Penyebab Selangkangan Hitam, Ketahui Cara Mengatasinya

Sumber: Detik.com

Kulit gelap pada paha bagian dalam atau selangkangan dapat dialami oleh siapa saja, terlepas dari warna kulit. Letaknya memang tersembunyi, tetapi jangan sampai diabaikan. Selangkangan hitam dan gatal bisa bikin Anda tak nyaman, risih, dan tak percaya diri saat beraktivitas.

Kondisi ini terjadi ketika kulit pada paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Ini disebut hiperpigmentasi. Perubahan warna selangkangan yang gelap bahkan bisa terjadi di pinggang, payudara atau selangkangan.

Penyebab Selangkangan Hitam

Gambar: Halodoc

Perlu diketahui bahwa perubahan warna kulit, terutama perubahan ke arah yang lebih gelap atau hiperpigmentasi dapat dicetuskan oleh beberapa faktor. Misalnya saja, perubahan kondisi hormonal, wanita pengguna pil KB, kurang terjaganya kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Bila kondisi kulit yang menghitam itu terjadi di selangkangan, maka pemicunya ada dua, yaitu kurang terjaganya kebersihan dan gesekan antar kulit. Efek gesekan pada kulit hingga membuatnya menghitam disebut sebagai chafing.

Efek chafing biasanya lebih nyata selama haid, karena area vagina dalam keadaan lembap dalam waktu yang lama. Kombinasi dari gesekan antar kulit, pinggiran pembalut (khususnya pembalut bersayap), dan kain celana plus area kelamin yang lembap dapat membuat selangkangan menghitam.

Sebelum kulit akhirnya menghitam, gesekan antara kulit dengan kain yang kasar dan ketat akan menciptakan sensasi terbakar. Setelah itu, kulit akan mengalami iritasi dan lecet. Akhirnya, kulit menjadi lebih tipis, gatal, lalu berubah warna menjadi lebih gelap atau kehitaman.

Selain itu, selangkangan merupakan tempat di mana jamur berkembang biak dengan cepat karena kondisinya yang lembap dan hangat. Ketimbang yang lain, penderita diabetes dan obesitas berisiko lebih tinggi untuk mengalami hal ini.

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, kondisi selangkangan yang lembap dan kotor akan memicu infeksi jamur dermatofita atau candida. Dalam dunia kedokteran, penyakit jamur yang mengenai selangkangan disebut tinea cruris.

“Infeksi jamur biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dan dapat terjadi di salah satu atau kedua paha,” kata dr. Fiona.

“Keluhan utamanya adalah rasa gatal yang bisa terasa hebat. Ruam kulit berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah cokelat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit,” dr. Fiona mendeskripsikan.

Penyebab Selangkangan Hitam Lainnya

Sumber: Kabar6

– Pertama, radang yang dapat terjadi selama berolahraga atau berjalan dan dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna.

– Kedua, ketidakseimbangan hormon. Terutama di antara wanita selama menyusui, kehamilan, atau menstruasi, atau di antara mereka yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS).

– Ketiga, obat-obatan tertentu. Seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi tertentu.

– Keempat, paparan sinar matahari. Selanjutnya adalah kulit kering, gesekan dari pakaian ketat, acanthosis nigricans, kelainan pigmentasi kulit, diabetes mellitus.

Faktor Risiko Selangkangan Hitam

Seseorang yang kegemukan mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk paha bagian dalam yang gelap karena radang kulit. Anda juga berisiko lebih tinggi jika Anda memiliki ketidakseimbangan hormon atau diabetes mellitus, atau Anda minum obat-obatan tertentu.

Cara Mengatasi Selangkangan Hitam

Sumber: Tribun

Untuk mengatasi selangkangan hitam, Anda harus memastikan dulu apa penyebabnya. Bila tidak terlalu gatal dan di permukaan kulit tidak ada ruam atau lenting, maka kemungkinan penyebabnya adalah kondisi selangkangan yang terlalu lembap dan gesekan. Jika itu penyebabnya, atasi dengan cara di bawah ini:

Pakai Lulur di Area Selangkangan saat Mandi

Juga dari KlikDokter, dr. Adeline Jaclyn menyarankan penggunaan lulur di selangkangan, karena lulur punya fungsi mencerahkan kulit. Aplikasikan lulur secara perlahan, terutama jika sudah terlanjur menghitam. Pasalnya, kulit selangkangan yang menghitam ini biasanya akan lebih tipis.

Ada dua jenis lulur yang kerap digunakan, yakni lulur scrub halus dan scrub kasar. Agar kulit tidak semakin tipis dan justru memperparah kondisi, sebaiknya pilih lulur scrub halus. Lakukan 1-2 kali seminggu untuk mengelupas sel-sel kulit mati.

Hindari Memakai Pakaian yang Terlalu Ketat

Chafing paling sering terjadi akibat gesekan antara kulit dengan pakaian ketat, celana ketat, celana dalam ketat, apalagi jika ditambah dengan penggunaan pembalut bersayap.

Keringat akan terperangkap dalam pakaian yang ketat, sehingga area di sekitar alat kelamin jadi lembap. Makin lembap area alat kelamin dan selangkangan, makin tinggi pula risiko Anda untuk mengalami infeksi jamur.

Jaga Alat Kelamin dan Selangkangan Tetap Kering

Setelah buang air kecil, jangan lupa mengeringkan area selangkangan dan genital dengan tisu. Se-hectic apa pun situasi Anda, jangan pernah lupa untuk membersihkan dan mengeringkan area tersebut.

Tingkatkan Lagi Kebersihan Diri

Pengobatan tidak akan memberikan efek maksimal jika Anda tidak meningkatkan kebersihan diri. Lakukan ini:

  • – Mandi minimal 2 kali sehari
  • – Ganti pakaian dalam bila sudah lembap
  • – Kalau gatal jangan menggaruknya karena malah bisa menyebar ke bagian tubuh lain

Bila sudah melakukan cara-cara di atas tapi selangkangan hitam dan gatal masih tak teratasi atau makin buruk, baiknya buat janji temu dengan dokter spesialis kulit. Masalah kulit yang sampai mengganggu memang sebaiknya diperiksa langsung oleh dokter agar bisa diberikan pengobatan yang sesuai.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top