan beberapa air mawar. Oleskan bungkus ini ke wajah dan leher Anda dan biarkan selama 15 menit. Cuci dan tepuk.

Membuat racikan daun jambu biji

Armoura
Gambar: Unsplash.com

Bahan yang diperlukan: 4 lembar daun jambu biji dan 1 gelas air.

Cara membuatnya:

  1. Siapkan 4 lembar daun jambu biji dalam wadah.
  2. Lalu tambahkan 3 sendok air dan tumbuk hingga halus.
  3. Setelah sudah, oleskan racikan tadi ke bagian wajah yang berjerawat.
  4. Diamkan kurang lebih 15 menit.
  5. Lalu bilas menggunakan air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top