Tanda-Tanda Alergi Kosmetik Pada Kulit Wajah, Kenali dan Obatin Secepat Mungkin

Gambar: Pixabay

Kosmetik memang bisa membuat siapa pun menjadi lebih cantik. Sayangnya, tidak semua produk kecantikan aman pada kulit Anda. Beberapa di antaranya mungkin mengandung bahan kimia yang bereaksi buruk pada kulit Anda. Apalagi bila Anda sedang mencoba produk baru, alergi bisa saja terjadi.

Meskipun mampu membuat penampilan wajah seseorang akan menjadi lebih cantik, terkadang ada beberapa produk kosmetik yang tidak aman bagi kulit. Beberapa produk kosmetik bahkan mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan reaksi buruk pada kulit Anda.

Terlebih apabila Anda sedang berada dalam tahap percobaan sebuah produk, maka alergi bisa saja terjadi. Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk mengenali ciri-ciri alergi kosmetik yang terjadi pada kulit. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, tanda-tanda alergi kosmetik pada kulit wajah, kenali dan obatin secepat mungkin.

Area Wajah

Gambar: Pixabay

Area yang paling rentan terhadap alergi adalah kulit wajah. Alergi terjadi karena kandungan dalam produk kosmetik dapat memengaruhi struktur dan fungsi kulit yang menyebabkan peradangan. Apabila alergi yang Anda alami hanya sebuah alergi ringan dan terjadi pada awal penggunaan pruduk, maka hal tersebut bisa Anda obati sendiri.

Namun, jika gejala alergi yang muncul tidak Anda sadari dan terus menggunakan produk, maka alergi mungkin akan semakin paraha dan harus menjalani perawatan dari dokter. Beberapa reaksi yang terjadi akibat alergi, seperti:

  1. Biduran

Sebuah kondisi dimana kulit wajah bereaksi terhadapa suatu zat pembawa alergi. Gejelanya meliputi – perih atau panas pada kulit, muncul sensasi kesemutan, kulit gatal, ruam dan bengkak.  Gejala-gejala diatas dapat muncul beberapa menit hingga satu jam setelah Anda menggunakan kosmetik. Pada kasus-kasus tertentu, gejala ini akan reda dengan sendirinya dalam waktu sekitar 24 jam kemudian. Namun jika alergi tak kunjung hilang, segera periksa ke dokter untuk mengatasiya.

  1. Dermatitis kontak alergi

Reaksi yang muncul lebih dari 12 jam dan 48 jam setelag menggunakan kosmetik. Hampit 80 persen kasus alergi akibat kosmetik menimbulkan dermatitis kontak.Gejala dari alergi ini antara lain – kulit kemerahan, bengkak, kulit gatal, dan muncul jerawat yang tidak normal.

Tidak hanya gejala-gejala di atas, alergi terkadang menimbulkan komedo dan membuat kulit menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi). Selain itu, penyakit kulit seperti dermatitis atopik dan dermatitis seboroik juga bisa diakibatkan oleh alergi kosmetik.

Area sekitar mata

Sumber: Klikdoter

Untuk merias area sekitar mata, mungkin Anda pernah menggunakan eyeliner, maskara, eye shadow, concealer, atau alas bedak. Bila Anda mengalami alergi pada suatu jenis produk riasan mata tersebut karena kandungan bahan kimianya bersentuhan dengan kulit di sekitar mata, mungkin Anda akan mengalami:

  1. Ruam

Munculnya ruam bisa bervariasi pada setiap orang. Namun, pada umumnya kondisi kulit awalnya berwarna kemerahan, terasa gatal, dan bisa mengelupas di daerah kulit sekitar mata. Ini adalah pertanda awal alergi kosmetik muncul.

  1. Mata bengkak

Selain ruam, kelopak mata bisa menjadi bengkak dan berair karena reaksi peradangan. Kondisi ini bisa ringan dan juga parah hingga, bahkan menyebar ke daerah pipi atas. Ini bisa terjadi diikuti dengan munculnya ruam.

  1. Iritasi mata

Dilansir dari Live Strong, riasan mata seperti eyeliner atau maskara yang bersentuhan dengan permukaan mata akan mengakibatkan konjungtivitis. Ini adalah infeksi selaput transparan mata yang membuat pembuluh darah menjadi terlihat dan daerah putih pada bola mata menjadi merah (mata merah). Ketika gejala ini muncul, mungkin Anda akan merasa sakit atau peka terhadap cahaya silau.

Area bibir

Armoura
Gambar: Istimewa

Pengguna produk kosmetik pada bibir juga bisa menyebabkan reaksi alergi. Alergi lipstik, lip balm, atau produk lainnya bisa menyebabkan peradangan pada bibir yang disebut juga dengan cheilitis. Biasanya bibir akan terasa gatal, menjadi kering, dan kemerahan, serta membengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top