Mengenal Sabun Pemutih Badan, Kenali Bahan Aman yang Digunakan

Armoura
Sumber: Pixabay

Memiliki badan bersih dan bersinar merupakan hal yang didambakan oleh banyak orang, baik perempuan atau laki-laki. Bagi mereka yang tidak memiliki kondisi kulit tersebut, pastinya akan melakukan berbagai macam cara untuk mencerahkan badan.

Salah satu cara mudah yang bisa digunakan untuk mencerahkan badan dengan menggunakan sabun. Sabun dikenal sebagai produk kecantikan yang mampu membantu membersihkan kotoran pada badan.

Namun, untuk mencerahkan badan, bukan jenis sabun biasa yang digunakan. Melainkan kamu perlu sabun khusus yang mampu memberikan hasil mencerahkan. Kamu bisa menggunakan sabun pemutih badan.

Sabun pemutih badan ini dipercaya ampuh mencerahkan karena mengandung bahan khusus. Ada beberapa bahan khusus yang digunakan dalam sabun pemutih badan. Berikut Armoura rangkum dari berbagai sumber bahan-bahan yang biasa digunakan dalam sabun pemutih badan.

Mengenal Tentang Sabun Pemutih Badan

Sumber: Pixabay

Sabun pemutih badan merupakan jenis sabun yang berfungsi khusus untuk memutihkan kulit. Hal ini dikarenakan sabun pemutih badan mengandung whitening agent di dalam campuran bahannya.

Selain menggunakan sabun, kamu dapat memutihkan kulit dengan menggunakan bahan, campuran atau treatment fisik untuk mencerahkan kulit badan. Perlu diketahui bahwa cara kerja sabun pemutih badan dengan mengurangi kandungan melanin pada kulit.

Beberapa bahan pemutih yang digunakan mampu mencerahkan kulit secara efektif, yang di dalamnya mengandung antioksidan. Namun, perlu diwaspadai bahwa bahan pemutih lainnya memiliki efek samping karena di dalamnya mengandung merkuri.

Cara Kerja Sabun Pemutih Badan

Secara umum, pemutih bekerja dengan cara menurunkan kadar melanin kulit. Untuk menurunkan kadar melanin tersebut, ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh tubuh. Melansir dari Wikipedia, cara kerja pemutih badan sebagai berikut:

  • – Inhibisi aktivitas enzim tyrosinase (Inhibition of the activity of tyrosinase)
  • – Inhibisi ekpresi atau aktivasi enzim tirosinase (Inhibition of the expression or activation of tyrosinase)
  • – The MC1R receptor and cAMP
  • – Penandaan serotonin (Serotonin signaling)
  • – Pencegahan transfer melanosom ke keratinosit (Preventing the transfer of melanosomes to keratinocytes)
  • – Perusakan melanin secara langsung (Directly destroying existing melanin)
  • – Perusakan melanosit (Destroying melanocytes)
  • – Tindakan non-farmakologi (Non-pharmacological treatments)

Bahan yang Biasa Digunakan dalam Sabun Pemutih Badan

Sumber: Pixabay

Terdapat dua jenis sabun mandi, yaitu cair dan batang. Terlepas dari sabun cair atau sabun batang, pada dasarnya sabun berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit.

Pada sabun pemutih badan, kini telah hadir sabun dengan beragam kandungan alami dan menarik. Jika ingin mendapat kulit putih berseri, kamu perlu mengetahui jenis bahan apa saja yang digunakan dalam sabun pemutih badan. Berikut bahan yang biasa digunakan dalam sabun pemutih badan:

Temulawak

Bahan alami pertama yang biasa dijadikan sebagai campuran sabun pemutih badan adalah temulak. Bahan herbal satu ini banyak digunakan sebagai bahan utama untuk mencerahkan badan. Bukan tanpa alasan, temulawak telah terujiklinik dan sangat aman digunakan sebagai bahan pemutih badan.

Hal ini dikarenakan temulawak tergolong adaptogen, yaitu bahan yang bisa menjadi antibody guna melawan racun yang masuk ke dalam tubuh. Bahan herbal dengan curcumin ini juga mengandung zat minyak atsiri dan zanthorrhiza.

Ketika kamu menggunakan sabun pemutih badan yang mengandung temulawak, maka kamu akan merasakan manfaat temulawak seperti mencegah munculnya flek hitam pada wajah. Selain itu, temulawak juga bisa membuat wajah menjadi lebih sehat dan lebih awet muda.

Pepaya

Bahan yang biasa digunakan dalam sabun pemutih selanjutnya adalah pepaya. Pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan A yang baik untuk kesehatan mata. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, pepaya juga bermanfaat untuk mencerahkan badan.

Hal ini dikarenakan adanya vitamin dan enzim papain di dalam pepaya. Bahan itulah yang membuat buah ini mampu memperbarui sel kulit sehingga membuat kulit lebih cerah alami. Enzim papain juga bisa mengganti sel kulit yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu,kulit kamu akan tampak lebih awet muda dan lebih cerah.

Yoghurt

Sabun pemutih badan yang ampuh selanjutnya mengandung bahan alami lainnya seperti yoghurt. Hal ini dikarenakan yoghurt memiliki asam laktat streptococcus thermophiles. Zat inilah yang mampu mengelupas sel kulit mati dan lapisan atas epidermis dengan lembut.

Kandungan di dalam yoghurt lah yang membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga tampak lebih sehat. Selain itu, yoghurt juga bisa membuat kulit jadi lebih halus dan bersih. Nantinya yoghurt akan menekan produksi melanin sehingga membuat kulit tak akan terlihat kusam.

Susu Domba

Selain yoghurt, produk olahan susu lainnya yang dapat dijadikan bahan pemutih badan adalah susu domba. Kini susu domba banyak dipilih untuk campuran dalam sabun pemutih badan karena ada kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi.

Selain itu, susu domba juga mengandung double moisturizer yang dapat memutihkan kulit dalam jangka waktu singkat. Kelebihan susu domba jika dijadikan sebagai sabun pemutih badan tidak akan menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top