Mengenal Double Cleansing, Rasakan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Gambar: huffingtonpost.com

Salah satu hal yang harus dilakukan setelah bepergian menggunakan make up adalah membersihkannya. Bagi banyak orang, membersihkan muka setelah menggunakan makeup, tak cukup sekali saja. Agar wajah bebas dari sisa makeup, metode double cleansing pun diterapkan banyak orang. Sebenarnya, apa itu double cleansing?

Berikut ulasan lebih lengkapnya yang telah Armoura rangkum dari kanal SehatQ.

Mengenal Double Cleansing dalam Perawatan Wajah

Gambar: Woop.id

Sesuai namanya, double cleansing adalah metode untuk membersihkan wajah dengan dua tahap. Tahap pertama, yakni menggunakan pembersih wajah dengan bahan dasar minyak sebagai produk first cleanser.

Langkah pertama dalam double cleansing bertujuan untuk mengangkat sisa kosmetik.Kemudian, tahap kedua adalah mencuci wajah dengan sabun cuci muka biasa.Tahap kedua pada double cleansing ini dilakukan untuk membersihkan pori-pori kulit, mengatasi noda, menghilangkan residu makeup, serta mengangkat sel kulit mati.

Begini Cara Melakukan Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit

Gambar: ShutterStock.com

Satu produk skin care tertentu belum tentu cocok bagi semua orang. Sebab, jenis kulit wajah antara satu individu dengan individu lain akan memberikan respons berbeda terhadap produk yang digunakan.

Misalnya, produk untuk kulit kering tidak cocok untuk orang dengan kulit berminyak. Oleh karena itu, agar memberikan hasil yang maksimal, penting bagi kamu untuk menggunakan produk sesuai dengan jenis kulit sebagai cara double cleansing yang tepat.

Serta penting pula untuk memilih produk pembersih wajah bebas sulfat yang lembut di kulit. Produk pembersih wajah yang lembut membuat kulit kamu tampak lebih sehat dan halus. Selanjutnya, lakukan proses double cleansing atau dua tahap pembersihan wajah sesuai jenis kulit melalui langkah-langkah berikut ini.

Kulit Berminyak

Untuk pemilik kulit berminyak, sebaiknya gunakan cleansing oil sebagai produk first cleanser. Cleansing oil mampu mengangkat kotoran, minyak, dan sisa make up yang menumpuk di wajah.

Kemudian, lanjutkan tahap pembersihan wajah menggunakan gel atau clay cleanser yang mengandung aloe vera, ekstrak bunga mawar, teh hijau, dan asam glikolat yang lembut di kulit. Bahan-bahan alami tersebut dapat membantu melembapkan kulit, mencegah peradangan, dan mengatur produksi minyak di wajah kamu.

Kulit Kering

Terlalu sering mencuci wajah dapat berisiko membuat kulit kering menjadi semakin kering. Maka dari itu, penting bagi pemilik kulit kering untuk memilih produk pembersih yang mampu menjaga kelembapan kulit seperti cleansing balm, sebagai produk first cleanser.

Pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung shea butter, minyak kelapa, jojoba oil, atau emolien lainnya guna membantu mengembalikan kelembapan kulit. Selanjutnya, lakukan tahap pembersihan wajah dengan produk yang memiliki kandungan antipenuaan, seperti vitamin C, teh hijau, atau asam hialuronat.

Sesaat setelah membilas wajah hingga bersih, segera gunakan pelembap wajah untuk mengunci kelembapan kulit.

Kulit Normal dan Kulit Kombinasi

Bagi kamu yang memiliki kulit normal atau kombinasi, pilihlah produk yang mampu mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus memperbaiki tekstur dan rona wajah. Anda dapat menggunakan oil-based cleanser sebagai first cleanser yang kaya nutrisi dan memiliki kandungan ceramide yang mampu melembapkan kulit.

Kemudian, kamu bisa melakukan tahap pembersihan wajah menggunakan sabun pembersih facial foam yang mampu mengangkat residu cleansing oil dengan baik. Pilihlah produk dengan klaim dapat menyeimbangkan pH kulit agar dapat mengikat kelembapan, memiliki tekstur kulit lebih baik, dan mencerahkan wajah.

Kulit Sensitif dan Rentan Berjerawat

Pemilik kulit sensitif harus memilih sabun pembersih yang lembut di kulit. Jadi, pilihlah cleansing oil sebagai first cleanser yang bersifat lembut, kaya akan antioksidan dan antiradang, seperti vitamin E, aloe vera, atau asam glikolat.

Lalu, lanjutkan tahap pembersihan wajah menggunakan produk bebas wewangian, hypoallergenic, bebas kandungan paraben untuk mengurangi risiko kulit mengalami iritasi.

Manfaat Double Cleansing untuk Kesehatan Kulit

Gambar: Istimewa

Menurut ahli, ada beberapa manfaat double cleansing untuk kulit wajah. Beberapa di antaranya adalah:

Membersihkan wajah lebih menyeluruh

Salah satu manfaat double cleansing adalah membersihkan wajah secara menyeluruh. Para ahli berpendapat, membersihkan wajah satu kali tidaklah cukup. Hal ini menjadi lebih penting, apabila kamu tinggal di daerah perkotaan.Langkah pertama dalam double cleansing dapat membantu mengangkat debu polusi dan bakteri.

Membantu penyerapan zat aktif produk skin care lebih efektif

Melakukan dua tahap pembersihan wajah melalui double cleansing dapat membantu kinerja zat aktif skin care setelah membersihkan wajah. Produk perawatan kulit wajah, seperti serum akan sulit menembus kulit dan bekerja dengan baik apabila kulit muka masih kotor. Inilah manfaat double cleansing selanjutnya.

Mencegah penyumbatan pori-pori wajah

Manfaat double cleansing berikutnya adalah mencegah penyumbatan pori-pori wajah. Tidak cermat dalam membersihkan muka dapat berisiko meninggalkan kotoran, sisa makeup, minyak berlebih, dan sel kulit mati di wajah.Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya penyumbatan pori-pori di wajah, iritasi, komedo, dan jerawat.

Seberapa sering harus melakukan double cleansing?

Gambar: Freepik

Fungsi tahap pertama double cleansing adalah mengangkat sisa make up dan tabir surya. Dengan demikian, kamu tak perlu menerapkan metode ini setiap saat.

Misalnya, saat bangun di pagi hari, double cleansing tak perlu dilakukan. Kamu cukup membersihkan wajah satu langkah, dan siap untuk beraktivitas. Kamu dapat melakukan double cleansing jika bepergian ke luar rumah menggunakan make up. Saat berada di luar rumah, wajah kamu lebih banyak terpapar debu dan polusi udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top