Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya Secara Alami, Aman dan Ampuh

Armoura
Gambar: Istimewa

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang paling membandel. Biasanya jerawat batu sulit dihilangkan dan kerap meninggalkan bekas luka. Jerawat batu merupakan gangguan peradangan pada kulit di bagian kelenjar lemak. Jenis jerawat ini disebabkan oleh sebum yang menyumbat pori-pori.

Jerawat batu sangat menyiksa bagi seseorang yang menderitanya. Seseorang dengan jerawat batu kerap membuat mereka menjadi tidak percaya diri. Tak heran, banyak orang yang ingin menghilangkan segera jerawat batu ini.

Ada berbagai cara menghilangkan jerawat batu. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan aman digunakan. Penggunaan bahan alami untukmenghilangkan jerawat batu sangatlah aman dan ampuh. Produk penghilang jerawat, disini. 

Namun, sebelum benar-benar memutuskan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat batu, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya jerawat batu. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa lebih waspada terhadap kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat batu muncul kembali.

Berikut penyebab jerawat batu dan cara mengatasinya secara alami yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menggunakan jenis perawatan ini selama puasa karena aman, ampuh dan tidak mengganggu ibadah yang sedang dijalankan.

Penyebab Jerawat Batu yang Tak Boleh Disepelakan:

  • Punya Gaya Hidup Tidak Sehat
Gambar: freepik.com

Penyebab jerawat batu pertama adalah memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum-minuman beralkohol, mengonsumsi makanan penyebab jerawat terus menerus, kurang minum air putih dan kurangnya waktu beristirahat merupakan penyebab jerawat batu muncul. Produk penghilang jerawat, disini. 

Beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dapat mempersempit pembuluh di kulit dan akan merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit rusak, maka hal ini bisa mengakibatkan penumpukan sel kulit mati menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan jerawat batu.

Makanan pedas, berminyak, junk food dan makanan bersantan juga dapat membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya yang pada akhirnya juga menimbulkan jerawat batu. Selain itu, kurang istirahat juga dapat menghambat regenerasi sel pada kulitmu, sehingga bisa memperburuk kondisi kulit.

  • Faktor Genetik
Gambar: Istimewa

Penyebab jerawat batu lainnya adalah faktor genetik. Apabila orang tua Anda memiliki riwayat jenis wajah berminyak dan sering mengalami jerawat batu, maka kemungkinan Anda mengalami jerawat batu sangat besar. Produk penghilang jerawat, disini. 

Hal ini dikarenakan jerawat batu sangat mungkin muncul pada mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Jadi, apabila Anda memiliki riwayat keluarga dengan kulit berminyak, maka Anda sangat rentan terkena jerawat batu. Karena faktor genetik ini bisa menjadi pemicu utama jerawat batu, maka kamu disarankan untuk selalu rajin membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak.

  • Kosmetik
Gambar: Istimewa

Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah penggunaan kosmetik. Hal ini dikarenakan adanya bahan-bahan yang digunakan dalam kosmetik. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bahan-bahan dalam kosmetik yang cocok untuk kulit Anda.

Hal ini untuk menghindari munculnya jerawat batu. Terlebih bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Apabila Anda menggunakan kosmetik yang tidak cocok maka memperparah keadaan kulit Anda. Produk penghilang jerawat, disini. 

Selain penggunaan make up yang tidak cocok, peyebab jerawat batu lainnya karena make up karena Anda tidak membersihkannya. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat batu, karena pori-pori wajah tersumbat oleh kosmetik yang kamu pakai. Make up oil-based atau memiliki kandungan minyak terlalu banyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat batu.

Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Bahan Alami:

  • Masker Madu
Gambar: Pixabay

Cara mengatasi jerawat batu secara alami yang pertama dengan menggunakan masker madu. Masker madu terbukti ampuh dan aman untuk menghilangkan jerawat batu. Hal ini dikarenakan jerawat batu antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat.

Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengatasi jerawat batu dengan madu dengan menggunakannya sebagai masker wajah yang dilakukan setidaknya 2-3 kali seminggu.

  • Lidah Buaya
Gambar: Pixabay

Cara mengatasi jerawat batu secara alami berikutnya dengan menggunakan lidah buaya. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya murni. Setelah mendapatkan gel lidah buaya, haluskan gel tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan hingga mongering selama 15 menit. Seteah itu basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami.

  • Kunyit
Gambar: Pixabay

Cara mengatasi jerawat batu lainnya dengan menggunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan satu atau dua sendok makan minyak wijen. Setelah itu, oleskan campuran kunyit dan minyak wijen tersebut ke seluruh bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top