Tips Hari Ke – 22: Baru Mulai Diet Keto? Inilah Menu Diet Ketogenik yang Aman Dikonsumsi Untuk Pemula

Ladies sering mendengar istilah diet ketogenik? Metode diet yang satu ini sering direkomendasikan kalau ingin mengurangi berat badan dengan cepat. Lalu, menu apa saja sih yang aman dikonsumsi kalau menjalani diet ini?

Diet Keto, Diet Menghindari Gula dan Karbohidrat

Kalau diet lainnya mengurangi konsumsi makanan berlemak, diet ketogenik berbeda. Diet yang sering disebut dengan ‘keto’ ini justru tak melarang konsumsi lemak. Tapi, bukan berarti kamu boleh kalap makan apa saja. Diet ketogenik lebih berfokus pada mengatur asupan karbohidrat. Jadi, kamu dianjurkan konsumsi lemak tinggi, tapi juga diimbangi dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat.

Kalau dihitung-hitung persentase kalori harian yang diperoleh kalau kamu melakukan diet ketogenik sekitar 5% dari karbohidrat, 20% dari protein dan sisanya 70-75% dari lemak. Dengan begitu, asupan makanan tersebut menginduksi kondisi ketosis tubuh sehingga menghasilkan keton yang efektif membakar lemak bukan glukosa. Nah, kalau kamu ingin menjalankan diet yang lebih simple dan gak ribet, metode diet ini boleh lho dicoba.

Diet yang Gak Menyiksa dan Boleh Makan Makanan Lezat

Ladies, percaya gak kalau diet itu gak selalu menyiksa lho. Buktinya kalau kamu menjalankan diet ketogenik justru pilihan menu makanannya lezat dan berlemak seperti daging-dagingan pun tak dilarang. Makanan yang lezat itu bisa dikonsumsi sepanjang porsinya seimbang. Jadi, gak ada tuh derita makan menu diet yang rasanya hambar dan tak menggugah selera.

Terus gimana ceritanya makan makanan berlemak tapi bisa kurus? Nah, Ladies ada fakta nih yang perlu kamu ketahui, kalau pada prinsipnya lemak dan glukosa merupakan bahan bakar utama tubuh. Jadi, ketika kamu menjalankan diet ketogenik yang merekomendasikan makanan berlemak secara otomatis tubuh akan berfokus menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama. Hal ini justru bisa menghasilkan proses metabolisme yang lebih baik walau asupan karbohidrat rendah.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Saat Menjalankan Diet Keto

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, diet ketogenik tak melarang Ladies untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Kamu hanya perlu menghitung asupan lemak bukan asupan kalori. Jadi, pastikan menu makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat rendah, protein sedang dan lemak tinggi.

Kalau diet lain ada yang melarang kamu sarapan atau hanya makan sekali sehari, tak demikian dengan diet ketogenik. Ladies boleh memilih mau sarapan atau tidak. Uniknya ketika menjalani diet keto tubuh jadi gak cepat lapar sehingga bisa makan 1 atau 2 kali sehari. Menu makanannya pun enak-enak seperti daging sapi, kambing, bebek, ayam, telur, lemak alami dan keju. Kalau kamu suka makan seafood, boleh juga lho makan ikan salmon, tuna, udang, tiram, cumi-cumi, kerang, ikan kod dan kepiting.

Sedangkan minumannya disarankan untuk banyak minum air putih atau minum teh dan kopi tanpa gula. Karena diet ketogenik menghindari gula, maka ada batasan dalam mengkonsumsi buah. Ladies hanya boleh makan buah alpukat, strawberry, raspberry, blueberry, ceri, mulberry, cranberry dan kelapa saja yang memiliki kadar gula dalam buah rendah. Untuk sayuran juga dipilih yang rendah karbohidrat seperti timun, lobak, bok choy, seledri, brokoli, asparagus, bayam, kubis, paprika, selada dan bunga kol.

Pantangan Diet Keto

Pantangan bagi orang yang menjalani diet ketogenik salah satunya adalah tak boleh mengkonsumsi karbohidrat melebihi 5% dari porsi makanan. Jadi, ada baiknya Ladies menghindari makanan seperti nasi, gandum, makanan bertepung, pati singkong, kentang, jagung, gula dan buah-buahan manis. Agar lemak yang dikonsumsi gak kebanyakan yang nantinya malah bikin gagal diet, sebaiknya berhenti makan sebelum kenyang dan makan ketika lapar.

Kalau ladies menjalankan diet ini selama 14 hari dengan disiplin, dampaknya sudah bisa langsung terasa lho. Jadi, kalau angka timbangan sudah mulai bergerak ke kiri jangan langsung berhenti. Tapi, teruskan diet sampai mencapai angka timbangan yang ideal.

Karena diet ketogenik merupakan diet jangka pendek, Ladies sebaiknya kamu menjalankan diet ini tidak terus menerus. Setelah mencapai target berat badan yang diinginkan, kamu harus menyiapkan pola makan yang sehat dan tinggi serat sehingga berat badan tetap terjaga. Jangan lupa untuk mengkonsumsi bahan-bahan alami yang tak banyak mengandung pemanis buatan maupun penyedap rasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *