Pahami Arti Posisi Jerawat yang Tumbuh di Wajah, Bisa Jadi Tanda Kesehatan

Armoura
Armoura
Gambar: Soco

Jerawat bisa dibilang merupakan sebuah masalah wajah terbesar bagi sebagian besar orang, khususnya wanita. Jerawat umumnya disebabkan karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih, kotoran, sel kulit mati, dan terinfeksi bakteri. Meskipun bahaya bagi kesehatan tidak terlalu signifikan, namun, bila tak dirawat dengan cara yang tepat maka risikonya akan semakin besar.

Jerawat bukan sekedar ‘si kecil’ yang tidak diharapkan kehadirannya. Berdasarkan ilmu pemetaan wajah dan pengobatan China kuno, satu bagian tubuh selalu terhubung dengan bagian lain. Jika ada masalah pada titik tertentu di wajah, itu bisa menyiratkan masalah pada organ dalam kamu. Oleh karena itu sangat penting memahami posisi jerawat untuk mengenal kesehatan tubuh.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, pahami arti posisi jerawat yang tumbuh di wajah, bisa jadi tanda kesehatan, Rabu (21/5/2020).

1. Jerawat di sekitar garis rambut                                        

Bagian garis rambut yang meliputi dahi dan pelipis, memang kerap menjadi tempat munculnya jerawat. Sebagian besar arti posisi jerawat di area garis rambut adalah penggunaan produk rambut dengan bahan-bahan tertentu yang kurang cocok dengan kulit kamu. Jerawat di area tersebut dapat dialami oleh pria maupun wanita.

Pria yang menggunakan minyak atau gel rambut cenderung memiliki jenis jerawat satu ini. Apa alasannya?  Pasalnya, minyak rambut dapat menghalangi sebum yang dikeluarkan oleh pori-pori. Akibatnya, terjadi penyumbatan dan muncul jerawat.

Sementara pada wanita, jerawat di dahi dan area garis rambut yang bisa saja disebabkan oleh penggunaan sampo yang kurang cocok, hairspray, atau kurang bersih ketika membilas sisa-sisa sabun pembersih wajah. Selain itu, arti posisi jerawat di area garis rambut bisa pula diakibatkan oleh penggunaan topi, helm, serta bando. Aksesori-aksesori tersebut bisa menyumbat kelenjar keringat maupun sebum, lalu muncullah jerawat.

2. Jerawat di dahi dan hidung

Jerawat juga bisa muncul di dahi dan hidung. Bagian wajah ini dikenal dengan istilah T-zone. Arti posisi jerawat di arena ini biasanya menandakan kondisi kulit yang berminyak dan efek stres. Jika kamu sedang stres (misalnya karena tekanan pekerjaan), jerawat biasanya akan muncul pada area wajah yang memiliki kadar kelenjar minyak lebih banyak dari daerah lainnya, terutama di area T-zone.

Sebuah studi menyebutkan bahwa efek stres memang tidak memengaruhi produksi minyak. Namun kondisi mental ini dapat memperburuk keadaan jerawat.  Oleh sebab itu, hindari stres dengan melakukan olahraga secara rutin atau meditasi sebelum tidur. Menjaga pola tidur agar teratur dan mempertahankan kualitas tidur juga bisa membantu dalam mengurangi stres.

Bila jerawat sudah muncul, pastikan pula agar Kamu tidak menyentuhnya. Jagalah kebersihan kulit wajah Kamu dan gunakan produk perawatan wajah yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Kedua kandungan ini dapat membantu dalam menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

3. Jerawat di dagu dan rahang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa arti letak jerawat di dagu dan rahang seringkali menandakan naik-turunnya hormon. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem endokrin tubuh.  Jerawat akibat hormon yang tidak stabil biasanya terjadi karena hormon androgen yang berlebihan dalam tubuh. Sebagai akibatnya, kelenjar sebum memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Kondisi tersebut seringkali dialami oleh para wanita menjelang menstruasi, atau saat peralihan dari alat kontrasepsi satu ke alat KB lainnya.  Pola makan juga diduga dapat memengaruhi kadar hormon. Namun belum ada bukti penelitian medis yang memperkuat dugaan ini.  Para peneliti justru menemukan fakta bahwa kondisi kesehatan usus seseorang dapat memengaruhi kadar hormon yang memengaruhi kemunculan jerawat.

4. Jerawat di pipi

Bagian wajah lainnya yang kerap ditumbuhi jerawat adalah pipi. Arti letak jerawat di pipi dapat mengindikasikan berbagai hal. Mulai dari penggunaan sarung bantal yang tidak bersih, ponsel yang kotor, serta kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Pasalnya, bakteri penyebab jerawat bisa saja berpindah ke wajah Kamu dari sarung bantal, ponsel, maupun jari-jari tangan. Karena itu, jagalah kebersihan peralatan tidur Kamu (khususnya, sarung bantal yang pasti menyentuh pipi), ponsel, dan barang-barang lain yang sering Kamu gunakan dan berkemungkinan menyentuh area wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top