Penyebab Jerawat Gatal yang Perlu Diketahui, Jangan Anggap Sepele

armoura herb
Gambar:Pixabay

Kondisi wajah sedang berjerawat biasanya menimbulkan sensasi rasa menyakitkan hingga dapat mengganggu penampilan. Ketika jerawat gatal, sebagian orang memiliki keinginan untuk menggaruk namun terhalang oleh rasa takut lantaran berisiko memperparah kondisi tersebut.

Sebenarnya apa yang menyebabkan jerawat gatal? Jerawat gatal yang mengganggu sebenarnya bisa terjadi oleh beberapa faktor. Mulai dari alergi hingga produksi keringat di wajah yang membuat kondisi ini bisa terjadi. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Selain itu, masih ada penyebab jerawat gatal lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut penyebab jerawat gatal yang tak boleh Anda anggap sepele begitu saja.

Terpapar Sinar Matahari

Sumber: Pixabay

Terlalu sering terpapar sinar matahari menjadi salah satu penyebab jerawat gatal. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan yang terjadi pada kulit saat terkena sinar matahari. Namun, kondisi ini belum ditunjukkan oleh penelitian yang benar-benar menjelaskan mengapa kondisi ini bisa terjadi.

Akan tetapi, reaksi tersebut mungkin bisa terjadi karena sistem imun yang salah mengenali senyawa yang diserap oleh kulit dari sinar matahari. Akibatnya, tubuh mulai mencoba melindungi diri dari senyawa yang dianggap asing tersebut, sehingga dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal.

Biasanya, alergi terhadap sinar matahari ini terjadi pada orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif dan mempunyai orangtua yang juga menderita hal yang sama. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Pertanda Jerawat Akan Sembuh

Sumber: Hellosehat

Kebanyakan penyebab jerawat gatal pertanda Anda memiliki masalah pada kulit. Namun, tidak selamanya hal tersebut adalah berita buruk. Jerawat gatal disebut-sebut sebagai salah satu pertanda jerawat Anda akan sembuh.

Pada saat jerawat mulai membaik, kulit yang memerah dan pustular akan diganti dengan kulit baru yang lebih sehat. Selama proses ini berlangsung, kulit tubuh akan mengelupas dan lapisan kulit yang baru akan muncul.

Sel-sel kulit kering, bersisik, dan mati ternyata bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang menjalani proses penyembuhan yang mungkin menimbulkan rasa gatal. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Wajah Berkeringat

Sumber: Hellosehat

Wajah yang sedang berjerawat dan kondisi Anda yang mudah berkeringat akan membuat area tersebut terasa gatal. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena produksi keringat yang berlebih pada wajah bisa menjadi salah satu penyebab jerawat terasa gatal. Kondisi ini mungkin terjadi karena ketika Anda berkeringat, tubuh juga akan memproduksi minyak yang lebih banyak.

Hal ini mengakibatkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat pada pori-pori. Kemudian, bakteri tersebut akan menyebabkan peradangan yang memperparah jerawat dan mungkin menimbulkan rasa gatal pada kulit Anda. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Alergi

Sumber: Pixabay

Salah satu penyebab jerawat gatal juga diakibatkan oleh alergi. Alergi terhadap obat jerawat atau produk kecantikan yang baru Anda pakai adalah jenis alergi yang paling sering terjadi.

Melansir dari Hellosehat, dikatakan pada laman Nation Capital Poison Center, terdapat beberapa kasus alergi obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida yang menyebabkan jerawatnya semakin gatal.

Bagi orang dengan jenis kulit normal, cara ini hanya akan menimbulkan kulit yang lebih kering dan terlihat lebih memerah. Namun, pada kondisi kulit tertentu, penggunaan obat ini bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal yang terasa di kulit dan jerawat.

Alasan sebenarnya masih belum diketahui. Selain itu, ada kemungkinan lain bahwa rasa gatal ini muncul karena adanya interaksi obat lain.

Reaksi Kulit Terhadap Obat Tertentu

Sumber: Pixabay

Selain alergi, penyebab lain jerawat gatal adalah reaksi kulit terhadap obat tertentu. Hal ini dikarenakan terdapat obat-obat tertentu yang bisa menimbulkan efek samping dan memicu reaksi alergi.

Pada saat obat pertama kali diserap atau masuk ke dalam tubuh, ada kemungkinan sistem imun salah menanggapi kondisi tersebut. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi penangkal penyakit, yaitu imunoglobulin E atau antibodi IgE.

Antibodi IgE ini kemudian mengenali obat tersebut sebagai zat asing, sehingga ketika diminum kembali antibodi tersebut melepaskan histamin agar obat keluar dari tubuh. Histamin merupakan senyawa kimia yang bisa memengaruhi saluran pernapasan, pencernaan, dan kulit manusia.

Ketika seseorang menggunakan obat jerawat yang mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi, kemungkinan besar hal tersebut menyebabkan jerawat gatal. Biasanya, jenis obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi jerawat gatal adalah antibiotik penisilin.

Apabila Anda mengonsumsi suatu obat, lalu tiba-tiba alergi gatal dan bersin-bersin, disarankan untuk konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top