Mengenal AHA Mandelic Acid yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Sumber: Pixabay

Dalam merawat kulit wajah, salah satu treatment yang sering diterapkan adalah peeling menggunakan asam golongan alfa-hidroksi atau AHA. Namun, individu dengan kulit sensitif biasanya ragu menggunakan asam golongan AHA karena risiko iritasinya. Apabila Anda memiliki kulit sensitif dan ingin melakukan eksfoliasi, mandelic acid cenderung akan cocok digunakan. Apa kehebatan mandelic acid? Berikut ulasannya yang telah Armoura rangkum dari SehatQ.

Mengenal Apa Itu Mandelic Acid

Mandelic acid atau asam mandelat adalah salah satu kandungan populer dalam produk-produk perawatan kulit. Mandelic acid masuk ke dalam golongan AHA atau asam alfa-hidroksi (alpha-hydroxy acid), kelompok asam yang memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi kulit.

Anda yang hobi mempelajari kandungan skincare tentu tahu manfaat dan jenis-jenis asam alfa-hidroksi, termasuk yang populer yakni asam glikolat dan asam sitrat. Apabila asam glikolat dibuat dari tebu, maka asam mandelat atau mandelic acid dibuat dari almond pahit.

Kemampuan mandelic acid sebagai AHA untuk mengeksfoliasi kulit membuatnya dikaitkan dengan beragam manfaat lain, termasuk mengatasi jerawat dan mengurangi hiperpigmentasi.

Manfaat Mandelic Acid atau Asam Mandelat untuk Kulit

Sumber: Pixabay

Sebagai salah satu asam golongan AHA, mandelic acid menawarkan manfaat berikut ini:

  1. Mempercepat pertumbuhan sel kulit baru

Seperti yang disinggung di atas, mandelic acid adalah salah satu jenis asam alfa-hidroksi (AHA). Asam-asam dalam keluarga AHA merupakan eksfoliator yang mampu menyingkirkan sel kulit mati. Sel kulit mati di wajah tersebut akan segera digantikan dengan sel kulit baru sehingga wajah akan lebih cerah dan lembut.

  1. Merangsang produksi kolagen

Asam mandelat membantu merangsang produksi kolagen, jenis protein utama pada kulit dan jaringan ikat. Produksi kolagen yang meningkat tersebut akan membantu memperbaiki penampakan kulit dan membuatnya terlihat kencang.

  1. Lembut untuk kulit

Mandelic acid memiliki kelebihan lain dibandingkan asam-asam AHA lainnya, yakni cenderung lebih gentle atau lembut di wajah. Efek asam mandelat yang lembut ini membuatnya ideal untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.Sifat lembut mandelic acid diyakini berasal dari ukuran molekulnya yang besar. Karena memiliki ukuran molekul yang besar, mandelic acid akan menembus lapisan kulit dengan perlahan dan lebih lambat sehingga efek iritasinya cenderung kecil.

  1. Mengatasi jerawat

Jerawat dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk minyak berlebih, sel kulit mati, bakteri, hingga peradangan. Produk yang mengandung asam mandelat membantu mengendalikan faktor-faktor tersebut sehingga efektif untuk mengurangi dan mengatasi jerawat.

Sebuah studi yang dipublikasikan awal tahun 2020 menyebutkan, melakukan peeling dengan 45% asam mandelat memiliki efektivitas yang setara dengan 30% asam salisilat demi mengendalikan jerawat. Asam mandelat atau mandelic acid juga disebutkan menimbulkan efek samping yang lebih sedikit.

  1. Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi menggelapnya area kulit tertentu karena produksi melanin yang berlebih. Hiperpigmentasi dapat terjadi dalam beberapa bentuk, termasuk bercak hitam atau bintik hitam. Mandelic acid diyakini memiliki efek mencerahkan untuk bintik-bintik hitam di wajah, seperti yang dialami oleh individu yang memiliki kondisi melasma.

  1. Meminimalisir penampakan kerutan dan garis halus

Melakukan peeling dengan mandelic acid membantu merangsang produksi kolagen.   Produksi kolagen yang meningkat tersebut dikaitkan dengan pengurangan penampakan kerutan dan garis halus sehingga wajah akan terlihat lebih muda dan cerah.

Risiko dan Efek Samping Mandelic Acid yang Wajib Diperhatikan

Sumber: Pixabay

Mandelic acid memang menjadi asam golongan AHA yang cenderung gentle. Namun, asam ini bukannya tanpa peringatan penggunaan dan risiko efek samping. Sebelum menggunakan produk yang mengandung mandelic acid, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Beberapa orang akan berisiko mengalami efek samping iritasi berikut ini saat menggunakan produk mandelic acid atau asam mandelat:

  • Kulit kemerahan
  • Pembengkakan pada kulit
  • Gatal pada kulit

Apabila gejala iritasi di atas terjadi beberapa hari atau minggu setelah penggunaan pertama mandelic acid, ada kemungkinan bahwa Anda terlalu berlebihan dalam aplikasinya. Kurangi dosis atau takaran produk dalam penggunaan berikutnya untuk menghindari iritasi lebih lanjut.

Mandelic acid adalah salah satu asam golongan AHA yang cocok untuk kulit sensitif. Manfaat ini dimiliki mandelic acid karena memiliki ukuran molekul yang cenderung besar, sehingga risiko iritasi pun kecil bagi penggunanya. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan mandelic acid ke dalam ritual perawatan wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *