Mengenal Kulit Kering Pada Wajah dan Cara Memilih Facial Foam yang Tepat

Sumber: Tribunnews

Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja. Seseorang yang mengalami kulit kering biasa ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus pada wajah. Bila Anda merasa familier dengan kondisi ini, sebaiknya perhatikan facial foam yang Anda gunakan agar tidak semakin memperparah kondisi kulit Anda.

Di pasaran ada beragam merek facial foam, seperti Klairs, Hada Labo, hingga Dove. Berikut rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit kering yang bisa Anda coba.

Mengenal Tentang Kulit Kering

Gambar: Istimewa

Kulit kering adalah keadaan di mana kulit hanya memiliki sedikit kelembapan dan sebum dengan kondisi skin barrier yang melemah. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kelembapan udara, stres, gaya hidup yang tidak seimbang, terlalu sering mencuci muka, perawatan wajah yang salah, hingga penuaan.

Kekeringan pada kulit yang terjadi secara terus menerus dapat membuat kulit Anda menjadi sensitif, gatal, dan bersisik. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meninjau perawatan wajah yang biasa dilakukan, termasuk membersihkan wajah agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Cara Memilih Facial Foam untuk Kulit Kering

Gambar: Istimewa

Membersihkan wajah merupakan tahap awal yang paling penting dan dapat memengaruhi tahapan skincare selanjutnya. Untuk itu, penting untuk memilih facial foam yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih facial foam untuk kulit kering.

Pilih Produk dengan Pembersih yang Tidak Terlalu Kuat

Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kering, sebaiknya gunakan produk dengan zat pembersih (surfaktan) berbahan dasar asam amino. Surfaktan jenis ini minim iritasi karena asam amino merupakan penyusun protein di dalam tubuh manusia. Sebagai contoh, Anda bisa memilih produk dengan kandungan potassium cocoyl glycinate dan sodium lauroyl methylaminopropionate.

Dengan memilih facial foam berbasis asam amino, si kulit kering pun tetap dapat membersihkan wajahnya dengan aman dan lembut!

Pilih Produk dengan Kandungan Pelembap Seimbang

Kelembapan sangat dibutuhkan untuk mengatasi kulit kering. Namun, saat wajah dibersihkan, sebum sebagai pelembap alami dan bertugas menjaga kelembapan kulit akan terangkat. Akibatnya, wajah akan terasa sedikit kaku. Karena itu, penting untuk memilih facial foam dengan bahan pelembap.

Salah satu bahan pelembap yang direkomendasikan adalah squalane, bahan yang kandungannya mirip dengan sebum. Selain itu, ada juga asam amino dan ceramide yang kandungannya menyerupai kelembapan alami kulit.

Namun, perlu diingat bahwa fungsi utama dari facial foam adalah menghilangkan kotoran dan sebum. Jadi, bahan pelembap pada facial foam tidak akan cukup untuk melembapkan kulit Anda secara optimal. Untuk itu, jangan lupa untuk melakukan tahapan skincare lainnya setelah mencuci muka, ya!

Produk Rekomendasi Khusus

Herborist Sabun Wajah Zaitun

Saya sebetulnya baru tahu tentang Herborist dan pertama kali membeli produk ini saat ada bazar di kantor. Saat itu saya membeli satu paket produk perawatan yang di dalamnya ada Sabun Wajah Zaitun ini. Saya penasaran untuk mencoba karena sabun wajah ini mengandung zaitun, yang dipercaya mengandung antioksidan. Selain itu, zaitun juga mampu menjaga kelembapan serta membuat kulit wajah lebih lembut.

Bagi pemilik kulit kering seperti saya, menggunakan facial wash yang mengandung minyak zaitun tentunya sangat sesuai. Sebab, akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan sehat. Satu hal yang membuat saya suka dengan Sabun Wajah Zaitun ini adalah warnanya yang unik, agak kehijau-hijauan. Selain itu, aroma zaitunnya juga sangat lembut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top