Manfaat Diet Jeruk Nipis yang Bisa Turunkan Berat Badan, Mudah dan Ampuh

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Diet menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ideal. Selain itu diet juga menjadi salah metode yang kerap digunakan untuk menurunkan berat badan. Di dunia diet menjadi salah satu tren yang bagi orang-orang untuk menerapkan pola hidup sehat.

Diet memiliki bermacam-macam jenis. Namun, jika kamu tidak memperhatikan dengan baik pola diet yang kamu lakukan bisa akan berbahaya bagi kesehatan. Agar diet yang dilakukan tidak sembarangan dan membahayakan kesehatan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk melakukan diet. Salah satunya ialah dengan diet jeruk nipis yang mudah dilakukan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, manfaat diet jeruk nipis yang bisa turunkan berat badan, mudah dan ampuh, Selasa (12/5/2020).

1.Manfaat Jeruk Nipis    

armoura
Gambar: shutterstock

Manfaat jeruk nipis ternyata begitu banyak. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kerap ditemui di berbagai daerah. Buah ini kaya akan vitamin C dan air. Selain sebagai pelengkap masakan, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat jeruk nipis yaitu untuk penurunan berat badan atau diet. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bermanfaat dapat meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori lebih banyak dan membantu mengurangi lemak di tubuh.

2. Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Manfaat jeruk nipis yang pertama yaitu dapat memaksimalkan pembakaran lemak. Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan, asam sitrat dan vitamin C. Sebuah penelitian pada Journal of the American College of Nutrition tahun 2005 menunjukkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membakar lemak hingga 30 persen lebih banyak ketika sedang beraktivitas dan berolahraga. Hal ini dikarenakan kandungan dalam jeruk nipis dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh.

3. Cepat Turunkan Berat Badan

Armoura
Gambar: shutterstock

Menurut studi tahun 2006 yang dipublikasikan dalam Nutrition and Metabolism, vitamin C memegang peranan penting karena selain dapat mendongkrak imun tubuh, nutrisi ini juga dapat membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga.

Sebenarnya kamu dapat menurunkan berat badan hanya dengan minum banyak air putih setiap harinya. Namun kalau kamu ingin hasil yang lebih cepat, maka tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam air. Selain membantu proses detoksifikasi dengan membersihkan liver dan memurnikan darah, jeruk nipis juga dapat memberi sifat alkali/ basa pada tubuh.

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Jika kamu memiliki masalah pencernaan, maka hal ini akan membuat kamu lebih susah untuk menjalankan diet. Sedangkan, jika kamu menjalankan diet jeruk nipis maka kandungan senyawa flavonoidnya dapat melancarkan pencernaan. Dengan begitu, tubuh pun jadi tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Pasalnya, timbunan zat-zat sisa tersebut bisa membuat perut dan pinggang tambah lebar.

5. Menunda rasa lapar

Armoura
Gambar: shutterstock

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat bisa membuat kenyang lebih lama. Begitu juga saat kamu  menjalankan diet jeruk nipis. Jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini bisa membuat kamu merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Sehingga godaan untuk konsumsi camilan berlebihan bisa diatasi.

6. Cara diet jeruk nipis

Gunakan air hangat

Ketika membuat air jeruk nipis, gunakan air hangat.  Selain lebih mudah dicerna oleh tubuh, air hangat juga membantu mempercepat proses metabolisme sehingga hasilnya akan lebih efektif.

Tak perlu menambahkan gula

Kamu juga tak perlu menambahkan gula ke dalam air perasan jeruk nipis. Namun kalau memang belum terbiasa dengan rasanya, maka tambahkan gula sedikit saja. Untuk berikutnya, kurangi takaran gulanya sedikit demi sedikit hingga lidah Kamu terbiasa minum air jeruk nipis tanpa gula.

Kombinasikan dengan jahe

Jahe dapat merangsang metabolisme dan membuat tubuh membakar kalori lebih cepat. Mengombinasikan jahe dengan jeruk nipis dapat membantu memaksimalkan program diet. Cara membuatnya, blender 2 inci jahe segar bersama segelas besar air, lalu saring ampasnya. Setelah itu, tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis, minum segera.

Gunakan sebagai topping

Selain diminum, Kamu juga boleh menggunakan perasan jeruk nipis sebagai bumbu atau topping makanan seperti memeras airnya ke dalam kuah bakso, soto, salad, steak, dan lain-lain.

Infused lime water

Dan bila pagi itu Kamu cukup sibuk sehingga tak ada waktu lagi untuk memeras jeruk nipis, maka potong-potong saja jeruknya dan masukkan ke dalam botol atau gelas minum kamu.

Hanya dengan melakukan beberapa tips di atas, bukan mustahil kalau diet jeruk nipis akan berhasil menurunkan berat badan Kamu dalam waktu 1 minggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top