Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Wajah, Sehat dan Alami

Gambar: Google

Pisang adalah buah yang sangat umum dan banyak ditemui di mana saja, termasuk di Indonesia. Karena pisang jadi salah satu buah yang banyak dibudidayakan di zona tropis dan subtropis. Buah ini punya beragam variasi dalam warna dan ukuran. Meskipun berbeda, namun rasa dari buah pisang ini hampir sama. Kalau belum matang akan terasa sepat, sedangkan kalau sudah ranum akan terasa sangat manis.

Pisang bisa dimakan secara langsung, atau bisa juga kamu olah jadi menu hidangan lezat lainnya. Bisa digoreng dijadikan keripik pisang, atau jadi campuran kolak, misalnya. Menariknya lagi dari buah yang satu ini ialah tak hanya lezat, tapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Adapun beberapa manfaat kesehatan dari pisang, seperti dilansir dari stylecraze.com, satu pisang mengandung sekitar 467 mg potasium. Kalium yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan melindungi jantung.

Pisang juga mengandung vitamin B6 yang mencegah anemia dan penyakit jantung koroner. Sedangkan serat dalam pisang bisa menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Berbicara mengenai buah pisang memang nggak ada habisnya. Karena buah yang terlihat sederhana ini ternyata punya manfaat besar juga untuk kesehatan kulit wajah. Berikut telah Armoura rangkum dari berbagai sumber, manfaat kulit pisang untuk kesehatan kulit wajah.

  1. Mengatasi Jerawat
  2. Armoura
    Gambar: Istimewa

Pisang adalah pengobatan alami yang bagus untuk jerawat. Kulit pisang memiliki sifat antibakteri dari lektin dan seng. Keduanya efektif membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat dan berpotensi mencegah munculnya jerawat yang baru.

Usapkan bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih pada kulit wajah, dada, atau punggung yang berjerawat. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini bisa membantu meredakan inflamasi dan mengeringkan jerawat.

  1. Pelembap Kulit
  2. Gambar: Woman Talk

Pisang mengandung kalium dan moisture (pelembap). Dua kandungan itu mampu melembapkan kulit kering, menjadikannya lebih lembut dan kenyal. Jika kulitmu mengelupas dan kering, cukup oleskan pisang sebagai masker wajah.

Caranya mudah, masukkan pisang yang sudah matang ke mangkuk kecil, tumbuk pisang menggunakan bagian belakang garpu. Setelah lembut, oleskan ke wajah. Hindari area di sekitar mata dan mulut. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

  1. Mengontrol Minyak
  2. Sumber: Tribunnews

Pisang adalah exfoliator hebat yang dapat membantu mengelupas kelebihan sebum pada permukaan kulit. Karena pisang juga mengandung pelembap alami, potasium, dan vitamin E dan C. Semua kandungan tersebut mampu membantu kulit tampak bercahaya dan jernih. Jika kamu punya kulit berminyak, gunakan masker wajah sederhana dari perpaduan pisang, jus lemon, dan madu.

Caranya masukkan pisang matang ke mangkuk, hancurkan dengan bagian belakang garpu. Tuang satu sendok makan madu mentah dan 1/2 sendok teh jus lemon. Aplikasikan pada wajah yang berminyak, tunggu hingga 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan kain basah atau air dingin.

  1. Mencegah Penuaan
  2. Gambar: Istimewa

Pisang juga dikenal sebagai botox alami, mengandung nutrisi yang memerangi keriput. Membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan dengan bahan-bahan dapur penghilang kerut lainnya, seperti jeruk dan yogurt misalnya.

Campurkan pisang matang yang sudah ditumbuk halus dengan satu sendok teh jus jeruk dan satu sendok yogurt kental. Aduk rata, lalu jadikan campuran tersebut sebagai masker wajah alami. Lakukan cara ini serutin mungkin, kamu akan dapat nutrisi, penuaan mengelupas, kulit lembut, dan perlindungan kulit alami.

  1. Mengurangi Bintik Wajah
  2. Sumber: Kompas.com

Baik itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik penuaan, atau hanya bintik-bintik hitam yang membuat wajah kusam. Kamu dapat menguranginya dan bahkan menghilangkan warna hitam kulit dengan pisang. Caranya oleskan pisang tumbuk ke wajah. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top