Mengenal Perbedaan Facial Foam atau Facial Wash, Pilih Sesuai Kondisi Kulit

Gambar: Istimewa

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka adalah salah satu tahapan penting dalam perawatan kulit. Akan tetapi, saat ingin membeli sabun pembersih wajah, Anda mungkin sering dibuat bingung memilih jenis facial foam dan facial wash.

Demi menjaga kesehatan kulit wajah, banyak pilihan produk perawatan yang bisa Anda gunakan. Namun, terdapat hal penting yang harus Anda kestahui yaitu cara penggunaan dan fungsi produk perawatan tersebut. Salah satunya, tahukah Anda perbedaan facial wash dan facial foam?

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, perbedaan facial foam atau facial wash, pilih sesuai kondisi kulit.

Kenali perbedaan facial foam dan facial wash

Gambar: Istimewa

Sebelum Anda mengenal perbedaan facial wash dan facial foam, perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis kulit berbeda sehingga membutuhkan produk perawatan yang berbeda juga. Hal itulah yang mendasari adanya berbagai macam produk yang beredar di pasaran seperti facial wash atau facial foam.

Dalam memilih produk perawatan untuk kulit, perhatikan juga kecocokan kulit Anda setelah penggunaan. Jika setelah penggunaan produk kulit muncul kemerahan, bentol, dan rasa perih–yang berlangsung selama beberapa hari, hal ini menandakan adanya iritasi. Segera hentikan dan segera ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Facial Foam

Gambar: www.shutterstock.com

Facial foam adalah krim lembut yang menghasilkan tekstur busa. Facial foam bisa digunakan setiap hari karena memiliki fungsi utama untuk mengangkat seluruh kotoran atau sisa make up yang menempel di wajah. Penggunaan facial foam cocok bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak dan rentan berjerawat. Pasalnya, facial foam memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih atau sebum secara menyeluruh.

Bagi Anda yang menggunakan make up tebal, pembersihan bisa dibantu dengan make up remover atau menggunakan cleanser. Pada beberapa produk, facial foam memiliki fungsi tambahan yaitu mengontrol minyak berlebih dan mencerahkan kulit.

Selain itu, busa dari facial foam juga efektif dalam mengangkat minyak berlebih pada wajah. Beberapa pakar menyarankan penggunaan facial foam cocok bagi Anda dengan kondisi kulit berminyak berlebih dan acne prone. Pasalnya, facial foam mampu menyerap kelebihan minyak serta sebum secara menyeluruh. Tidak hanya itu, facial foam ternyata juga ampuh dalam menarik keluar kotoran atau pun sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori kulit.

Facial Wash

Gambar: Freepik

Facial wash adalah jenis sabun pembersih wajah yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit wajah. Oleh sebab itu, facial wash cocok ditujukan bagi pemilik tipe kulit wajah kering dan sensitif.  Facial wash memiliki beberapa tekstur berbeda, seperti gel dan creamy. Pada umumnya, facial wash creamy mengandung moisturizer yang efektif membuat tampilan wajah lembut dan lembap.

Sedangkan gel facial wash memiliki tekstur gel yang ringan untuk membersihkan wajah dan membuatnya tampak segar. Gel facial wash cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dengan acne prone.

Sementara itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan facial wash yang tidak mengandung detergen. Apabila kulit Anda berjerawat, penggunaan gel facial wash akan membantu mengurangi jerawat. Gunakanlah gel facial wash yang mengandung bahan bahan anti jerawat.

Nah, setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai perbedaan facial wash dan facial foam, Anda dapat menyesuaikannya dengan jenis kulit yang Anda miliki. Pada dasarnya, pembersih wajah berjenis foam atau gel memiliki kemampuan mengangkat lapisan minyak sehingga kulit Anda akan terasa kesat setelah penggunaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top