Penyebab Bopeng Bekas Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

Armoura
Gambar: Liputan6

Seseorang yang mengalami kondisi berjerawat sangat parah akan memiliki ketakutan terhadap munculnya bekas jerawat seperti bopeng. Hal ini dikarenakan bopeng bekas jerawat bisa mengganggu penampilan Anda.

Bopeng bisa muncul karena adanya kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama jerawat sedang meradang. Lubang-lubang atau lekuk-lekuk yang disebut bopeng ini muncul akibat Anda suka memencet jerawat atau menggaruk dengan tangan hingga jerawat pecah. Produk penghilang bopeng terbaik, disini. 

Kondisi inilah yang menyebabkan kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut dengan jaringan parut. Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang. Inilah yang menyebabkan wajah menjadi bopeng.

Bagi Anda yang sedang mengalaminya, pasti akan mencari cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang ampuh. Berikut cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa Anda coba di rumah.

Penyebab Bopeng Bekas Jerawat

Gambar: hellosehat

Bopeng diakibatkan oleh kebiasaan memencet atau menggaruk jerawat dengan tangan sehingga membuatnya pecah. Hal inilah yang menyebabkan kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut dengan jaringan parut. Jaringan parut menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang. Kondisi ini yang menyebabkan wajah bopeng. Produk penghilang bopeng terbaik, disini. 

Bopeng disebut juga sebagai bekas luka atrofi. Jenis luka ini hanya memiliki sedikit kandungan kolagen sehingga membuat proses penyembuhannya menjadi lama. Bekas luka tumbuh menutupi luka, tetapi jumlah jaringan diproduksi tersebut tidak cukup memadai untuk menutupi area yang rusak. Akibatnya, bekas luka cenderung tampak kempis atau cekung. Bekas luka atrofi umumnya timbul akibat jerawat atau cacar air.

Hal lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya bopeng pada wajah adalah beberapa tindakan tanpa pengawasan dokter, seperti memecahkan jerawat dengan tangan yang kotor, atau melakukan perawatan seperti suntik jerawat yang bukan dilakukan oleh profesional.

Cara Menghilangkan Bopeng Secara Alami:

Tomat dan Mentimun

Gambar: Pixabay

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami pertama dengan menggunakan tomat dan mentimun. Kedua bahan ini dipercaya sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit. Begitu juga untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Produk penghilang bopeng terbaik, disini. 

Caranya, haluskan kedua bahan secara bersamaan kemudian oleskan racikan tersebut secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas masker ini dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukan cara ini secara rutin tiga kali seminggu.

Jeruk Nipis dan Madu

Gambar: s1keperawatan.stikesdhb.ac.id/

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berikutnya dengan menggunakan jeruk nipis dan madu. Kedua bahan alami ini dipercaya untuk menghilangkan bopeng dan bekas jerawat. Produk penghilang bopeng terbaik, disini. 

Cara membuat ramuan ini cukup gunakan satu sendok makan madu, kemudian ambil satu sendok perasan air jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke seluruh wajah yang terdapat bopeng. Diamkan sekitar 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Gambar: FaktualNews.co

Lidah buaya yang terkenal untuk mengatasi masalah rambut, ternyata juga bisa membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu lakukan dengan mengupas kulit lidah buaya dan mengoleskan cairannya ke bagian bopeng.

Diamkan selama kurang lebih 30-50 menit hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, bisa membilasnya dengan air hangat dan lakukan cara ini secara rutin.

Cara Menghilangakan Bopeng dengan Bahan Lainnya:

Armoura
Gambar: Pixabay

Asam Salisilat

Asam salisilat sudah sangat umum digunakan di berbagai produk perawatan untuk jerawat. Bahan ini akan membantu membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan, serta kemerahan di kulit.

Tidak hanya itu, asam salisilat juga akan memicu terjadinya pengelupasan atau menghilangkan lapisan atas kulit. Karena itu, tidak heran jika bahan ini disebut sebagai salah satu bahan paling efektif, untuk mengatasi segala hal yang berhubungan dengan jerawat.

Retinoid

Retinoid topikal atau krim yang mengandung retinoid, dapat membantu memudarkan bopeng bekas jerawat. Bahan ini bekerja dengan cara mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit.

Selain itu, retinoid juga mengurangi perubahan warna di kulit yang terjadi akibat jerawat dan memudarkan bekas jerawat.

Namun, bahan ini akan membuat kulit Anda sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya jika ingin berpergian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top