Mengenal Karakteristik dan Jenis-jenis Sabun Mandi, Jarang Diketahui

Gambar: Istimewa

Sabun mandi adalah salah satu produk kebersihan yang dibutuhkan semua orang. Anda pasti tak lupa memasukkan sabun mandi dalam daftar belanja bulanan. Penggunaan sabun mandi sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Oleh sebab itu, Anda tak boleh memilihnya secara sembarangan. Pilihlah sabun mandi dengan karakteristik yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Dengan banyaknya produk sabun mandi yang dijual di pasaran, memilih yang tepat terkadang cukup membingungkan.

Setelah mengetahui manfaat yang seharusnya ada dalam sabun mandi, apakah Anda masih merasa kebingungan menentukan pilihan? Kebimbangan semacam ini memang wajar terjadi, mengingat jenis-jenis sabun mandi yang tersedia di pasaran memang sangat beragam.

Mulai dari sabun batang, sabun cair, hingga sabun-sabun khusus yang dirancang untuk mengatasi masalah tertentu. Masing-masing jenis sabun tersebut juga memiliki karakteristik dan perbedaannya masing-masing. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, mengenal karakteristik dari jenis-jenis sabun mandi yang jarang diketahui.

  1. Sabun Batang
  2. Gambar: Istimewa

Sabun batang merupakan salah satu jenis sabun mandi yang paling populer. Harganya yang murah dan penyimpanannya yang mudah, membuat sabun jenis ini digemari masyarakat. Jenisnya pun beragam, mulai dari sabun batang yang mengandung antibakteri hingga sabun batang yang berfungsi sebagai pelembap kulit.

Kelebihan utama sabun batang terletak pada nilai hematnya, sehingga cocok digunakan Anda yang menjadikan budget sebagai faktor utama dalam memilih sabun. Selain harganya lebih murah, sabun batang juga tidak mudah habis dan lebih tahan lama. Namun, jenis sabun ini kurang cocok digunakan untuk mencuci tangan dan wajah dalam jangka panjang. Sebab, kandungan bahan pelembapnya tidak banyak sehingga berisiko membuat kulit wajah dan tangan menjadi kering.

  1. Sabun Cair
  2. Foto: BP Guide

Jenis sabun mandi lainnya yang tidak kalah populer adalah sabun cair. Sabun mandi ini disukai karena penggunaannya lebih praktis dan nilai higienitasnya lebih terjamin. Anda bisa membeli sabun cair dalam botol atau kemasan refill sesuai kebutuhan. Teksturnya tetap kental dan wangi hingga menjelang habis. Karakteristik tersebut tentu berbeda dengan sabun mandi batang yang aromanya mulai berkurang ketika ukurannya mengecil.

Fungsi sabun cair sebenarnya sama seperti sabun batang, hanya berbeda bentuk saja. Terkadang, sabun cair juga mengandung scrub yang berfungsi mendukung proses eksfoliasi atau pelepasan sel-sel kulit mati. Bagi Anda yang menitikberatkan nilai kepraktisan dan efisiensi sebagai pertimbangan memilih sabun mandi, jenis sabun cair cocok dijadikan pilihan.

  1. Sabun Mandi Khusus
  2. Gambar: Istimewa

Seperti namanya, sabun mandi jenis ini diperuntukkan khusus bagi orang-orang yang mengidap penyakit kulit tertentu seperti eksim dan alergi. Biasanya, sabun mandi khusus mengandung bahan dasar glycerin atau gula sehingga warnanya transparan. Ada pula sabun mandi dengan kandungan sulfur atau belerang yang efektif mengatasi sejumlah masalah kulit.

Bahan-bahan herbal lainnya juga kerap ditambahkan untuk membuat sabun mandi khusus lebih bermanfaat mengatasi masalah kesehatan kulit. Meski begitu, sabun jenis ini tidak disarankan untuk dijadikan sabun mandi sehari-hari apabila kulit Anda berada dalam kondisi normal. Sebab, kandungan bahan kimia tambahan yang dihadirkan untuk manfaat pengobatan, justru bisa memengaruhi kondisi kulit normal Anda.

  1. Sabun Antibakteri
  2. Gambar: Istimewa

Sesuai namanya, sabun antibakteri dirancang dengan manfaat utama efektif membunuh bakteri dan jenis mikroorganisme lainnya pada kulit Anda. Selain itu, sabun antibakteri juga baik untuk mengurangi jerawat atau biang keringat yang sering timbul di kulit punggung atau lengan atas.

Dalam memilih sabun antibakteri, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan teknologi dan formula yang dihadirkan. Sebab, semakin mutakhir formula yang ada, kemampuan sabun antibakteri untuk membunuh kuman penyebab penyakit juga akan menjadi lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top