Mengenal Lokasi Jerawat pada Wajah dan Artinya, Kenali Cara Pencegahannya

armoura herb
Gambar: Pixabay

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Munculnya jerawat di wajah membuat sebagian orang kesal dengan kehadirannya. Penyebab utama jerawat muncul di wajah adalah produksi minyak atau sebum yang berlebih dan penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit yang membuatnya tersumbat.

Apabila penumpukan tersebut terjadi, bakteri mudah berkembang dan memicu peradangan. Inilah yang akhirnya menjadi jerawat. Namun, sebenarnya penyebab jerawat bukan itu saja. Produk penghilang jerawat, disini. 

Ada penyebab jerawat lainnya yang bisa diketahui berdasarkan lokasi jerawat. Ada pemicu penumpukan tersebut berbeda-beda. Mulai dari pengaruh hormone, bakteri, atau lokasi jerawat itu sendiri. Berikut arti lokasi jerawat dan cara pencegahannya yang bisa Anda lakukan.

Lokasi Jerawat di Sekitar Garis Rambut

Gambar: Pixabay

Lokasi jerawat pertama adalah di sekitar garis rambut. Bagian garis rambut yang meliputi dahi dan pelipis kerap menjadi tempat munculnya jerawat. Lokasi jerawat di sekitar garis rambut menandakan bahwa penggunaan produk rambut dengan bahan-bahan tertentu yang tidak cocok dengan kulit Anda. Produk penghilang jerawat, disini. 

Selain penggunaan produk rambut yang kurang cocok, arti lokasi jerawat tersebut bisa juga diakibatkan oleh penggunaan topi, helm, atau bando. Aksesori-aksesori tersebut bisa menyumbat kelenjar keringat maupun sebum dan mengakibatkan munculnya jerawat di area tersebut.

Untuk mencegah jerawat muncul di area tersebut, Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti menghentikan penggunaan minyak atau gel rambut, membersihkan wajah dengan benar, dan memilih produk perawatan rambut dan wajah berlabel non-comedogenic.

Lokasi Jerawat di Dahi dan Hidung

Gambar:Pixabay

Lokasi jerawat berikutnya yang sering terjadi adalah di dahi dan hidung. Bagian wajah ini biasa dikenal dengan istilah T-zone. Arti lokasi jerawat di area ini biasanya menandakan kondisi kulit yang berminyak dan efek stres.

Apabila Anda stress, jerawat biasanya akan muncul pada area wajah yang memiliki kelenjar minyak lebih banyak dari daerah lainnya, terutama di area T-zone ini. Produk penghilang jerawat, disini. 

Pada sebuah studi menyebutkan bahwa efek stres memang tidak memengaruhi produksi minyak. Namun, kondisi mental ini dapat memperburuk keadaan jerawat yang sedang Anda alami.

Lokasi Jerawat di Pipi

Gambar:Pixabay

Lokasi jerawat lainnya terletak di pipi. Arti lokasi jerawat di pipi dapat mengindikasikan berbagai hal. Mulai dari penggunaan sarung bantal yang tidak dijaga kebersihannya, telepon genggam yang kotor, atau kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Produk penghilang jerawat, disini. 

Perlu diketahui bahwa, bakteri penyebab jerawat bisa saja pindah ke wajah Anda dari sarung bantal, telepon genggam, maupun jari-jari tangan. Oleh karena itu, penting ntuk menjaga kebersihan peralatan tidur, telepon genggam, dan barang-barang lain yang sering Anda gunakan dan memungkinkan menyentuh area wajah.

Lokasi Jerawat di Dagu dan Rahang

Gambar:Pixabay

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa arti lokasi jerawat di dagu dan rahang menandakan naik turunnya hormon. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada sistem endokrin tubuh.

Jerawat akibat hormone yang tidak stabil biasanya terjadi karena hormon androgen yang berlebihan dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan kelenjar sebum memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Selain terjadi pada wanita saat menjelang haid, jerawat ini juga bisa muncul saat peralihan dari alat kontrasepsi satu ke alat KB lainnya. Pola makan juga diduga dapat memengaruhi kadar hormone. Namun, belum ada bukti penelitian medis yang memperkuat dugaan ini.

Peneliti justru menemukan fakta bahwa kondisi kesehatan usus seseorang dapat memengaruhi kadar hormon yang menyebabkan munculnya jerawat. Apabila Anda mengalami jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormon, maka sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit.

Apabila jerawat Anda muncul akibat pola makan, maka segeralah untuk mengubah pola makan Anda. Jauhi makanan tinggi gula, makanan dari karbohidrat sederhana, makanan olahan, makanan berlemak, serta susu dan produk turunannya.

Itu tadi arti lokasi jerawat yang biasa muncul pada wajah Anda. Penting untuk mengetahui penyebab kemunculan dari lokasi jerawat tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan tindakan pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top