Perbedaan Sabun Batang dan Cair Untuk Pria, Mana yang Lebih Baik?

Gambar: Pixabay

Mungkin dulu sabun digunakan untuk semua tujuan, namun saat ini sebagian orang sadar ingin mendapatkan kecantikan dan peduli tentang kulit mereka. Saat ini, sabun mandi bukanlah hanya sekadar sabun untuk mandi, namun juga harus membuat kulit halus dan lembut, serta memiliki wewangian menakjubkan.

Saat ini ada berbagai jenis merek sabun untuk pria yang bisa digunakan. Namun, perbedaan paling menonjol yang kerap digunakan saat memakai sabun ialah ada yang cair dan batangan. Terkadang bagi sebagian orang tidak terlalu peduli dengan bentuk dari sabun yang digunakan.

Sabun batang atau cair memilik kelebihan masing masing. Banyak yang beranggapan bahwa sabun batang lebih baik dari sabun cair. Namun ada juga yang beranggapan sabun cair lebih baik dari sabun batang. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, perbedaan sabun batang dan cair untuk pria, mana yang lebih baik?

Sabun Batang

Armoura
Sumber: Pixabay
  1. Sabun Pembersih

Sabun padat ini adalah pembersih paling hebat secara teknis. Sebagian besar sabun batangan mengandung sodium lauryl sulfate dan produk antibakteri lainnya. Istilah tersebut mungkin tidak melekat dalam pikiran kita, tetapi ketahuilah bahwa busa yang lebih banyak pada sabun batangan lebih baik dalam membuang kotoran dan minyak pada kulit.

Tips: Kamu dapat menambahkan sedikit scrub ke sabun batangan dengan menggunakan bahan-bahan seperti bubuk kopi, biji poppy, dan oatmeal. Dengan scrub alami, kulit mati kamu akan mengelupas sempurna.

  1. Lebih Wangi

Meski sabun cair juga sama wanginya, aroma sabun batangan lebih bertahan lama dibanding sabun liquid. Banyak sabun batangan yang juga ramah alergi dan bisa disesuaikan dengan ketahanan tubuh. Kamu dapat menemukan versi tanpa wewangian atau wewangian jika bahan tertentu membuat iritasi kulit kamu.

Tips: Amati bagaimana tubuh kamu merespons bahan pelembap atau wewangian. Jika kulit bereaksi, kamu harus menggunakan sabun alami sebagai gantinya.

  1. Ramah Lingkungan dan Lebih Murah

Bagi mereka yang sadar lingkungan, sabun batangan memang lebih baik daripada cair. Bar soap dapat terurai lebih mudah di tempat pembuangan sampah. Sabun ini juga tidak boros di kamar mandi. Sabun batang selalu lebih murah, bahkan kamu dapat menemukannya di warung dekat rumah. Kamu juga bisa menghemat biaya karena tidak memerlukan botol atau dispenser khusus sabun. Kamu harus mempertimbangkan faktor-faktor ini setiap kali membandingkan kedua jenis sabun atau bahkan merek yang berbeda. Jika sesuatu berharga lebih mahal daripada yang lain, tidak secara otomatis sabun itu lebih baik.

Sabun Cair

Foto: BP Guide
  1. Baik untuk perawatan kulit

Karena tingkat pH yang lebih rendah, pria dengan kulit sensitif akan mendapat manfaat lebih dari body wash atau sabun cair. Banyak versi body wash yang memiliki petrolatum dalam jumlah besar, bahan pelumas yang dapat melembapkan kulit. Setiap kali kita mandi, kita kehilangan sebagian besar kelembapan alami kulit kita.

Namun bedanya dengan body wash, kamu masih bisa mempertahankan sekitar 30% minyak pada kulit. Berbeda dengan sabun batangan yang membersihkan minyak alami dari tubuh kita. Karena itu sabun batangan dapat membuat kulit kita jadi lebih kering. Yang terpenting setiap mandi, kita tetap harus menggunakan body lotion untuk menjga kelembapan tubuh.

  1. Lebih Higienis

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang dipenuhi banyak kuman, karena kita banyak melakukan sentuhan terhadap barang atau manusia. Hal itu juga berlaku untuk sabun batang, meskipun itu digunakan untuk membersihkan! Studi menunjukkan bahwa tingkat bakteri pada sabun batang yang telah digunakan sebelumnya lebih tinggi daripada yang ada pada sabun yang tidak digunakan.

Kuman ini berakumulasi pada permukaan basah dan tidak ada cara yang dapat membuat sabun kamu kering sepenuhnya setelah mandi. Dan kadang-kadang ada rambut tubuh yang menempel pada sabun (yang tidak selalu milik kamu) sungguh hal itu bukan pemandangan yang menarik

  1. Mudah Digunakan dan Cocok untuk Traveling

Kita semua memiliki pengalaman di kamar mandi saat sabun batang terlepas dari tangan. Kamu harus membungkuk untuk mengambilnya setiap 5 menit dan itu membuat frustrasi! Hal itu tidak akan terjadi dengan sabun cair, kamu tidak akan capek untuk memungutnya. Busa sabun cair juga lebih mudah dibilas. Selain itu, dalam hal mobilitas, sabun cair jauh lebih efisien untuk dibawa kemana-mana. Jika kamu bepergian ke tempat yang berbeda selama beberapa hari, cukup bawa botol kecil berisi sabun cair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top