Rahasia Menjaga Kulit Sehat dan Awet Muda, Ampuh dan Jarang Diketahui

Gambar: Shutterstock

Tidak sedikit jumlah perempuan yang mengidam-idamkan kulit halus, lembut, kencang, bercahaya, dan tentunya sehat hingga bertahun-tahun lamanya. Selain itu siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat yang tetap halus dan kencang seperti kulit bayi? Tentu semua orang menginginkannya.

Namun, tidak hanya usia yang bisa menua, kulit juga mengalami proses penuaan alami. Tanpa disadari, kulit mengalami perubahan yaitu menjadi semakin tipis dan kering. Garis-garis kerutan pada wajah juga akan semakin terlihat.

Sebenarnya ada dua hal yang memengaruhi proses penuaan pada kulit. Pertama adalah faktor genetik. Sedangkan kedua adalah faktor dari luar atau ekstrinsik seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, pola makan dan pola tidur tidak baik, stres, dan faktor gaya hidup lainnya.

Tidak perlu khawatir, meski proses penuaan ini berjalan secara alami dan tidak bisa dihentikan, para ahli kesehatan kulit (dermatologi) memberikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan guna memperlambat proses penuaan kulit.

Kulit sehat dan awet muda pun bukan mustahil lagi, meskipun Anda tidak melakukan operasi plastik atau perawatan mahal di klinik. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, rahasia menjaga kulit sehat dan awet muda, ampuh dan jarang diketahui.

Hindari Paparan Sinar Matahari dan Gunakan Tabir Surya

Armoura
Sumber: Pixabay

Mengingat kita hidup di daerah tropis yang rentan terpapar sinar matahari secara langsung dan cukup kuat, melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet dari matahari menjadi salah satu kunci utama menghindari kulit lebih cepat keriput.

Terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung juga bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya, mengalami peradangan, munculnya flek hitam dan gangguan kulit serius lain, seperti kanker kulit.

Gunakan tabir surya setiap dua jam sekali jika Anda berencana berada di luar ruangan lebih lama, khususnya di antara jam sepuluh pagi hingga jam dua siang. Anda bisa memilih losion yang mengandung tabir surya dengan SPF 24.

Menjaga Kelembapan Kulit

Gambar: Istimewa

Mandi setiap hari bisa menghilangkan lemak dari kulit dan membuat kulit kering, apalagi jika Anda gemar mandi menggunakan air panas atau berendam untuk waktu yang terlalu lama. Selain mandi, penggunaan sabun yang terlalu keras, kondisi medis yang dimiliki, dan tentunya faktor penuaan juga bisa membuat kulit kering.

Mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapan di dalam kulit bisa dilakukan dengan menghindari sabun yang berbahan iritan, hindari kebiasaan mandi dengan air panas atau mandi terlalu lama, menepuk dan bukan menggosok badan dengan handuk setelah mandi, serta menggunakan pelembap untuk kulit kering.

Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan usahakan agar pelembap tersebut mengandung SPF. Pelembap untuk kulit kering yang mengandung SPF dimaksudkan agar pelembap bisa digunakan setiap hari, khususnya ketika Anda sedang berada di luar ruangan yang terpapar sinar matahari.

Hindari Melakukan Ekspresi Wajah Berulang

Armoura
Gambar: Pixabay

Ketika Anda membuat ekspresi wajah seperti mengerutkan dahi, menyipitkan mata, atau cemberut, otot di bawah kulit berkontraksi. Apabila Anda sering melakukan kontraksi otot ini berulang dan terus-menerus selama bertahun-tahun, akan terbentuk garis-garis permanen pada wajah Anda.

Anda dapat menggunakan kacamata hitam untuk mencegah menyipitkan mata dari silaunya sinar matahari. Selain itu, perbanyak senyum daripada cemberut atau mengerutkan dahi. Senyuman yang tulus ampuh untuk menyamarkan penuaan pada kulit.

Cleansing

Armoura
Gambar:Liputan6.com

Pakar kecantikan berbasis sains menyebut cleansing sebagai langkah penting dalam menjaga kulit agar senantiasa awet muda. Cleansing penting untuk membersihkan sisa produk kecantikan, makeup, polutan, dan minyak berlebih dari pori-pori. Jika dibiarkan, penumpukan residu ini akan menyebabkan penyumbatan. Produk anti-aging yang Anda gunakan pun tak akan bekerja secara efektif, karena tidak bisa menembus lapisan kulit.

Terapkan Pola Makan Sehat dan Seimbang

Armoura
Gambar:Liputan6.com

Beberapa studi menyatakan bahwa makan banyak sayur dan buah mampu mencegah kerusakan kulit yang dapat memicu proses penuaan dini. Kulit membutuhkan banyak nutrisi yang baik untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya.

Vitamin B (biotin), vitamin C, dan vitamin E adalah beberapa jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit.Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti tomat (biotin dan vitamin C), wortel (biotin dan vitamin A), dan sayuran hijau serta kacang almond yang kaya akan vitamin E.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top