Sabun Muka untuk Kulit Kusam dari Bahan Alami, Mudah Dibuat Sendiri

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Mencuci wajah merupakan langkah awal dan paling penting dalam perawatan wajah. Kamu dapat membuat sabun muka sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini dapat menghindari kamu dari iritasi akibat kandungan senyawa kimia dalam pencuci wajah kemasan.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa cara membuat sabun muka untuk kulit kusam sendiri di rumah, berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mencuci wajah setiap hari yang telah dikutip dari Liputan6.com.

Lemon dan Madu

Armoura
Gambar: czarnikow.com/

Lemon mengandung asam yang membantu membersihkan kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit yang baru. Sementara madu baik untuk kelembapan kulit dan membantu menghidrasi kulit dari dalam. Kombinasi bahan alami ini sangat baik untuk membersihkan kulit.

Cara penggunaannya sangat mudah, campurkan dua sendok makan lemon dan madu. Aplikasikan pada wajah tipis kemudian pijat dengan gerakan melingkar. Proses ini untuk memberikan aliran darah pada wajah dan mengeluarkan kotoran dari pori-pori wajah. Kemudian tunggu hingga kering lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit. Selain itu, bahan alami ini juga dapat membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang terkumulasi pada wajah.

Aplikasikan minyak kelapa pada wajah dengan gerakan melingkar lakukan selama 30 detik. Kemudian bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat. Perawatan ini juga dapat menjaga kebersihan pori-pori wajah kamu secara perlahan akan semakin mengecil.

Susu dan Madu

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, dua bahan alami susu dan madu ini bisa kamu jadikan pilihan untuk membersihkan wajah di rumah. Mencuci wajah dengan susu dan madu juga dapat mencerahkan kulit jika dilakukan secara rutin.

Ambil satu sendok madu dan campurkan dengan dua sendok susu cair. Aplikasikan pada wajah dan pijat dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan cuci wajah dengan susu dan madu ini dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Produk Sabun Pencerah Wajah yang Bisa Digunakan

Sumber: Cantik Tempo

Nivea Sparkling White Whitening Foam

Sabun muka untuk kulit kusam pertama yang bisa kamu coba adalah Nivea Sparkling White Whitening Foam. Nivea mengembangkan sebuah produk sebagai solusi untuk menghadapi masalah wajah yang terpapar sinar matahari dan polusi.

Di mana kedua faktor tersebut yang paling sering membuat kulit terasa kotor dan kusam dengan bintik hitam. Produk dari Nivea yang diberi nama Nivea Visage Sparkling White Facial Foam inilah yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Nivea Visage Sparkling White Facial Foam mengandung rucinol, licocrice, dan vitamin C. Kombinasi kandungan bahan-bahan di dalam produknya membersihkan kulit secara menyeluruh dan membuat kulit tampak lebih cantik dan berseri. Selain itu, manfaat khusus dari vitamin C yaitu untuk mencegah terbentuknya melanin penyebab kulit kusam serta mengurangi spot hitam dan menghasilkan wajah 10x lebih cerah.

Mineral Botanica Brightening Facial Wash

Armoura
Gambar:Liputan6.com

Mineral Botanica mengeluarkan berbagai seri skincare yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu. Salah satu seri skincare dari brand yang terkenal dengan kandungan bahan alami di setiap produknya ini adalah Mineral Botanica Brightening Skin Care Series.

Seri tersebut bermanfaat untuk mencerahkan dan melindungi kulit wajah dari sinar UV. Selain itu, rangkaian produk ini juga dapat membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah dengan tetap menjaga kelembapannya. Sehingga, kulit wajah menjadi bersih namun tetap lembut dan halus.

Sama dengan seri skincare yang lain, Mineral Botanica Brightening Skin Care Series juga memiliki produk facial wash. Produk ini dinamai Mineral Botanica Brightening Facial Wash. Produk ini memiliki wangi menyegarkan yang efektif membersihkan kulit wajah dan membuat wajah terasa lebih segar serta tetap lembap.

Sabun muka untuk kulit kusam ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit karena terbuat dari bahan-bahan alami. Oleh karena itu, Mineral Botanica Brightening Facial Wash dapat membuat kulit bersih dan tampak lebih cerah. Namun di sisi lain menjaga agar kulit tetap lembut, kenyal, dan bersinar.

Wardah White Secret Facial Wash

Armoura
Gambar:Istimewa

Sabun muka untuk kulit kusam lainnya yang bisa kamu coba adalah Wardah White Secret Facal Wash. Sabun pembersih wajah ini memiliki mild surfactant yang membantu membersihkan wajah dari kotoran, debu, minyak, dan sisa make up.

Wardah White Secret Facial Wash memiliki kemasan berbentuk tube dengan kombinasi warna putih dan abu-abu yang cantik. Kandungan AHA dan BHA-nya mampu membersihkan make up dan kulit mati demi wajah yang lebih halus dan cerah. Uniknya lagi, pembersih wajah yang satu ini tidak akan menghasilkan busa yang melimpah.

Tektur sabun muka untuk kulit kusam ini creamy dan bening seperti gel. Sabun ini memang tidak menghasilkan banyak busa. Keuntungannya adalah hal ini membuat kulit wajah tidak semakin kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top